Cinta, Kasih Sayang, Nilai, dan Prinsip Hidup

Cinta, Kasih Sayang, Nilai, dan Prinsip Hidup karya etsy,com

Salam #MasBro #MbakBro

Kalo ditanya ‘siapa yang paling kau sayang?’, bakal jawab apa?

Ibu, Ayah, anak, istri, pacar, ato temen?

Untuk punya rasa kasih sayang dan cinta sama orang lain itu ga mudah. Butuh proses yang panjang. Nah, untuk alasan sederhana ini kita bukan ga percaya sama cinta pada pandangan pertama. Karna pada dasarnya dalam setiap hati dan pemikiran manusia itu ada cinta dan kasih sayang. Tinggal seberapa besar dan dalam.

Menyambut bulan penuh asmara, yaitu Februari, yuk kita bahas soal hal ini. Baca ulasan dibawah untuk penjelasan selengkapnya.

Cinta, Kasih Sayang, Nilai, dan Prinsip Hidup karya etsy,com

Cinta, Kasih Sayang, Nilai, dan Prinsip Hidup

Nah, sesuai dengan judul biar kita ga salah dasar pengertian. Yok kita kupas dulu apa pengertiannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) …

1. Cinta
Cinta adalah rasa suka sekali, sayang benar, kasih sekali, terpikat (antara laki-laki dan perempuan), ingin sekali,  berharap sekali, dan rindu. Ini loh yang dirasakan waktu ketemu doi. Bawaan nya pengin liatin terus, pengin kasih semua yang doi mau, pengin menghabiskan waktu dengan doi. Pengin doi seneng. Ketika kita mencintai seseorang, kita jadi punya rasa ingin melindungi. Kita punya harapan yang besar terhadap orang tersebut; bisa tentang apa aja.

Tapi saat kita mencintai seseorang, kita harus siap dengan risiko terluka. Mengerti bahwa ga semua yang kita inginkan bakal terjadi. Ga selamanya orang yang kita cintai akan menunjukan respon yang sama, atau balik mencintai kita. Ini nih yang kerap kali bikin galau. Harus bisa menerima dan merelakan. Kan intinya kalo cinta, kita pengin yang terbaik untuk doi. Simple nya, berani jatuh cinta, berani juga dengan konsekuensi patah hati.

Sumber: Ryan Franco dari Unsplash

2. Kasih Sayang
Kasih adalah perasaan sayang (cinta, suka kepada) dan menanggung rindu.
Sayang adalah kasih sayang (kepada), cinta (kepada), kasih (kepada), sayang akan (kepada), dan amat suka akan (kepada). Kasih sayang adalah cinta kasih dan belas kasihan.

Awalnya bisa cinta, tapi yang mempertahankan adalah sayang (heyaaaaa). Cinta bisa datang pada siapapun, kepada siapapun dan kapanpun. Cinta itu datang karena hormon yang bekerja, karena insting; berdasarkan chemistry, apa yang dilihat dan karena ada kebutuhan yang terpenuhi. Tapi sayang itu ga demikian. Sayang itu datang karena terbiasa, karena menghabiskan waktu bersama untuk waktu yang lama. Ketika kita tau semua baik buruk orang tersebut, kekuatan dan kelemahan, dan tetap memilih untuk bersama doi. Rasa sayang ini umumnya hadir dalam sebuah keluarga (ikatan darah), persahabatan, dan hubungan asmara (si doi, prikitiew!)

3. Nilai
Nilai adalah harga (dalam arti taksiran harga), angka kepandaian (biji, ponten), banyak sedikitnya isi (kadar, mutu), sifat-sifat (hal-hal) yang penting ato berguna bagi kemanusiaan, dan sesuatu yang nyempurnain manusia sesuai dengan hakikatnya. Ketika kita cinta dan sayang, ada nilai-nilai yang kita anut, yang kita junjung. Nilai ini berbeda-beda bagi tiap individu.

Ini kayak tolak ukur yang kita gunakan waktu lagi nyari objek untuk dicintai dan disayangi. Orang-orang mendefinisikan ini sebagai ‘tipe’. Nilai juga yang menentukan cara kita merespon, mengambil keputusan dan berperi-laku terhadap orang yang kita cintai dan sayangi.

Buruk atau Baik

Nilai yang kita miliki dan percayai bisa aja baik atau buruk, tergantung latar belakang kehidupan kita yang meliputi keluarga, teman sepermainan, lagu yang didengarkan, buku/ tulisan yang dibaca, tontonan, figur yang kita kagumi, dan masih banyak lagi. Buruk dan baik ini tolak-ukur nya adalah moral yang berlaku dimasyarakat tempat kita tinggal. #Masbro dan #Mbakbro disarankan punya dan menganut nilai yang baik ya. Pinter-pinter dalam memilih dan memilah nilai-nilai kehidupan ya, soalnya masa depan percintaan kalian bergantung sama hal ini.

4. Prinsip Hidup
Prinsip adalah asas (kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak, dan sebagainya) dan dasar.
Hidup adalah ada, bergerak, dan bekerja sebagaimana mestinya (tentang manusia, binatang, tumbuhan, dan sebagainya), bertempat tinggal (diam), ngalamin kehidupan dalam keadaan ato dengan cara tertentu, beroleh (mendapat) rezeki dengan jalan sesuatu, berlangsung (ada) karna sesuatu, tetap ada (ga hilang), masih berjalan (tentang perusahaan, perkumpulan, dan sebagainya), tetap bergerak terus.
Prinsip hidup adalah dasar kebenaran yang dipake untuk terus ada.

Jadi …

Untuk punya rasa cinta dan kasih sayang itu ga mudah. Cinta dan kasih sayang itu berharga, bernilai. Jadi kita ga asal kasih sesuatu hal yang bernilai sama siapapun. Kita ga asal taruh hal bernilai dimanapun.

Maka …

Sejak awal kita pastiin orang yang akan nerima cinta dan kasih sayang kita adalah orang yang bernilai buat kita. Karna, pada akhirnya orang yang kita cintai dan berikan kasih sayang akan membalasnya. Pastiin cinta dan kasih sayangnya yang diberikan berharga juga ga cuma untuk dia tapi untuk kita. Pastiin cara kita saling mencintai dan berkasih sayang adalah cara yang bernilai.

Setelah semua urusan cinta dan kasih sayang itu. Orang yang saling mencintai dan berkasihsayang juga akan saling mempengaruhi. Jadi kalo kita udah mencintai dan memberikan kasih sayang sama orang yang bernilai. Maka kita akan terima pengaruh yang bernilai juga. Itu semua seharusnya menjadi prinsip hidup kita.

Cinta, Kasih Sayang, Nilai, dan Prinsip Hidup karya kita

Nah pada akhirnya, soal cinta, kasih sayang, nilai, dan prinsip hidup
Kita perlu merenung… Apakah kita punya cinta dan kasih sayang yang bernilai? Apakah kita udah mencintai orang (ato hal) yang bernilai?

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Mauliate

1 tanggapan pada “Cinta, Kasih Sayang, Nilai, dan Prinsip Hidup”

  1. Pingback: Gimana Cari Uang di Internet, Jadi #TukangSunting - Jasa SEO Jakarta Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *