Biaya Kuliah Profesi Apoteker

Berapa Biaya Kuliah Profesi Apoteker?

Hai sobat, apakah kamu lulusan sarjana (S1) farmasi yang ingin mengambil pendidikan profesi apoteker? Yuk, mari kita simak segini biaya kuliah profesi apoteker pada beberapa universitas ternama di Indonesia.

Mengapa Kamu Harus Mengambil Profesi Apoteker?

Program pendidikan profesi apoteker merupakan pendidikan lanjutan yang telah ditempuh bagi seorang sarjana farmasi. Para mahasiswa/i yang telah menyelesaikan program pendidikan profesi ini nantinya akan mendapatkan gelar apoteker (Apt.)

Sebagai bagian dari tenaga kesehatan, apoteker akan bekerja sama dengan para dokter dan perawat yang nantinya memiliki spesialisasi khusus untuk menggunakan, menyimpan, menyediakan obat-obatan, serta menginformasikan penggunaan dan efek samping obat tersebut.

Pada umumnya untuk menyelesaiakan program pendidikan profesi apoteker, mahasiswa/i dapat menyelesaiakan selama 1 tahun dengan beban sks yang berbeda – beda tergantung universitas.

Biaya Kuliah Profesi Apoteker Tahun 2024 Terbaru

Berikut biaya kuliah per semester pada beberapa universitas ternama di Indonesia yang memiliki program studi pendidikan profesi apoteker:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Biaya Kuliah Bagi Lulusan lulusan sarjana Farmasi Fakultas Farmasi UGM: Rp15.000.000
  • Biaya Kuliah Bagi Lulusan lulusan sarjana Farmasi Selain UGM: Rp30.000.000

2. Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (SF ITB)

  • Biaya Kuliah: Rp18.000.000

3. Universitas Indonesia (UI)

  • Biaya Kuliah: Rp25.000.000

4. Universitas Padjajaran (Unpad)

  • Biaya Kuliah: Rp17.000.000

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

  • Biaya Kuliah: Rp15.000.000

Demikian informasi mengenai biaya kuliah Pendidikan Profesi Apoteker di UGM, ITB, UI, Unpad, dan UNS yang perlu diketahui calon mahasiswa/i.