Gaji Dokter Gigi Puskesmas Rp 4.000.000-Rp7.000.000 per bulan. 📈
Salam #MasBro #MbakBro
Job Desk
Job Desc Dokter Gigi Puskesmas
Tanggung Jawab:
- Melakukan check up gigi dan mulut pada pasien di Puskesmas.
- Memberikan perawatan gigi dan mulut dasar, seperti penambalan, pencabutan gigi, scaling, dan polishing.
- Melakukan pencegahan penyakit gigi dan mulut melalui edukasi kesehatan kepada masyarakat.
- Mendiagnosis dan menangani masalah gigi dan mulut yang lebih kompleks, lalu merujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih lengkap kalo dibutuhkan.
- Membuat record dan chart pasien dengan lengkap dan akurat.
- Melakukan monitoring dan evaluasi program kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas.
- Berkoordinasi dengan petugas kesehatan lain di Puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi.
- Melakukan kegiatan promosi kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat, misalnya melalui penyuluhan dan demonstrasi.
- Ikut serta dalam kegiatan pengembangan profesi dan upgrade ilmu kedokteran gigi.
- Menjaga kebersihan dan kerapian ruangan praktik dokter gigi.
- Ga boleh meninggalkan tugas tanpa izin.
- Mematuhi semua aturan dan prosedur yang berlaku di Puskesmas.
- Bertanggung jawab atas seluruh peralatan dan bahan yang ada di ruang praktik dokter gigi.
- Melaporkan segala kejadian yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan gigi dan mulut kepada pimpinan.
- Membantu dokter gigi lain kalo dibutuhkan.
Kualifikasi:
- Memiliki gelar pendidikan Dokter Gigi (drg.) dari perguruan tinggi yang terakreditasi.
- Memiliki Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku.
- Memiliki pengalaman kerja di bidang kesehatan gigi dan mulut, minimal 1 tahun (lebih disukai).
- Menguasai teknik-teknik perawatan gigi dan mulut dasar.
- Mempunyai kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik.
- Memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri maupun tim.
- Teliti, bertanggung jawab, dan memiliki etos kerja yang tinggi.
- Mampu bekerja di bawah tekanan.
- Siap bekerja shift (kalo dibutuhkan).
- Bersedia ditempatkan di Puskesmas di seluruh wilayah kerja.
Catatan: Deskripsi pekerjaan ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan Puskesmas.
Skill yang Dibutuhkan
Skill yang dibutuhkan untuk menjadi Dokter Gigi Puskesmas:
Skill Klinis:
- Kemampuan Diagnostik yang Baik: Kau harus bisa mendiagnosis berbagai macam penyakit dan masalah gigi dan mulut dengan akurat, mulai dari karies, penyakit gusi, hingga masalah implan.
- Prosedur Perawatan Gigi Dasar: Kau harus mahir dalam melakukan prosedur perawatan gigi dasar seperti scaling, polishing, penambalan, pencabutan gigi sederhana, dan perawatan saluran akar sederhana.
- Penggunaan Alat dan Peralatan Kedokteran Gigi: Kau harus terampil dalam menggunakan berbagai macam alat dan peralatan kedokteran gigi dengan benar dan aman. Keahlian dalam sterilisasi dan asepsis juga sangat penting.
- Penanganan Darurat Kedokteran Gigi: Kau harus mampu menangani keadaan darurat kedokteran gigi, seperti pendarahan hebat, trauma, dan infeksi.
- Pengambilan Keputusan yang Tepat: Kau harus bisa mengambil keputusan yang tepat dan cepat dalam berbagai situasi, terutama dalam kasus-kasus yang mendesak.
- Pengetahuan tentang Radiologi Gigi: Memahami dan menginterpretasi X-Ray gigi untuk keperluan diagnostik.
Skill Non-Klinis:
- Komunikasi dan Interpersonal Skill yang Baik: Kau harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan pasien, keluarga pasien, dan tim kesehatan lainnya. Kemampuan empati sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan pasien.
- Manajemen Waktu yang Efektif: Kau harus mampu mengelola waktu dengan efektif agar bisa melayani banyak pasien dalam sehari.
- Kemampuan Kerja Sama Tim: Kau akan bekerja sama dengan tim kesehatan lainnya di Puskesmas, jadi kemampuan kerja sama tim sangat penting.
- Keterampilan Edukasi Kesehatan: Kau harus bisa memberikan edukasi kesehatan kepada pasien dan masyarakat tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut.
- Pengelolaan Record Pasien: Kau harus bisa mencatat dan mengelola record pasien dengan rapi dan sistematis.
- Kemampuan Problem Solving: Kau harus bisa memecahkan masalah dengan cepat dan efektif.
- Kemampuan Adaptasi: Puskesmas seringkali memiliki sumber daya yang terbatas, jadi kau harus mampu beradaptasi dengan kondisi dan keterbatasan yang ada.
- Kemampuan Manajemen Stress: Pekerjaan di Puskesmas bisa cukup menantang dan menuntut, sehingga kau harus memiliki kemampuan manajemen stres yang baik.
- Keterampilan Record Keeping dan Reporting yang Baik: Kau harus bisa mencatat data pasien dan membuat laporan secara akurat dan tepat waktu.
