harga rumah kontainer

Berapa Harga Rumah Kontainer

Sekarang ini, rumah kontainer semakin populer sebagai pilihan hunian yang unik dan terjangkau. Banyak orang penasaran, sebenarnya berapa sih biaya untuk membangun rumah dari kontainer? Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Berapa Harga Rumah Kontainer?

Sebelum bangun rumah kontainer, kamu perlu tahu dulu harga rumah kontainernya. Berikut perkiraan harganya:

  1. Kontainer Bekas: Kontainer bekas harganya sekitar Rp 25 juta hingga Rp 50 juta per unit. Biasanya, kontainer bekas lebih murah, tapi mungkin butuh sedikit perbaikan.
  2. Kontainer Baru: Kalau kamu mau kontainer yang baru, harganya bisa mulai dari Rp 60 juta hingga Rp 100 juta per unit. Ini cocok kalau kamu mau kualitas yang lebih bagus dan nggak mau repot memperbaiki banyak hal.
  3. Van Kontainer: Ada juga van kontainer yang lebih kecil dan lebih murah, harganya mulai dari Rp 20 juta hingga Rp 30 juta.

Dengan tahu harga-harga ini, kamu bisa mulai menghitung berapa biaya total untuk bangun rumah kontainer.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Kontainer

Sebelum kamu memutuskan buat bangun rumah kontainer, ada baiknya kamu tahu dulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

  1. Biaya Lebih Murah: Rumah kontainer biasanya lebih murah dibanding rumah biasa. Apalagi kalau kamu pakai kontainer bekas, bisa lebih hemat biaya.
  2. Cepat Dibangun: Karena strukturnya sudah ada, bangun rumah kontainer bisa lebih cepat daripada rumah biasa.
  3. Ramah Lingkungan: Dengan menggunakan kontainer bekas, kamu membantu mengurangi limbah dan memanfaatkan barang yang ada.
  4. Desain Unik: Kamu bisa mendesain rumah kontainer dengan gaya yang kreatif dan berbeda dari rumah pada umumnya.

Kekurangan

  1. Ketahanan: Rumah kontainer bisa bertahan lama, sekitar 25-30 tahun, tapi kamu tetap perlu merawatnya dengan baik.
  2. Masalah Iklim: Kontainer perlu tambahan isolasi dan ventilasi supaya nyaman ditinggali, terutama kalau di daerah panas atau dingin.
  3. Perizinan: Di beberapa tempat, bangun rumah kontainer mungkin butuh izin khusus, jadi pastikan kamu cek dulu aturan di daerah kamu.

Total Bangun Harga Rumah Kontainer

Setelah memperhitungkan harga rumah kontainer dan biaya modifikasi, bangun rumah kontainer bisa menghabiskan biaya sekitar Rp 150 juta hingga Rp 500 juta. Kalau kamu memilih desain sederhana dengan kontainer bekas, biayanya mungkin sekitar Rp 150 juta. 

Tapi kalau mau desain yang lebih keren dan pakai kontainer baru, bisa saja biayanya sampai Rp 500 juta atau lebih.

Dengan perencanaan yang baik, rumah kontainer bisa jadi pilihan hunian yang ekonomis dan unik. Jangan lupa, pertimbangkan semua aspek mulai dari biaya hingga perizinan, supaya rumah kontainer kamu sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.


Posted

in

Tags: