Biaya Kuliah Jurusan Akuntansi

Berapa Biaya Kuliah Jurusan Akuntansi?

Akuntan Handal: Intip Biaya Kuliah jurusan Akuntansi di 5 PTN Top Indonesia!

Jurusan Akuntansi selalu menjadi primadona, dengan prospek kerja yang luas di berbagai bidang. Buat kamu yang gemar hitung-hitungan dan ingin berkarier di dunia keuangan, jurusan ini bisa jadi pilihan tepat!

Nah, berikut gambaran biaya kuliah Akuntansi di 5 PTN top Indonesia:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM):

  • Biaya: Rp 500.000 – Rp 10.000.000 per semester (sistem UKT)
  • Kelebihan: Sistem UKT transparan dan terjangkau, kampus ternama dengan akreditasi A.

2. Universitas Indonesia (UI):

  • Biaya: Rp 100.000 – Rp 5.000.000 per semester (sistem UKT) + Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI)
  • Kelebihan: Kampus ternama dengan reputasi baik di bidang Akuntansi, tidak ada uang pangkal.

3. Universitas Diponegoro (Undip):

  • Biaya: Rp 500.000 – Rp 7.000.000 per semester (sistem UKT) + Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) untuk jalur Mandiri
  • Kelebihan: Biaya tergolong moderat, kampus negeri ternama dengan akreditasi A.

4. Universitas Brawijaya (UB):

  • Biaya: Rp 500.000 – Rp 7.800.000 per semester (sistem UKT)
  • Kelebihan: Sistem UKT adil sesuai kemampuan, akreditasi A dari BAN-PT.

5. Universitas Soedirman (Unsoed):

  • Biaya: Rp 20.000.000 – Rp – (sistem sumbangan pengembangan)
  • Kelebihan: Biaya tergolong moderat, kampus negeri ternama dengan akreditasi B.

Tips:

  • Biaya di atas adalah perkiraan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan untuk mengecek informasi terbaru di website resmi universitas terkait.
  • Cari tahu program beasiswa yang ditawarkan oleh masing-masing universitas.
  • Pertimbangkan biaya hidup di sekitar kampus.
  • Buatlah perencanaan keuangan yang matang untuk membiayai studimu.

Yuk, bagikan di kolom komentar! Universitas mana yang jadi incaranmu?

Ingin info lebih lengkap tentang jurusan Akuntansi?

Sumber