Berapa Gaji di Puskesmas, Perawat, Bidan, Dokter - tulisIN - kekitaan - karya selesaiin masalah

Berapa Gaji Bidan Puskesmas?

Gaji Bidan Puskesmas Rp3.000.000-Rp5.500.000 per bulan. 📈

Salam #MasBro #MbakBro

Job Desk

Ga ada job desc bidan puskesmas yang baku, soalnya tergantung kebijakan daerah masing-masing. Gaji juga gitu, ga seragam. Tapi, secara umum, ini gambaran tugas dan tanggung jawabnya, ya:

Uraian Tugas Bidan Puskesmas:

  • Melakukan pelayanan kebidanan dasar, seperti check up kehamilan, persalinan normal, postpartum care, dan family planning.
  • Memberikan konseling dan edukasi kesehatan reproduksi pada ibu hamil, ibu nifas, dan keluarga berencana.
  • Menangani masalah kesehatan ibu dan anak, termasuk imunisasi dan penanggulangan penyakit.
  • Melakukan pencatatan dan pelaporan data kesehatan ibu dan anak.
  • Berkoordinasi dengan tenaga kesehatan lain di puskesmas.
  • Melakukan kunjungan rumah untuk memantau kesehatan ibu dan anak.
  • Ikut serta dalam kegiatan promosi kesehatan di masyarakat.
  • Kalo ada kejadian luar biasa (KLB), kau harus siap siaga membantu.
  • Melakukan kegiatan lain yang ditugaskan oleh kepala puskesmas.

Gaji:

Gaji bidan puskesmas ga tetap, tergantung beberapa hal:

  • Lokasi Puskesmas: Puskesmas di daerah terpencil atau sulit dijangkau biasanya kasih insentif lebih tinggi dibanding di perkotaan.
  • Golongan/Pangkat: Semakin tinggi golongan/pangkat kau, gaji pokoknya juga makin tinggi.
  • Lembur: Kalo kau lembur, kau dapat tunjangan lembur.
  • Tunjangan lain: Ada banyak tunjangan yang bisa kau dapat, misal tunjangan kinerja, tunjangan hazard, dll. Semuanya tergantung kebijakan masing-masing daerah.

Intinya, kalo kau mau tau pasti gaji dan job desc bidan di puskesmas tertentu, sebaiknya kau cek langsung ke puskesmas yang bersangkutan atau ke dinas kesehatan setempat. Ga ada patokan pasti, ya.

Skill yang Dibutuhkan

Buat jadi bidan puskesmas, kau butuh banyak skill, ga cuma teori aja. Ini beberapa yang penting:

1. Skill Klinis:

  • Kemampuan melakukan pemeriksaan kebidanan: Ini termasuk periksa kehamilan, persalinan, nifas, dan family planning. Kau harus teliti dan terampil.
  • Penanganan kasus kebidanan umum: Kalo ada komplikasi, kau harus bisa tangani pertama kali, minimal rujuk dengan tepat.
  • Menguasai prosedur kebidanan: Misal, pemasangan intrauterine device (IUD), suntik KB, dan tindakan lain yang relevan.
  • Penanganan kasus gawat darurat: Kau harus sigap dan bisa mengambil keputusan cepat kalo ada keadaan darurat, seperti perdarahan hebat atau bayi lahir dengan masalah.

2. Skill Komunikasi dan Interpersonal:

  • Komunikasi efektif: Kau harus bisa menjelaskan hal medis dengan mudah dimengerti pasien, ga cuma jargon medis aja.
  • Keterampilan counseling: Memberi konseling pada pasien penting banget, terutama soal kesehatan reproduksi.
  • Empati dan sense of urgency: Memahami perasaan pasien dan bertindak cepat kalo diperlukan.
  • Kerja sama tim: Bidan ga kerja sendiri, jadi kerja sama dengan tim kesehatan lain sangat penting.

3. Skill Administrasi dan Manajemen:

  • Pencatatan dan pelaporan data: Kau harus teliti dan rapi dalam mencatat dan melaporkan data pasien.
  • Penggunaan teknologi informasi: Puskesmas makin sering pakai sistem digital, jadi kau harus melek teknologi.
  • Manajemen waktu: Kau harus bisa kelola waktu dengan baik karena pasti banyak pasien yang perlu ditangani.

4. Skill Lainnya:

  • Kemampuan memecahkan masalah: Kalo ada masalah, kau harus bisa cari solusinya.
  • Kesiapan bekerja di bawah tekanan: Kalo lagi sibuk, kau harus tetap tenang dan bisa kerja maksimal.
  • Menguasai basic life support (BLS): Ini penting banget untuk menangani keadaan darurat.

Kalo kau punya skillskill di atas, peluang kau jadi bidan puskesmas bakalan lebih besar. Ingat ya, terus belajar dan upgrade skill itu penting banget!

