Gaji Kerja Kapal

Berapa Gaji Kerja di Kapal?

Gaji kerja kapal bisa bervariasi tergantung pada jenis kapal, posisi pekerjaan, pengalaman, dan rute yang dilalui. Berikut perkiraan gaji untuk beberapa posisi umum di kapal:

  1. Pelaut/Pekerja Umum: $1.000 – $2.500 per bulan (sekitar Rp15 juta – Rp40 juta)
  2. Koki: $1.500 – $3.000 per bulan (sekitar Rp23 juta – Rp45 juta)
  3. Perwira Dek (Deck Officer): $3.000 – $8.000 per bulan (sekitar Rp45 juta – Rp120 juta)
  4. Insinyur Kapal: $3.000 – $10.000 per bulan (sekitar Rp45 juta – Rp150 juta)
  5. Kapten: $8.000 – $15.000+ per bulan (sekitar Rp120 juta – Rp225 juta+)

Gaji tersebut sering kali sudah termasuk fasilitas seperti akomodasi dan makan selama di kapal. Besaran gaji bisa berbeda-beda tergantung jenis kapal, apakah kapal kargll.lo, kapal pesiar, atau kapal nelayan.

Tanggung Jawab dan Kewajiban Nakhoda

  • Mengemudikan kapal
  • Mengatur navigasi kapal
  • Menjaga keselamatan kapal dan awak kapal
  • Memantau kondisi kapal
  • Menangani muatan kapal
  • Mengurus administrasi kapal

Gaji pelaut dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:

1. Tingkat Pengalaman

Pelaut yang memiliki pengalaman lebih tinggi akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi. 

2. Jenis Kapal dan Ukuran
Jenis kapal dan ukuran kapal juga berpengaruh terhadap gaji pelaut. Kapal yang lebih besar dan lebih kompleks akan membutuhkan awak kapal yang lebih banyak dan lebih terampil.

3. Rute Perjalanan

Rute perjalanan juga berpengaruh terhadap gaji pelaut. Nah, rute perjalanan yang lebih jauh dan lebih berbahaya akan membutuhkan awak kapal yang lebih berpengalaman dan terlatih.

4. Perusahaan Pelayaran
Perusahaan pelayaran juga berpengaruh terhadap gaji pelaut. Nah, perusahaan pelayaran yang lebih besar dan lebih terkenal biasanya akan menawarkan gaji yang lebih tinggi.

Jika ingin sumber lebih lanjut, bisa buka link yang di tautkan dibawah:

https://edufund.co.id/blog/gaji-pelayaran/

panen4d

panen4d

panen4d


Posted

in

Tags: