harga rumah kayu

Berapa Harga Rumah Kayu

Rumah kayu semakin populer di kalangan masyarakat yang mencari hunian dengan kesan alami dan nyaman. Bagi kamu yang tertarik dengan rumah kayu, mungkin penasaran berapa harga yang perlu disiapkan. 

Harga rumah kayu bervariasi tergantung pada ukuran, desain, dan material yang digunakan. Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Kelebihan Rumah Kayu

Rumah kayu memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya menjadi pilihan bagi banyak orang. Berikut beberapa kelebihan dari rumah kayu:

  1. Ramah Lingkungan: Kayu adalah bahan bangunan yang lebih ramah lingkungan dibandingkan beton atau baja. Kayu dapat diperbarui, dan proses produksinya menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah.
  2. Estetika dan Keindahan: Rumah kayu memiliki tampilan yang alami dan hangat, membuatnya terasa nyaman dan menyatu dengan alam sekitar. Baik itu rumah kayu minimalis maupun rumah kayu modern, semuanya memiliki pesona tersendiri.
  3. Insulasi Alami: Kayu adalah isolator alami yang baik, sehingga rumah kayu cenderung lebih hangat di musim dingin dan lebih sejuk di musim panas. Ini bisa membantu menghemat biaya energi.
  4. Fleksibilitas Desain: Rumah kayu bisa dirancang dengan berbagai gaya, mulai dari tradisional hingga modern. Fleksibilitas ini memungkinkan kamu untuk menciptakan rumah kayu yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Harga Bangun Rumah Kayu

Harga rumah kayu bervariasi tergantung pada ukuran dan spesifikasi. Berdasarkan referensi dari Ecolog Homes, harga rumah kayu mulai dari sekitar Rp.268,000 atau sekitar Rp230 juta untuk tipe dasar dengan luas sekitar 60 meter persegi. 

Namun, untuk rumah kayu dengan desain yang lebih kompleks dan bahan berkualitas tinggi, harga bisa mencapai R1,498,000 atau sekitar Rp1,3 miliar.

Jika kamu memilih rumah kayu minimalis dengan desain sederhana, harganya tentu lebih terjangkau. Sementara itu, rumah kayu modern dengan fitur tambahan seperti insulasi ekstra, jendela ganda, dan finishing premium bisa lebih mahal.

Variasi Harga Berdasarkan Desain:

  1. Rumah Kayu Minimalis: Tipe ini biasanya lebih sederhana dan terjangkau, dengan harga mulai dari Rp230 juta. Cocok bagi kamu yang menginginkan hunian fungsional dengan budget terbatas.
  2. Rumah Kayu Modern: Untuk tipe ini, harga bisa berkisar antara Rp800 juta hingga Rp1,3 miliar, tergantung pada desain dan material yang digunakan.

Faktor yang Mempengaruhi Harga:

  • Ukuran Rumah: Semakin besar rumah, semakin mahal biayanya.
  • Material: Jenis kayu yang terpakai sangat mempengaruhi harga. Kayu berkualitas tinggi tentu lebih mahal.
  • Desain dan Fitur Tambahan: Desain yang rumit dan fitur-fitur tambahan seperti sistem insulasi atau jendela khusus akan meningkatkan biaya.

Membangun rumah kayu memang memiliki daya tarik tersendiri, baik dari segi estetika maupun fungsionalitas. 

Namun, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan budget dan kebutuhan sebelum memutuskan untuk membangun rumah kayu. Pastikan kamu mendapatkan informasi lengkap dan berkonsultasi dengan ahli untuk mendapatkan hasil terbaik.

Kalau ngomongin soal budget untuk kebutuhan pembelian properti. Kamu bisa coba cek update harga rumah hingga properti lainnya di Groperti. Sebab marketplace properti yang satu ini merupakan ahlinya menentukan fairprice.

Coba deh komen, kamu penasaran sama topik bahasan harga properti apa? biar bisa kita kupas tuntas di artikel selanjutnya!

Sumber: