19++ Film Indonesia Terbaik 2018

Bergabung dengan 425 pelanggan lain

Salam #MasBro #MbakBro

Beberapa tahun terakhir ini, film-film Indonesia mulai banyak digemari oleh masyarakat. Hal tersebut tidak lepas dari latar, dialog, pengambilan gambar, dan jalan cerita yang lebih “fresh”. Ditahun 2018, penonton film Indonesia mencapai 50 juta orang. Dari banyaknya film yang pada tahun 2018, 13 film memiliki 1 juta lebih penonton . Tentu saat ini perfilm-an Indonesia sedang dalam tren dan momentum yang baik.

Genre film Indonesia pun saat ini sangat beragam. Dari genre horror, komedi, action, drama, romance, romance dan komedi. Tapi perlu diketahui pula, film-film yang mendominasi tahun 2018 ini masih berkisar film dengan tema horor. Dan hal ini pun tidak lepas dari animo masyarakat yang memang sangat tertarik dengan film-film yang berbau horor misteri.

Dari banyaknya film Indonesia tahun 2018, berikut akan dirangkum 27 film Indonesia terbaik 2018 khusus untuk #Masbro dan #Mbakbro yang penasaran. Siapa tau jadi ingin menonton saat weekend atau pas lagi luang. Mohon maaf buat kalian yang ngga suka spoiler (spoiler alert!), mungkin akan disinggung sedikit tentang isi dan scenes yang menarik dalam film.

Dalam artikel ini akan dibagi film terbaik dengan genre-nya masing-masing.

Film Drama/ Romansa Indonesia Terbaik 2018

27++ Film Indonesia Terbaik 2018 Sumber: Brilio

1. Keluarga Cemara

Genre: Drama/Keluarga
Rating IMDB 7.9
Sutradara: Yandy Laurens

Film yang heart-warming sekali. Salah satu film yang diangkat dari sinteron legendaris Indonesia tahun 90-an dan berjudul sama. Setelah #Masbro dan #Mbakbro menonton film ini, kalian akan lebih cinta kepada keluarga.

Dalam film ini ada empat pemeran utama yang menjadi satu keluarga. Cerita dari film ini adalah sebuah keluarga yang tadinya kaya, kemudian jadi gak punya apa-apa. Lalu konflik dari film ini adalah bagaimana keluarga tersebut melalui perjalanan hidup setelah mereka tidak mempunyai apa-apa.

Tema yang diangkat pun memang permasalahan keluarga yang umum, yaitu kesulitan dalam segi ekonomi. Dalam film digambarkan juga beban dan permasalahan hidup dari tiap anggota keluarga. Pembagian cerita dari ke empat tokoh ini pun sangat pas, tidak ada yang berlebihan. Film yang sangat direkomendasikan menonton bareng dengan keluarga.

Sumber https://images.app.goo.gl/DXAFkaTRshfEjkVK9

2. Kucumbu Tubuh Indahku

Genre: Drama
Rating IMDB: 7.5/10
Sutradara: Garin Nugroho

Film ini bercerita tentang kehidupan seorang Rianto yang menjadi Penari Lengger sekaligus koreografernya. Disini Rianto bernama Juno. Juno merupakan seorang lelaki yang feminim dengan konflik internal; dimana maskulinitas dan feminimitas bersatu dalam dirinya. Banyak tekanan sosial yang diterima oleh Juno. Film ini juga sarat akan budaya lokal yang menjadi latar dari film. Musik yang mengiringi film ini juga juara. Ada yang udah nonton?

Sumber https://images.app.goo.gl/EDCb3XeJx5qtBBuR8

3. Love for Sale

Genre: Drama/ Komedi Romantis
Rating IMBD: 7.4/10
Sutradara: Andibachtiar Yusuf

Film yang membumi sekali. Maksud membumi di sini adalah, film ini seperti punya semua orang. Semua orang pun dapat merasa bagaimana seseorang yang sudah lama hidup sendiri beraktifitas sehari-hari dan ngga senelangsa yang dipikirkan, tapi memang tetap merasa kesepian.

Mengusung genre percintaan dengan jalan cerita yang cukup unik. Latar cerita di film ini pun menggambarkan kehidupan sehari-hari di Jakarta yang memang sederhana tanpa mesti ada unsur glamor dan mewah. Film wajib bagi #Masbro dan #Mbakbro yang pingin nge-galau setelah menontonnya.

  1. Teman Tapi Menikah

(https://images.app.goo.gl/LVmnXYG5gQsjQe4R8)

Genre: Drama/Roman

Rating IMDB: 7/10

Sutradara: Rako Prijanto

Film Drama yang diangkat dari kisah nyata perjalanan cinta pasangan Dito (Muhammad Pradan Budiarto) dan Ayu (Ayudia Bing Slamet). Dalam kisah cinta mereka berdua, friendzone tidak selamanya buruk. Disini, Dito dan Ayu bersahabat selamat 11 tahun sejak SMP dan akhirnya menikah.

Dari segi cerita untuk sebagian orang mungkin relatable, tapi untuk sebagian besar memang terlalu fana dan klise. Balik lagi ke selera penikmat film. Walaupun demikian, film ini worth it untuk ditonton dan soundtrack di dalam film ini pun enak-enak untuk di dengar.

  1. Aruna dan Lidahnya

(https://images.app.goo.gl/zTgVhg8p2K2bSv2a9)

Genre: Drama/Roman

Rating: 7.4/10

Sutradara: Edwin

Kalo dipikir-pikir, Aruna dan Lidahnya bisa disebut juga sebagai film yang mengenalkan masakan-masakan tradisional dan khas dari beberapa daerah di Indonesia. Banyak adegan yang bisa buat #Masbro dan #Mbakbro malah ingin makan, bukannya nonton.

Secara cerita sangat unik karena tema yang diusung sangat jarang ditemui dalam perfilm-an Indonesia. Awal dan alasan film ini dimulai adalah karena Aruna (Dian Sastro) ingin menyelidiki kasus flu burung di beberapa daerah, ditemani dua temannya yaitu Bono (Nicolas Saputra) dan Nadezhda (Hannah Al Rashid).

  1. Rompis

(https://images.app.goo.gl/T2kUv7hTK2gE71EY7)

Genre: Drama/Remaja

Rating IMDB 8.1/10 dari 180 votes

Sutradara: Monty Tiwa

Film ini diangkat dari novel Eddy D. Iskandar yang berjudul sama dengan filmnya, dan dari sinteron yang release tahun 2017 di salah satu stasiun TV swasta. Rompis sudah juga sudah sempat dibuat filmnya dengan judul yang sama di tahun 1980. Ceritanya berkisah tentang Roman (Arbani Yasiz) yang telah lulus SMA dan melanjutkan kuliahnya di Belanda bersama Sam (Umay Shahab).

Konflik dimulai saat Roman menemukan sahabat baru, yaitu Meira (Beby Tsabina) di Belanda. Alurnya menjadi cerita cinta segita dan dibumbui kecemburuan ala anak-anak remaja yang dikemas dengan baik dan tidak terlalu berlebihan.

  1. Milly & Mamet (Ini Bukan Cinta & Rangga)

(https://images.app.goo.gl/LdEYUXjj6ecv5GGCA)

Genre: Drama/Komedi

Rating IMDB: 7.3/10

Sutradara: Ernest Prakasa

Cerita film ini melanjutkan kisah ‘Ada Apa Dengan Cinta 2’: Milly (Sissy Priscillia) dan Mamet (Dennis Adhiswara) yang saat ini bukan lagi anak SMA, melainkan sudah menjadi orang tua yang sibuk merawat bayi mereka. Sekarang mereka dihadapkan dengan masalah baru, yaitu masalah dalam kehidupan berumah tangga.

Dialog-dialog yang terlihat natural seperti percakapan sehari-hari dan beberapa scene yang membuat tertawa pun menjadi hal yang mewarnai film ini, ciri khas dari film-film yang memang disutradarai oleh Ernest.

  1. Dancing in The Rain

(https://images.app.goo.gl/Q88FWVa6Mv2eePhB6)

Genre: Drama

Rating IMDB: 8.1/10, Iflix: 8.2/10

Sutradara: Rudi Aryanto

Film ini mengangkat tema persahabatan dan cinta keluarga. Tokoh utamanya adalah Banyu (Dimas Anggara), berperan menjadi orang yang memiliki spektrum autis. Dia hidup bersama neneknya dan memiliki dua sahabat.

Merupakan film yang sarat akan kehidupan anak pengidap autis, dan masalah-masalah yang ada dihidupnya. Membuat kita belajar menjadi lebih peka dan peduli terhadap orang-orang sekitar. Siapin tisu selama nonton film ini, karena bakal sedih banget.

  1. Meet Me After Sunset

(https://images.app.goo.gl/bLZcT5F5wioknWUX6)

Genre: Drama/  Romansa

Rating IMDB: 8/10

Sutradara: Danial Rifki

Bercerita tentang romansa antara tigar orang, yaitu; Matahari, Bulan, dan Bintang. Matahari yang dimaskud disini adalah sifat yang periang dan hangat yang dimiliki oleh tokoh yang bernama Vino, lalu Bulan dengan makna lembut yang menjadi sifat dari Gadis, dan Bintang bermakna tertutup tetapi sangat peduli yang menjadi sifat Bagas. Cerita dimulai saat Vino mengetahui keinginan Gadis yang tertulis di buku diary dan ingin mewujudkannya.

  1. Arini

(https://images.app.goo.gl/ULyL1oEbXYG1ztQ87)

Genre: Drama/ Romansa

Rating IMDB 7.5/10

Sutradara: Ismail Basbeth

Film yang diangkat dari novelnya Mira W yang berjudul Masih Ada Kereta Yang Akan Lewat tahun 1982 ini menceritakan tentang seorang anak kuliahan, Nick (Morgan Oey) yang jatuh cinta kepada perempuan yang lebih tua 15 tahun darinya, bernama Arini (Aura Kasih). Perjuangan Nick sangat kentara demi mendapatkan perhatian Arini dan membuat Arini percaya lagi akan cinta.

  1. Kulari Ke Pantai

(https://images.app.goo.gl/DJzA2b3r7so5a8kx7)

Genre: Drama/komedi

Rating IMDB: 8/10

Sutradara: Riri Riza

Film yang bercerita tentang perjalan seorang Ibu dan dua anaknya yang jalan-jalan dari Jakarta ke Banyuwangi untuk bertemu dengan peselancar pujaan sang Anak. Cinematografi film ini bagus sekali. Latar cerita pun unik, banyak tempat-tempat wisata di Jawa Timur yang disorot beserta tambal ban dan tempat makannya.

Banyak pesan-pesan yang diberikan oleh film ini, yang memang merupakan film khusus untuk keluarga; salah satu film anak yang wajib ditonton.

  1. Si Doel The Movie

(https://images.app.goo.gl/pDoMy3WyUnBFnSFP7)

Genre: Drama/Keluarga

Rating IMDB: 7.2/10

Sutradara: H. Rano Karno

Film drama keluarga yang melanjutkan sekuel dari sinteron terkenal Indonesia tahun 1990an dengan judul yang sama. Film Si Doel The Movie mengangkat cerita tentang Doel yang ingin menuntaskan rasa rindunnya kepada Sarah yang pergi meninggalkannya tanpa kabar dan tidak bertemu selama 14 tahun.

Doel pergi ke Belanda untuk menemui Sarah, ditemani oleh Mandra dan anak dari pernikahannya dengan Zaenab. Film mencapai puncaknya saat akhirnya Doel bertemu dengan Sarah. Tontonan keluarga yang wajib disimak bersama kalau orang tua ingin mengenalkan kepada anaknya soal sinetron masa mudanya.

