Biaya Cek Darah Thalasemia di Prodia

Berapa Biaya Cek Darah Thalasemia di Prodia?


Biaya Cek Darah Thalasemia di Prodia, itu dimulai dari harga Rp. 1.000.000an.

Salam #MasBro #MbakBro

Ini 2 hal besar yang akan kita bahas:

01. Biaya
02. Rincian Pemeriksaaan

Mari kita mulai…

01. Biaya

Ada beberapa paket dari U by Prodia yang bisa kamu pilih, Cek yuk!

A. Paket Wellness:

  • Cek thalasemia di Prodia: Wellness Basic (14 tes)
    Harga Rp2.200.000.
  • Wellness Medium (17 tes) – Mulai dari sekitar Rp3.500.000.
  • Wellness Premium Pria (29 tes, termasuk cek kanker prostat) – Harga mulai dari sekitar Rp7.700.000.
  • Wellness Premium Wanita (30 tes, termasuk deteksi kanker serviks) – Harga mulai dari sekitar Rp8.500.000.

B. Paket Healthy Life:

  • Cek thalasemia di Prodia: Healthy Life I (12 tes) – Mulai dari sekitar Rp1.200.000.
  • Healthy Life II (14 tes) – Mulai dari sekitar Rp1.700.000.
  • Healthy Life III (15 tes) – Mulai dari sekitar Rp2.100.000.
  • Healthy Life IV (16 tes) – Mulai dari sekitar Rp2.500.000.

C. Paket Winhealth:

  • Cek thalasemia di Prodia: Winhealth Simple (12 tes) – Mulai dari sekitar Rp1.200.000.
  • Winhealth Plus (13 tes) – Mulai dari sekitar Rp1.600.000.

Kalo udah tau harganya…
Selanjutnya apa aja persiapan dan informasi yang perlu kita tau, sebelum cek darah Thalasemia.

    02. Rincian Pemeriksaan

    A. Persiapan Tes

    Sebelum cek darah Thalasemia ga ada persiapan khusus sih.

    B. Manfaat Tes

    🔍Tes ini penting banget.
    Kenapa?

    Tes ini fungsinya tuh buat cari tau apakah seseorang menderita thalassemia ato pembawa sifat thalassemia.

    Jadi, penting buat yang mau tau lebih tentang kondisi kesehatanmu.

    C. Rincian Tes

    1. Hematologi Lengkap

    • Apa itu Hematologi Tes?

    🔬Hematologi lengkap itu kayak detektif buat tubuh kita.

    Dia bisa ngecek segala macam komponen penting dalam darah, mulai dari:

    • Hemoglobin,
    • eritrosit,
    • Leukosit,
    • trombosit,
    • hematokrit,
    • nilai-nilai MC.

    • Apa Manfaatnya?

    Hematologi lengkap tujuannya buat penilaian dasar komponen eritrosit, leukosit, dan trombosit.

    Dengan bantuan “detektif” ini kita bisa evaluasi nih, apakah kita ada:

    • anemia,
    • leukemia,
    • infeksi bakteri,
    • virus parasit dan kemungkinan alergi, polisitemia,
    • kemungkinan kelainan perdarahan
    • risiko inflamasi yang dilihat dari nilai LED.

    2. Gambaran Darah Tepi

    • Apa itu Gambaran Darah Tepi?

    🎨Nah, tes ini kayak seni dalam darah!

    Dia bisa ngasih kita gambaran tentang kondisi darah kita secara detail, mulai dari: bentuk sel darah merah, putih, sampai trombosit.

    • Apa Manfaatnya?

    Setelah udah tau bentuk sel dalam darah.

    Kita akan dapat evaluasi dan diagnosis kondisi medis tubuh kita seperti: kelainan sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.

    Jadi, buat yang suka detail, tes ini wajib banget dicoba!

    3. Ferritin

    • Apa itu Tes Ferritin?

