Daftar Gaji Kerja di Kapal Tongkang

Daftar Gaji Kerja di Kapal Tongkang

Gaji pekerja di kapal tongkang, seperti halnya di industri pelayaran lainnya, sangat bervariasi tergantung posisi, pengalaman, dan jenis kapal. Berikut adalah beberapa estimasi:

  1. Gaji Nahkoda (Kapal Besar atau Tanker): Rp10.000.000 hingga Rp50.000.000 per bulan, tergantung ukuran kapal dan tanggung jawabnya​
  2. Engineer Kapal: Rp5.000.000 hingga Rp25.000.000 per bulan
  3. ABK (Anak Buah Kapal): Untuk posisi seperti pelaut biasa, gaji bisa berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp15.000.000, tergantung pengalaman dan jenis kapal​.

Gaji pokok para pekerja di industri pelayaran juga menerima tunjangan tetap dan bonus, seperti tunjangan kesehatan, makan, dan transportasi. Tunjangan ini bisa menambah pendapatan mereka secara signifikan, terutama untuk posisi-posisi yang lebih tinggi

Salam #MasBro #MbakBro

Profesi Kerja Di Kapal Tongkang

Profesi kerja di Kapal tongkang (barge) meliputi berbagai peran yang terkait dengan operasi dan pengelolaan kapal serta muatannya. Berikut adalah beberapa posisi umum di industri ini:

  1. Nakhoda atau Kapten: Bertanggung jawab atas keselamatan kapal dan kru, serta mengelola seluruh operasi tongkang, termasuk navigasi, komunikasi, dan keputusan penting selama perjalanan.
  2. Chief Engineer (Kepala Mesin): Mengawasi operasional mesin kapal, memastikan peralatan berjalan dengan baik, melakukan perawatan rutin, dan menangani masalah teknis di kapal.
  3. Oiler (Juru Minyak): Bertanggung jawab memantau dan menjaga kelancaran mesin, memastikan mesin utama dan mesin pendukung bekerja dengan baik.
  4. Bosun (Mandor Kapal): Memimpin anak buah kapal (ABK) dalam melaksanakan tugas-tugas di dek, seperti perawatan kapal, operasi bongkar muat, serta penanganan tali dan jangkar.
  5. Anak Buah Kapal (ABK): Melakukan tugas-tugas umum di atas kapal, seperti membantu navigasi, pemeliharaan kapal, bongkar muat barang, dan memastikan kebersihan serta keselamatan kapal.
  6. Deckhand (Pekerja Dek): Membantu dalam pengikatan barang, menjaga peralatan, serta melakukan tugas fisik yang berhubungan dengan muatan dan operasi kapal.
  7. Cook (Juru Masak): Bertanggung jawab menyiapkan makanan untuk seluruh kru selama perjalanan di atas kapal.

Selain itu, ada posisi khusus untuk menangani logistik dan muatan tongkang seperti Cargo Supervisor yang mengawasi pengangkutan dan penyimpanan muatan di kapal. Profesi di tongkang biasanya membutuhkan keterampilan khusus terkait keselamatan, navigasi, dan perawatan kapal.

FAQ

Berapa kontrak kerja di kapal?

Umumnya, kontrak di kapal pesiar memiliki durasi antara 6 hingga 9 bulan. 

Berapa Gaji Seorang Pelaut?

Rp3 juta hingga Rp15 juta per bulan.

Berapa gaji pekerja mesin kapal?

 kepala mesin kapal sebesar $100.000 atau sekitar Rp150juta per bulan, dan untuk asisten 1-3 teknisi mesin kapal sebesar $5000 atau sekitar Rp70 juta per bulan.

Berapa gaji nahkoda kapal?

Kapal Tanker: Rp 150 juta – Rp 300 juta per bulan. Kapal Cargo: Rp 100 juta – Rp 200 juta per bulan. Kapal Supply: Rp 80 juta – Rp 150 juta per bulan.

Pelaut kerjanya apa?

Beberapa peran utama pelaut meliputi: Navigasi Kapal: Pelaut bertanggung jawab atas navigasi, memastikan kapal berlayar pada rute yang benar dan menghindari bahaya laut. Pengoperasian Mesin: Pelaut di bagian mesin bertugas mengoperasikan dan merawat mesin kapal agar tetap berfungsi dengan baik.


Posted

in