  1. Asal Kau Bahagia

(https://images.app.goo.gl/VYzLtsNM9Egaohk88)

Genre: Drama

Rating IMDB: 7.6/10

Sutradara: Rako Prijanto

Film yang dibuat karena terinspirasi dari lagu yang lagi booming pada saat itu; Asal Kau Bahagia dari band Armada. Nama tokoh dalam film pun terbilang tidak biasa karena menggunakan nama asli pemerannya.

Bercerita tentang kisah cinta Aliando dan Aurora yang menjadi masalah dalam suatu hubungan, karena ternyata selama ini Aurora tidak begitu mencintai Aliando dan berselingkuh dengan Teuku. #Masbro dan #Mbabro mungkin bakal ngerasa film ini sangat relatable.

  1. Dilan 1990

(https://tirto.id/dilan-1990-tembus-37-juta-penonton-dalam-12-hari-tayang-cEob)

Genre: Romansa

Rating IMDB: 7.3/10, Rotten Tomatoes (Audience Score): 60% dengan user ratings 38

Gak bisa dipungkiri, film satu ini menjadi sangat populer di Indonesia tahun 2018. Berlatar kota Bandung tahun 90-an, film bercerita tentang cinta sepasang muda-mudi SMA (Dilan dan Milea); gimana seorang Dilan mendekati Milea dengan cara dan bahasa yang gak biasa.

Kepopuleran film ini terbukti dengan munculnya meme “rindu itu berat” atau “nanti aku ramal”. Cerita film ini diambil dari novel buatan Pidi Baiq yang terkenal dengan judul yang sama. Saking populernya, banyak yang menjual jaket denim dengan caption atau judul produk “Jaket Dilan”. Woow, iconic!

15. Eiffel I’m In Love 2

(https://images.app.goo.gl/WY1KgY1tLwhroSqx6)

Genre: Drama/Roman

Rating IMDB: 6.8/10

Sutradara: Rizal Mantovani

Merupakan sekuel dari film pertamanya yang rilis pada tahun 2003, dengan judul Eiffle I’m in Love. Musik yang mengiringi film bagus-bagus, dan tone nya mirip seperti yang ada pada film-film korea, menggambarkan suasana kota Paris.

Konflik pada sekuel ini adalah tentang hubungan antara Tita dan Adit, yang telah berjalan selama 12 tahun tapi ga kunjung menikah. Cocok banget untuk #Masbro dan #Mbakbro yang mau kasih kode kepasangan buat segera nikah. Cusss!

Film Laga Indonesia Terbaik 2018

16. The Night Comes for Us

(https://images.app.goo.gl/CNoGCjoqMz3gHAt26)

Genre: Drama/Thriller

Rating IMDB: 7/10, Rotten Tomatoes: 90%

Sutradara:

Bagi #Masbro dan #Mbakbro yang suka menonton film ber-genre thriller, action, dan gore, maka film ‘The Night Comes for Us’ bisa menjadi pilihan yang tepat. Dari awal film, ketegangan sudah terjadi. Adegan-adegan silat pada perkelahian pun banyak seperti pada film The Raid. Aksi tebas, tusuk, sabit, dan menggergaji orang pun jadi tontonan sepanjang film ini.

Brotherhood menjadi tema yang diusung dalam film, dan bisa mengobati kalian yang kecewa karena film The Raid 3 gak jadi digarap. Banyak aktor-aktor dari film The Raid disini, ditambah adanya beberapa aktor baru yang menjadi perhatian dalam film, seperti Abimana Aryastya, Dian Sastro, Zack Lee, dan Julie Estelle.

17. Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212

(https://images.app.goo.gl/QRo8wzF44y2TuykFA)

Genre: Fantasi/Laga

Rating IMDB: 7.3/10

Sutradara: Angga Dwimas Sasongko

Film ini mengangkat kembali sinetron terkenal dan melegenda, yakni Wiro Sableng, yang tayang di TV swasta Indonesia pada tahun 90-an. Cerita dari film ini adalah Wirosableng (Vino G. Bastian) yang diberi perintah oleh gurunya; Sinto Gendeng (Ruth Marini) untuk mencari mantan muridnya yang berkhianat bernama Mahesa Birawa (Yayan Ruhian).

