Cara Mendaftarkan HKI Di Ditjen KI Dengan Mudah

Cara Mendaftarkan HKI Di Ditjen KI Dengan Mudah

Bagaimana sih Cara Mendaftarkan HKI Di Ditjen KI Dengan Mudah?

Salam #MasBro #MbaBro

Hai Semua!

Apa kabar nih kalian? Semoga baik-baik aja ya, hari ini kita akan bahas tentang apa ya? sepertinya kalian udah tau akan bahas apa, nah seperti judulnya kita akan bahas mengenai bagaimana Cara Mendaftarkan HKI Di Ditjen KI Dengan Mudah? Ini langkah-langkahnya.

Penting buat kalian amanin karya dengan kekayaan intelectual atau KI , apa itu KI ? kekayaan tidak berwujud ( intangible ) hasil olah pikir atau kreativitas manusia yang menghasilkan suatu ciptaan atau invensi di bidang seni , sastra , ilmu pengetahuan dan teknologi lebih singkat nya lagi KI merupakan hak kepemilikan terhadap karya-karya yang timbul atau lahir karna adanya kemampuan intelektual manusia .

Baca Juga
Pasal Menjerat Penipu Jual Beli Online
Gandeng IDI, Persatuan Insinyur Indonesia Bakal Wujudkan RI Mandiri Di Bidang Kesehatan

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, secara garis besar KI dibagi menjadi 7 (tujuh) yaitu: 

  1. Paten;
  2. Merek;
  3. Desain industri;
  4. Hak cipta;
  5. Indikasi geografis;
  6. Rahasia dagang;
  7. Desain tata letak sirkuit terpadu.


Untuk Pendaftaran KI, Masing-masing KI memiliki prosedur pendaftarannya sendiri sebagaimana di atur dalam peraturan perundang-undangan terkait dan dapat di lakukan secara online yang dapat di akses pada laman-laman berikut ini:

  1. Pendaftaran Merek, yang di atur berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis (“UU MIG”) berikut aturan perubahan dan pelaksananya;
  2. Pendaftaran Paten, yang di atur berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten berikut aturan perubahan dan pelaksananya;
  3. Pendaftaran Hak Cipta, yang di atur berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta berikut aturan pelaksananya;
  4. Pendaftaran Desain Industri, yang di atur berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri berikut aturan pelaksananya;
  5. Pendaftaran Indikasi Geografis, yang di atur berdasarkan UU MIG berikut aturan perubahan dan pelaksananya;
  6. Pendaftaran Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, yang diatur berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2000 tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu berikut aturan pelaksananya.

    sebagai contoh, ini adalah penjelasan prosedur pendaftaran hak cipta atas lagu dapat Anda simak dalam artikel Begini Cara Pencatatan Hak Cipta Lagu Secara Online.

Suka menulis?

Masih dijadiin hobi doang?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
Menulis dapat uang

Terus gimana sihh caranya daftar KI ?

Begini Langkah-langkahnya

kalian bisa daftar dengan cara online lewat halaman berikut ini, pendaftaran merek brand yang di atur sesuai UU nomor 20 tahun 2016 tentang merek dan indikasi geografis, sesuai UU nomor 13 tahun 2016 tentang paten pendaftaran hak cipta sesuai UU nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta selain 3 dari pilihan sebelumnya ada juga loh halaman yang bisa kalian kunjungi .

Pendaftaran desain industri , pendaftaran indikasi geografis dan pendaftaran desain terletak yang terpadu juga itu , nahh khusus untuk rahsia dagang tidak perlu di mohonkan pendaftaraannya karna pendaftarannya ini melindungi informasi kalian yang bersifat rahsia , buat kalian para content creator ini bisa kali kalian liat gimana cara daftar hak cipta nyaa .

Kesimpulan

Jadi jika ingin mendaftar HKI secara online dan aman , silahkan ikuti prosedur seperti diatas dan harus di pahami.

Punya cerita tentang lagu ini?
Silahkan komen di bawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

pasangIN iklan mu disini!

Biaya lebih hemat dan tepat sasaran dengan tampil 24 jam.
Penjualan jadi meningkat.
BONUS review.

Terimakasih
canva.com di buka pukul 14.41 WIB pada hari Sabtu tanggal 11 September 2021

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

1 tanggapan pada “Cara Mendaftarkan HKI Di Ditjen KI Dengan Mudah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *