Berapa Biaya Kuliah IT? Jawabannya Tergantung!
Biaya kuliah jurusan Ilmu Teknologi (IT) di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta beragam, tidak ada nominal pasti. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, yaitu:
1. Universitas dan Program Studi
- Setiap universitas memiliki kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berbeda-beda.
- Biaya program studi IT di UI bisa berbeda dengan UGM, ITB, ITS, atau universitas lain.
- Di beberapa universitas, terdapat sub-jurusan dalam Ilmu Teknologi dengan biaya yang berbeda pula.
2. Jalur Penerimaan
- Biaya kuliah jalur Mandiri umumnya lebih mahal daripada jalur SBMPTN atau SNBP.
3. Kemampuan Ekonomi Orang Tua:
- Di beberapa PTN, besaran UKT jalur mandiri ditentukan oleh kemampuan ekonomi orang tua.
Sebagai gambaran:
- PTN:
- Kisaran UKT SBMPTN/SNBP: Rp 500.000 – Rp 7.500.000 per semester.
- Kisaran UKT Mandiri: Rp 10.000.000 – Rp 30.000.000 per semester.
- PTS:
- Biaya bisa mencapai puluhan juta rupiah per semester, bahkan lebih, tergantung program studi dan universitasnya.
Tips:
- Cek website resmi universitas: Cari informasi UKT dan biaya program studi IT di website resmi universitas tujuanmu.
- Gunakan simulasi UKT: Beberapa universitas menyediakan simulasi UKT untuk memperkirakan biaya kuliahnya.
- Hitung anggaran: Buatlah perencanaan keuangan yang matang untuk membiayai studimu.
Ingat:
- Biaya di atas adalah perkiraan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan untuk mengecek informasi terbaru di website resmi universitas terkait.
Sumber Informasi:
- Website resmi universitas
- Simulasi UKT di website resmi universitas
Catatan:
- Informasi ini hanya sebagai gambaran umum. Biaya kuliah yang sebenarnya bisa berbeda-beda.
- Sebaiknya kamu mencari informasi yang lebih lengkap dan terbaru di website resmi universitas yang kamu tuju.
- Berikut beberapa contoh biaya kuliah jurusan IT di beberapa PTN:
- UI: Rp 12,5 juta – Rp 25 juta per semester (jalur Mandiri)
- UGM: Rp 5.250.000 – Rp 9.000.000 per semester (SBMPTN/SNBP), Rp 10.500.000 – Rp 25.000.000 per semester (Mandiri)
- ITB: Rp 15 juta – Rp 25 juta per semester (jalur Mandiri)
- ITS: Rp 7.500.000 – Rp 9.500.000 per semester (SBMPTN/SNBP), Rp 15 juta – Rp 25 juta per semester (Mandiri)
- Biaya di atas hanya untuk program S1. Biaya untuk program diploma atau pascasarjana bisa berbeda.
Yuk, bagikan di kolom komentar! Universitas mana yang jadi incaran kamu untuk jurusan IT?
Sumber
- Kompas.com. 2024. Biaya Kuliah S1 Farmasi di Universitas Negeri hingga Swasta. kita baca pukul 07:15 WIB hari Kamis, 30 Mei 2024. https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/15/103000265/biaya-kuliah-s1-farmasi-di-universitas-negeri-hingga-swasta?lgn_method=google&google_btn=onetap
- Reiny Dwinanda. 2024. Besaran Biaya Kuliah Ilmu Komputer dan Teknik Informatika di UI, UGM, dan Unpad. kita baca pukul 07:15 WIB hari Kamis, 30 Mei 2024. https://news.republika.co.id/berita/rxc1l4414/besaran-biaya-kuliah-ilmu-komputer-dan-teknik-informatika-di-ui-ugm-dan-unpad