Gaji Wakil Menteri di Indonesia sekitar Rp5 juta sebagai gaji pokok, ditambah tunjangan yang bisa membuat totalnya mencapai Rp76 juta hingga Rp100 juta per bulan.
Gaji dan tunjangan wakil menteri negara Berbeda dengan menteri, gaji wakil menteri diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 176/PMK.02/2015 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya bagi Wakil Menteri. Namun, peraturan tersebut tidak mencantumkan keterangan “gaji pokok” seperti pada menteri negara.
Pasal 1 PMK Nomor 176/PMK.02/2015 menuliskan, wakil menteri diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya.
Lebih lanjut dalam Pasal 2, hak keuangan yang dimaksud diberikan sebesar 85 persen dari tunjangan jabatan menteri menurut Keppres Nomor 68 Tahun 2001.
Tunjangan
Pemerintah menetapkan gaji menteri sebesar Rp 13.608.000, sehingga wakil menteri berhak atas Rp 11.566.800.
Wakil menteri juga menerima hak keuangan sebesar 135 persen dari tunjangan kinerja pejabat struktural eselon Ia dengan peringkat jabatan tertinggi pada kementerian tempatnya bertugas. Perlu dicatat, hak keuangan wakil menteri ini adalah penghasilan yang telah dipotong pajak penghasilan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
Merujuk Pasal 3 PMK, sama seperti menteri, wakil menteri juga akan menerima fasilitas dari negara berupa kendaraan dinas, rumah jabatan, dan jaminan kesehatan. Wakil menteri menerima kendaraan dinas dengan standar biaya yang sama tingginya dengan pengadaan kendaraan dinas pejabat eselon Ia. Sementara itu, rumah jabatan disediakan dengan standar di bawah menteri, namun di atas pejabat struktural eselon Ia. Jika kementerian belum bisa menyediakan rumah, wakil menteri akan menerima kompensasi berupa tunjangan perumahan sebesar Rp 35 juta per bulan.
Adapun untuk jaminan kesehatan, wakil menteri menerima pelayanan kesehatan sesuai yang diberikan kepada menteri. Nantinya, segala biaya yang diperlukan dalam rangka pemenuhan hak keuangan dan fasilitas lainnya bagi wakil menteri dibebankan pada anggaran masing-masing kementerian.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai gaji Wakil Menteri di Indonesia, silakan kunjungi KOMPAS.com, cnbc indonesia.
Baca juga:
Berapa Gaji Presiden Jokowi 1 Bulan?
Berapa Gaji Teknisi Mesin Kapal?
dan Berapa Gaji Presiden Kita?
FAQ:
Berapa Gaji Presiden Kita?
Melansir dari laman Kabar24.bisnis.com, total gaji presiden pada tahun 2023 setiap bulannya mencapai Rp62.740.000.
Berapa Gaji ABK Kapal Perbulan?
Gaji Anak Buah Kapal (ABK) Perbulan bervariasi tergantung pada jenis kapal, posisi, dan pengalaman. Secara umum, gaji ABK bisa berkisar antara IDR 5 juta hingga IDR 20 juta per bulan. Untuk posisi yang lebih senior atau di kapal tertentu, gaji bisa lebih tinggi. Selain gaji, ABK juga biasanya mendapatkan tunjangan dan fasilitas lainnya