Cara Menjadi

Gak ada jalan pintas buat jadi bidan puskesmas. Kau harus ikutin jalur yang benar dan terstruktur:

  1. Pendidikan Formal: Ini yang paling penting. Kau harus lulus pendidikan bidan di sekolah/universitas yang terakreditasi. Biasanya jenjangnya DIII Kebidanan atau S1 Kebidanan. Pilih yang berkualitas ya, biar skill dan ilmunya mumpuni.

  2. Surat Izin Praktik (SIP): Setelah lulus, kau harus punya SIP. Ini ijin resmi buat kau praktik sebagai bidan. Prosesnya biasanya diurus setelah lulus dan sudah memenuhi persyaratan.

  3. STR (Surat Tanda Registrasi): Ini bukti kalo kau sudah terdaftar di organisasi profesi bidan, yaitu IBI (Ikatan Bidan Indonesia). STR penting banget, ga boleh ketinggalan.

  4. Lamaran Kerja: Setelah punya SIP dan STR, kau bisa mulai lamar kerja ke puskesmas. Biasanya ada pengumuman lowongan di website resmi puskesmas atau dinas kesehatan setempat. Siapkan berkas lamaran yang lengkap dan rapi ya!

  5. Seleksi dan Tes: Biasanya ada beberapa tahapan seleksi, mulai dari administrasi, tes tulis, wawancara, dan mungkin tes skill atau praktek. Siap-siap belajar keras dan tunjukkan kemampuan terbaikmu.

  6. Pengangkatan dan Orientasi: Kalo kau lolos seleksi, kau akan diangkat sebagai bidan puskesmas. Biasanya ada masa orientasi atau pelatihan agar kau cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja.

  7. Pengembangan Karir: Setelah bekerja, teruslah belajar dan upgrade skill. Ikuti pelatihan atau workshop untuk meningkatkan kompetensi. Ini penting banget buat perkembangan karir kau.

Ingat ya, kalo mau jadi bidan puskesmas, kau harus punya komitmen tinggi, suka bekerja keras, dan sabar menghadapi berbagai tantangan. Semangat!

Tau ga?
Kau bisa menghasilkan dari membaca.
Kau bisa menghasilkan dari share tulisan ini.

#hidupdariKARYA

Rahasia gaji bidan puskesmas akhirnya terungkap!

Lebih besar atau lebih kecil dari perkiraanmu?

Jangan penasaran terus, baca artikelnya sekarang juga dan share ke yang lain!

Gimana nih?
Udah kebayang kan gimana serunya jadi Gaji Bidan Puskesmas?

Masih pengen tau tulisan berkaitan Gaji Bidan Puskesmas lainnya, cek pertanyaan Faling sering Aku ditanyaQin dibawah ini.

FAQ

Berapa gaji honorer di Puskesmas?

Rp2.250.148 per bulan.

Berapa gaji dokter di Puskesmas?

Rp3.849.573 per bulan.

Berapa gaji bidan?

Rp3.000.000-Rp7.000.000 per bulan.

Lulusan D3 keperawatan gajinya berapa?

Rp2.500.000-Rp3.000.000 per bulan.

Berapa gaji seorang perawat di Puskesmas?

Rp2.500.000-Rp5.000.000 per bulan.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber

Soffya Ranti Mahmudah. 2022. Gaji Kerja di Puskesmas: Gaji PNS Puskesmas dan THL. www.mployee.id/gaji-kerja-di-puskesmas-gaji-pns-puskesmas-dan-thl/. kita baca pukul 16:00 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Redaksi bloombergtechnoz. 2024. Kuliahnya Mahal, Intip Tunjangan & Gaji Dokter di Indonesia. www.bloombergtechnoz.com/detail-news/30638/kuliahnya-mahal-intip-tunjangan-gaji-dokter-di-indonesia. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Putri Nur Azharah. 2024. Gaji Honorer Perawat di Rumah Sakit 2024 Berapa? Provinsi Jawa Tengah Capai Rp4 Juta Sebulan, Cek Rinciannya. www.ayobandung.com/umum/7912833684/gaji-honorer-perawat-di-rumah-sakit-2024-berapa-provinsi-jawa-tengah-capai-rp4-juta-sebulan-cek-rinciannya. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
aridla. 2024. Daftar Gaji Bidan 2024: Bisa Mencapai 7 juta Perbulan. www.asninstitute.id/gaji-bidan/. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Pemerintah Boyolali. 2022. PERATURAN BUPATI BOYOLALI NOMOR \2\ TAHUN 2022 TENTANG salinan REMUNERASI PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BOYOLALI. peraturan.bpk.go.id/Download/299305/Perbup%20Byl%20121_2022.pdf. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.