Biaya Kuliah Dokter Gigi

Berapa Biaya Kuliah Dokter Gigi?

Mau jadi dokter gigi handal di universitas ternama tapi masih bingung soal biaya? Tenang, tim Edukasi kekitaan sudah siap membantu! Berikut perkiraan Biaya Kuliah Dokter Gigi di 9 universitas terbaik Indonesia.

Universitas Negeri

  1. Universitas Indonesia (UI):
    • Sistem UKT: Rp 500 ribu – Rp 14,6 juta (tergantung kemampuan finansial)
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM):
    • Sistem UKT: Rp 500 ribu – Rp 26 juta (tergantung kemampuan finansial)
  3. Universitas Padjadjaran (Unpad):
    • SNBP/SNBT: UKT Rp 500 ribu – Rp 18 juta (tergantung kemampuan finansial)
    • Jalur Mandiri: UKT Rp 15 juta + IPI minimal Rp 190 juta
  4. Universitas Brawijaya (UB):
    • SNBP: UKT Rp 500 ribu – Rp 23,4 juta (tergantung kemampuan finansial)
  5. Universitas Airlangga (Unair):
    • UKT IA: Rp 0 – Rp 500 ribu
    • UKT IB: Rp 1 juta
    • UKT IC: Rp 2,4 juta
    • UKT II: Rp 10 juta
    • UKT III: Rp 12,5 juta
    • UKT IV: Rp 21 juta
  6. Universitas Diponegoro (Undip):
    • UKT Gol. 1 – 7: Rp 500 ribu – Rp 17 juta (tergantung kemampuan finansial)
  7. Universitas Negeri Jember (Uneb):
    • UKT Kelompok I – VI: Rp 500 ribu – Rp 18 juta (tergantung kemampuan finansial)

Universitas Swasta

  1. Universitas Trisakti:
    • Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP): Rp 200 juta – Rp 250 juta (tergantung peringkat)
    • Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP): Rp 25,5 juta (pokok semester) + Rp 325 ribu (tambahan SKS) + Rp 52,5 juta (praktikum)
  2. Universitas Prof. Dr. Moestopo:
    • Biaya Semester 1: Rp 251,35 juta – Rp 331,35 juta (tergantung peringkat)
    • Biaya Semester Berikutnya: Rp 38,35 juta (BPP pokok + BPP 20 SKS)

Tips:

  • Biaya di atas merupakan perkiraan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan untuk mengecek informasi terbaru di website resmi universitas terkait.
  • Cari tahu program beasiswa yang ditawarkan oleh masing-masing universitas.
  • Pertimbangkan biaya hidup di sekitar kampus.
  • Buatlah perencanaan keuangan yang matang untuk membiayai studimu.

Manakah universitas dan jalur masuk yang menjadi incaranmu? Bagikan di kolom komentar!

Senang berbagi.
Semoga informasi Biaya Kuliah Dokter Gigi ini bermanfaat.

Sumber