Digital Marketing Specialist Shopee menurut sumber dari upahgaji gaji nya yaitu berkisaran Rp10.700.000,00
#Salamsejahtera
Secara umum, kisaran gaji di tahun 2024 dapat diperkirakan total gaji tersebut adalah Rp18.500.000 per bulan di wilayah Indonesia, dengan gaji rata-rata Rp6.500.000 per bulan.
Dimana itu belum termasuk pembayaran tambahan mencakup bonus, komisi, tips, bagi hasil, serta fasilitas lainnya.
Namun gaji tersebut dapat bervariasi berdasarkan beberapa faktor penting, seperti pengalaman, lokasi, dan keterampilan khusus. Mari kita bahas lebih detail tentang faktor-faktor tersebut.
1. Pengalaman
Seperti halnya di banyak industri lainnya, pengalaman adalah faktor kunci dalam menentukan gaji seorang Digital Marketing Specialist. Berikut adalah gambaran umum gaji berdasarkan tingkat pengalaman:
- Entry-level (0-2 tahun pengalaman): Biasanya, gaji untuk pemula berkisar antara IDR 6.000.000 hingga IDR 8.000.000 per bulan. Pada tahap ini, mereka cenderung mengerjakan tugas-tugas dasar dalam kampanye pemasaran digital, seperti optimasi media sosial, penyusunan konten iklan, atau email marketing.
- Mid-level (3-5 tahun pengalaman): Pada level ini, gaji bisa naik menjadi sekitar IDR 10.000.000 hingga IDR 12.000.000 per bulan. Mereka biasanya sudah memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang strategi digital marketing, analitik, dan kemampuan memimpin kampanye dengan tanggung jawab yang lebih besar.
- Senior-level (lebih dari 5 tahun pengalaman): Bagi seorang spesialis digital marketing dengan pengalaman lebih dari lima tahun, gaji dapat mencapai IDR 15.000.000 hingga IDR 20.000.000 per bulan, bahkan lebih tinggi jika menduduki posisi manajerial. Mereka sudah mampu merancang dan menjalankan strategi pemasaran yang kompleks serta memimpin tim.
2. Lokasi
Lokasi kerja juga menjadi faktor yang signifikan dalam menentukan gaji. Di Indonesia, gaji di kota-kota besar cenderung lebih tinggi karena biaya hidup yang juga lebih tinggi serta tingginya permintaan akan talenta di bidang teknologi.
- Jakarta: Sebagai pusat bisnis dan teknologi di Indonesia, Jakarta menawarkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan daerah lain. Rata-rata gaji di Jakarta bisa lebih tinggi sekitar 20%-30% dibandingkan kota-kota lain.
- Surabaya dan Bandung: Di kota-kota besar selain Jakarta, seperti Surabaya atau Bandung, gaji seorang Digital Marketing Specialist biasanya berada sedikit di bawah Jakarta, sekitar IDR 7.000.000 hingga IDR 13.000.000 per bulan.
- Kota-kota kecil: Untuk perusahaan yang beroperasi di kota-kota kecil, angka gaji mungkin lebih rendah, tetapi ini tergantung pada ukuran perusahaan dan permintaan pasar.
3. Keterampilan dan Sertifikasi
Selain pengalaman dan lokasi, keterampilan khusus juga berperan besar dalam menentukan besaran gaji. Beberapa keterampilan yang sangat dihargai di dunia digital marketing antara lain:
Social Media Management: Kemampuan mengelola platform media sosial dengan baik, memahami tren, dan menghasilkan engagement tinggi juga sangat dihargai di dunia digital marketing.
SEO (Search Engine Optimization): Pemahaman mendalam tentang SEO memungkinkan seorang spesialis untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Ini adalah keterampilan yang sangat penting dan biasanya dibayar lebih tinggi.
SEM (Search Engine Marketing): Penguasaan dalam mengelola kampanye berbayar di mesin pencari seperti Google Ads bisa meningkatkan gaji secara signifikan.
Data Analytics: Kemampuan menganalisis data dari platform seperti Google Analytics atau Facebook Insights untuk menentukan performa kampanye sangat dicari oleh perusahaan besar seperti Shopee.
Copywriting: Keterampilan menulis konten yang menarik dan mampu meningkatkan konversi penjualan juga sangat dihargai.
# Semoga Informasi diatas membantu kalian
#Bacajuga:
Sumber :