harga dp rumah

Berapa Harga DP Rumah yang Wajar Dibayarkan?

Saat kamu merencanakan untuk membeli rumah, salah satu hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah harga uang muka rumah. Atau uang muka yang perlu dibayarkan.

DP atau down payment ini menjadi bagian penting dalam proses pembelian rumah. Baik itu untuk rumah baru, rumah bekas, ataupun rumah dengan skema KPR. 

Artikel ini akan menjelaskan DP rumah minimal berapa, berapa harga DP rumah KPR yang umumnya dibayarkan. Serta bagaimana harga rumah DP 0 persen bekerja.

Mengapa Penting Mengetahui Harga DP Rumah?

Uang muka adalah pembayaran awal yang dibayarkan di muka sebelum pinjaman atau kredit dimulai.

Dalam konteks pembelian rumah, uang muka ini berfungsi sebagai tanda jadi dan juga untuk mengurangi jumlah pinjaman. Nantinya yang akan kamu ambil dari bank atau lembaga keuangan. 

Pentingnya bayar uang muka untuk cicilan sangat besar karena semakin besar DP yang dibayarkan. Semakin kecil pula cicilan bulanan yang harus kamu bayar nantinya.

DP Rumah Minimal Berapa?

Umumnya, DP rumah minimal yang wajar dibayarkan berkisar antara 10% hingga 30% dari total nilai jual rumah.

Misalnya, jika harga rumah adalah Rp500 juta, maka DP minimal yang perlu disiapkan berkisar antara Rp50 juta hingga Rp150 juta. 

Angka ini bisa bervariasi tergantung pada kebijakan bank atau lembaga keuangan tempat kamu mengajukan kredit, serta kondisi keuangan pribadi.

Namun, beberapa pengembang atau bank mungkin menawarkan harga rumah DP 0 persen untuk menarik lebih banyak pembeli.

Meskipun ini terdengar menarik, penting untuk memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

DP 0 persen biasanya diikuti oleh cicilan bulanan yang lebih besar karena seluruh nilai rumah dibiayai oleh pinjaman.

Berapa DP untuk Beli Rumah Bekas?

Saat membeli rumah bekas, DP yang wajar umumnya sama dengan DP untuk rumah baru, yaitu sekitar 20% hingga 30%.

Namun, beberapa penjual mungkin lebih fleksibel dan bersedia menegosiasikan harga DP beli rumah bekas. Sesuai dengan kondisi rumah dan kesepakatan dengan pembeli.

Penting untuk memastikan kondisi rumah bekas yang akan dibeli, karena ini juga akan mempengaruhi nilai yang harus dibayar sebagai DP.

Inspeksi rumah dan pengecekan dokumen legalitas sangat dianjurkan sebelum kamu memutuskan jumlah DP yang akan dibayarkan.

Emang Bisa Bayar Uang Muka Rumah Dicicil?

Jika kamu mengalami kesulitan untuk membayar DP dalam jumlah besar sekaligus, beberapa pengembang atau bank menawarkan skema cicilan DP.

Dengan cara ini, kamu bisa membayar DP dalam beberapa kali angsuran sebelum memulai cicilan KPR. 

Apakah DP rumah bisa dicicil? Jawabannya adalah iya, namun ini tergantung dari kesepakatan dengan pengembang atau bank.

Program cicilan DP ini bisa sangat membantu, terutama bagi mereka yang ingin segera memiliki rumah. Akan tetapi belum memiliki dana cukup untuk membayar DP sekaligus.

Harga Down Payment KPR: Apa yang Harus Kamu Tahu?

Jika kamu membeli rumah melalui skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR. Harga DP rumah KPR umumnya ditetapkan oleh bank yang memberikan pinjaman. 

Kebanyakan bank di Indonesia menetapkan DP minimum 20% dari harga rumah. Namun ada juga yang menawarkan DP lebih rendah atau bahkan 0% dengan syarat tertentu.

Sebagai contoh, jika kamu ingin membeli rumah dengan harga Rp600 juta, maka dengan DP 20%, kamu perlu membayar Rp120 juta di muka.

Ini akan mempengaruhi besar kecilnya cicilan bulanan yang harus dibayar selama masa kredit.

Mengetahui harga DP rumah yang wajar dan memahami bagaimana skema DP bekerja sangat penting. Sebelum kamu mengambil keputusan untuk membeli rumah

DP rumah minimal yang biasanya dibutuhkan berkisar antara 10% hingga 30% dari harga total rumah, tetapi ini bisa bervariasi tergantung dari kondisi keuangan dan penawaran dari bank atau pengembang.

Mempertimbangkan semua faktor ini, akan membantu kamu dalam merencanakan keuangan dan memilih rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial.

Nah kalau kamu masih bingung bagaimana cara menghitung Harga uang muka rumah beserta besaran jumlah KPR.

Aku saranin buat langsung meluncur ke Groperti. Sebuah marketplace properti dengan konsep penjualan properti secara fairprice. 

Di sana kamu bisa langsung menggunakan fitur simulasi kalkulator KPR untuk menghitung besaran jumlah uang muka, KPR hingga estimasi suku bunga sesuai dengan jangka waktu pembelian properti.

Sumber: Rizki Setyo Nugroho. 2023. Besaran Uang Muka KPR Rumah dan Hal yang Harus Dipersiapkan.

https://www.idxchannel.com/banking/besaran-uang-muka-kpr-rumah-dan-hal-yang-harus-dipersiapkan