Selama perjalan pencarian, Wiro Sableng bertemu dengan sahabat baru, Arini (Sherina Munaf), dan Bujang Gila Tapak Sakti (Fariz ALfarizi). Salah satu film fantasi/ laga Indonesia yang CGI-nya oke dan enak ditonton. Adegan jurus-jurus dari para tokoh pun keren-keren. Cocok sekali untuk ditonton bareng keluarga.

18. Buffalo Boys

(https://images.app.goo.gl/53R7iYHCZt2fnPzD8)

Genre: Action/Martial Arts

Rating IMDB: 5.8/10

Sutradara: Mike Wiluan

Berlatar suasana Indonesia pada abad ke-19, film bercerita tentang dua jagoan bernama Jamal dan Suwo yang kembali dari Amerika bersama pamannya. Tujuan kepulangan mereka adalah untuk membalaskan kematian ayah mereka yang dibunuh oleh kaum Kompeni. Seperti film-film Amerika tentang koboi, adegan tembak- menembak pun tak terelakkan.

19. 22 Menit

(https://images.app.goo.gl/LRmy4yWZKFMX3Yx38)

Genre: Drama/Laga

Rating IMDB: 6.1/10

Sutradara: Eugene Panji, Myma Paramita

Latar belakang film ini adalah kejadian pemboman yang terjadi di Sarinah, Jakarta beberapa tahun silam. Film yang ingin menggambarkan suasana kejadian pemboman saat itu, dengan sedikit bumbu tambahan. Disinggung juga cerita-cerita yang sempat booming di social media, salah satunya adalah adanya tukang sate pada saat pemboman.

Okay, itu dia daftar film Indonesia terbaik ditahun 2018. Ada yang udah pernah nonton semuanya? Atau jangan-jangan baru tau kalo ada film kece kayak gitu? Sekian artikel ini, senang bisa berbagi.

Kata kunci lain yang sering dicari …
film terbaik indonesia 2018, film indonesia terbaik 2018, film indonesia terlaris 2018, film indonesia terbaik 2019, film terbaik 2018 indonesia, film indonesia romantis 2018, film romantis 2018 indonesia, film terbaik 2019 indonesia, film indonesia 2018 terbaik, film indonesia terbaik 2017, film indo terbaik 2018, film terbaik indonesia 2019, film terlaris 2018 indonesia, film action terbaik 2019 sub indo, film komedi terbaik indonesia 2018, film terbaik 2017 indonesia, film terlaris 2019 indonesia, film action jepang terbaru 2019 full movie sub indonesia, film terlaris indonesia 2018, film komedi indonesia terbaik 2018, film indonesia 2017 terbaik, film indonesia terbaik 2018 bioskop, film indonesia terpopuler 2018, film indo romantis 2018, film bioskop indonesia romantis 2018, film bagus indonesia 2018, film terbaik 2018 indonesia romantis, film bioskop 2018 indonesia terbaik, semi korea terbaik sub indo, film indonesia 2018 terlaris, film indo terbaik 2019, film bagus 2018 indonesia, film bokeh paling bagus 2018 indonesia, film bagus 2019 indonesia, film semi korea terbaik 2018 sekolah penuh cinta sub indo, film bioskop indonesia terbaik 2018, film indonesia terpopuler 2019, film terlaris di indonesia 2019, film terpopuler 2018 indonesia, film indonesia rating tertinggi 2018, film bioskop terbaik 2018 indonesia, film bioskop indonesia terlaris 2018, film perang sub indo 2018 terbaik, film terbaik 2018 sub indo, film indonesia romantis terbaru 2018, film barat romantis sub indo terbaru, film indo terbaik 2017, film romantis terbaik indonesia 2018, film perang terbaru 2018 sub indo,

0 tanggapan pada “19++ Film Indonesia Terbaik 2018”

  1. Pingback: Ini 5++ Film Romantis Indonesia Yang Diangkat Dari Novel Terlaris, Udah Tau? - Jasa SEO Jakarta Indonesia

Tinggalkan Balasan