    🔋Tes ferritin ini bukan cuma tentang cek cadangan besi aja.

    • Apa Manfaatnya?

    Setelah udah tau kondisi zat besi di tubuh. Maka itu bisa jadi petunjuk buat kondisi tubuh kita secara keseluruhan.

    Misalnya, bisa bantu kita tau apakah ada kelebihan besi dalam tubuh yang bisa jadi pertanda masalah kesehatan lainnya.

    Worth it lah banget buat dicoba.

    4. Badan Inklusi HbH

    • Apa itu Tes Badan Inklusi HbH?

    🔍Tes ini bener-bener spesial, karena bisa mendeteksi kondisi langka seperti HbH disease dan thalassemia alpha.

    • Apa Manfaatnya?

    Kalo manfaatnya dalam bahasa gampangnya gini: tes ini lifesaver buat yang mungkin punya risiko tinggi terkena penyakit ini.

    Dengan hasil tes ini, kita bisa lebih siap dan aware dengan kondisi kesehatan kita.

    Kalo mau tau bahasa medisnya gini…

    Ada 2++ informasi yang bisa kita tau dari tes ini, yaitu:

    • Deteksi hemoglobin yang ga stabil pada:
      • Eritrosit penderita yang nunjukin HbH disease.
      • Thalassemia alpha (membentuk gambaran seperti “bola golf”)
    • Badan inklusi HbH bisa dijumpai pada eritrosit:
      • Penderita HbH.
      • Pembawa sifat thalassemia alfa jenis berat.

    5. Tes Genetik

    🧬Selain itu, ada juga tes genetik yang bisa memberikan kita informasi lebih dalam tentang risiko genetik terhadap thalassemia.

    Dengan tes ini, kita bisa tau apakah kita punya gen yang membuat kita rentan terhadap penyakit ini. Jadi bisa lebih siap menghadapi risiko.

    Jadi, dengan semua informasi lengkap ini, kita bisa lebih aware sama kondisi kesehatan kita, bukan cuma thalassemia.

    Setelah pandemi, jadi makin sadar Kesehatan itu penting!💪💉

    Oh iya… biaya Cek Darah Thalasemia di Prodia bisa berubah, cek aplikasinya buat info terbaru, ya!

    Pake aja aplikasi U by Prodia buat akses cek darah lengkap dan panel pemeriksaan lainnya. Semoga jelas ya! 💉📲

    FAQ

    Orang lain juga tanya tentang Thalasemia:

    Berapa biaya tes Thalasemia?

    Tes screening Thalasemia, biayanya sekitar Rp 800.000 untuk yang belum tecover BPJS. Menurut informasi dari Pemkot Bogor.

    Cek Thalasemia di mana?

    Skrining dapat dilakukan pada penjaringan kesehatan anak sekolah dan di Posbindu penyakit tidak menular (PTM), menurut Kementerian Kesehatan.

    Thalasemia harus ke dokter apa?

    Berkonsultasi dengan dokter spesialis anak mengenai langkah perawatannya.

    Karena thalassemia adalah kondisi kelainan darah seperti kondisi genetik yang gejalanya bisa muncul sejak masa kanak-kanak. Ini menurut HaloDoc.

    Ada info kesehatan lain yang mau kalian tau? Komen aja biar kita bahas bareng! 🩺

    Sumber
    Jeliana Seliatuw. 2023. Cek Darah Lengkap (Complete Blood Count, CBC) – Waktu, Persiapan, Harga, dan Manfaatnya. kita baca pukul 07:00 WIB, Rabu, 18 Oktober 2023. prodiadigital.com/id/artikel/cek-darah-lengkap-fungsi-persiapan-dan-jenis-tesnya
    Prodia. 2024. EXP-Panel Uji Saring Thalassemia. kita baca pukul 20:56 WIB, Jumat, 19 April 2024. prodia.co.id/id/test-detail-panel/

    Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *