Cek Darah Lengkap Harga

Berapa Cek Darah Lengkap Harga?

Oke, nih, kita kasih tau soal cek darah lengkap harga nya variatif, tergantung di mana kamu tesnya. Tapi kisarannya sekitar Rp. 90.000 sampai Rp. 200.000 lebih.

Ini nih beberapa jenis tes yang biasanya dilakukan pas cek darah lengkap, beserta harganya:

  1. Cek Hemoglobin (Hb)
    • Hemoglobin itu protein di sel darah merah yang bawa oksigen ke seluruh tubuh. Kalau harganya, sekitar Rp. 30.000 – Rp. 80.000.
  2. Hematokrit (Ht)
    • Tes ini buat deteksi anemia. Biayanya sekitar Rp. 15.000an.
  3. Trombosit
    • Trombosit itu penting buat nggak bikin darah kita terus bocor. Harganya kira-kira Rp. 15.000an juga.
  4. Sel Darah Merah (Eritrosit)
    • Tes ini untuk cek penyakit kayak anemia dan perdarahan. Biayanya sekitar Rp. 50.000.
  5. Sel Darah Putih (Leukosit)
    • Ini bagian penting buat lawan infeksi, dan harganya juga sekitar Rp. 15.000an.
  6. Gula Darah
    • Tes ini buat ngecek kadar gula darah, dan bukan cuma buat diabetes. Harganya berkisar antara Rp. 35.000 sampai ratusan ribu.

Cek Darah Lengkap harganya itu sebenernya cukup terjangkau, loh! Jadi, bukan cuma buat ngecek tingkat darah, tapi juga bisa ngasih tau banyak hal penting tentang kesehatan kita. Jadi, ini jadi langkah awal buat ngejaga kesehatan, guys!

Prosesnya juga simpel. Dokter bakal ambil sedikit darah dari pembuluh darah kamu, biasanya di lengan. Terus, darah itu diuji di laboratorium. Hasilnya akan ngasih tahu apakah semuanya oke atau ada yang perlu diperhatikan.

Tapi inget ya, harga ini bisa berubah. Jadi, pastiin tanya dulu di tempat tesnya. Kalau kamu punya BPJS kesehatan, kamu bisa cek darah lengkap secara gratis di klinik, puskesmas, atau dokter yang bekerjasama dengan BPJS. Jadi, gak perlu khawatir soal biayanya! 💉👨‍⚕️

Sumber
dr. Rizal Fadli. 2023. Catat, Ini Harga Cek Darah Lengkap yang Perlu Diketahui. kita baca pukul 07:10 WIB, Jumat, 20 Oktober 2023. https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-harga-cek-darah-lengkap-yang-perlu-diketahui

Comments

Tinggalkan Balasan