- Menguasai Bahasa Indonesia dengan Baik: Untuk komunikasi yang efektif dengan pasien dan tim. Kalo kau bisa berbahasa daerah setempat, itu akan menjadi nilai tambah.
Ga semua skill di atas akan kau kuasai sejak awal. Pengalaman dan pembelajaran berkelanjutan akan terus meningkatkan kemampuanmu.
Cara Menjadi
Cara menjadi Dokter Gigi Puskesmas:
Pendidikan Formal: Kau harus menyelesaikan pendidikan formal di bidang kedokteran gigi dan mendapatkan gelar Dokter Gigi (drg.) dari perguruan tinggi yang terakreditasi. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 5 tahun.
Membuat Surat Izin Praktik (SIP): Setelah lulus, kau wajib mendapatkan Surat Izin Praktik (SIP) dari organisasi profesi yang berwenang, yaitu Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). SIP ini merupakan syarat mutlak untuk bisa praktik kedokteran gigi secara legal.
Pengalaman Kerja (Opsional, tapi disarankan): Meskipun ga selalu diwajibkan, pengalaman kerja di bidang kedokteran gigi, misalnya di klinik gigi swasta atau rumah sakit, akan meningkatkan daya saing kau dalam melamar posisi di Puskesmas. Pengalaman ini akan membantu kau lebih siap menghadapi tantangan kerja di Puskesmas.
Mendaftar Lowongan Kerja: Perhatikan pengumuman lowongan pekerjaan Dokter Gigi di Puskesmas. Biasanya pengumuman ini diumumkan melalui website resmi pemerintah daerah setempat, website resmi Puskesmas, atau media online lainnya.
Mengirim Lamaran dan Curriculum Vitae (CV): Setelah menemukan lowongan yang sesuai, siapkan lamaran dan CV yang menarik dan lengkap, serta sertakan semua dokumen pendukung yang dibutuhkan, seperti ijazah, transkrip nilai, SIP, dan lain sebagainya.
Seleksi Administrasi: Biasanya, proses seleksi dimulai dari seleksi administrasi, di mana berkas lamaran kau akan diverifikasi untuk memastikan kelengkapan dan keabsahannya.
Tes Tertulis (Kalo Ada): Beberapa Puskesmas mungkin akan mengadakan tes tertulis untuk menguji pengetahuan dan kemampuan kau dalam bidang kedokteran gigi.
Tes Wawancara: Setelah melewati seleksi administrasi dan/atau tes tertulis (kalo ada), kau akan diundang untuk mengikuti tes wawancara. Di sini, kau akan dinilai kemampuan komunikasi, problem-solving, dan kesesuaian kepribadian kau dengan budaya kerja di Puskesmas.
Tes Kesehatan: Biasanya ada juga tes kesehatan untuk memastikan kau dalam keadaan sehat dan layak bekerja sebagai tenaga medis.
Pengumuman Hasil Seleksi: Setelah melewati semua tahapan seleksi, Puskesmas akan mengumumkan hasil seleksi dan siapa yang diterima.
Penempatan dan Pelatihan: Setelah diterima, kau akan ditempatkan di Puskesmas yang telah ditentukan dan mungkin akan mengikuti pelatihan atau orientasi kerja untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja dan sistem di Puskesmas tersebut.
Ingat, persaingan untuk menjadi Dokter Gigi Puskesmas bisa cukup ketat. Oleh karena itu, persiapkan diri kau sebaik mungkin dan tingkatkan terus kemampuan dan pengalaman kau. Kemampuan komunikasi dan adaptasi yang baik juga sangat penting untuk dipertimbangkan.
Tau ga?
Kau bisa menghasilkan dari membaca.
Kau bisa menghasilkan dari share tulisan ini.
#hidupdariKARYA
Gaji Dokter Gigi Puskesmas: Lebih tinggi atau lebih rendah dari gaji seorang pilot private jet ? Temukan jawabannya dan share artikel ini ke teman dan keluargamu biar mereka juga tahu!
Gimana nih?
Udah kebayang kan gimana serunya jadi Dokter Gigi Puskesmas?
Masih pengen tau tulisan berkaitan Dokter Gigi Puskesmas lainnya, cek pertanyaan Faling sering Aku ditanyaQin dibawah ini.
FAQ
Berapa gaji honorer di Puskesmas?
Rp2.250.148 per bulan.
Berapa gaji dokter di Puskesmas?
Rp3.849.573 per bulan.
Berapa gaji bidan?
Rp3.000.000-Rp7.000.000 per bulan.
Lulusan D3 keperawatan gajinya berapa?
Rp2.500.000-Rp3.000.000 per bulan.
Berapa gaji seorang perawat di Puskesmas?
Rp2.500.000-Rp5.000.000 per bulan.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Sumber
Soffya Ranti Mahmudah. 2022. Gaji Kerja di Puskesmas: Gaji PNS Puskesmas dan THL. www.mployee.id/gaji-kerja-di-puskesmas-gaji-pns-puskesmas-dan-thl/. kita baca pukul 16:00 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Redaksi bloombergtechnoz. 2024. Kuliahnya Mahal, Intip Tunjangan & Gaji Dokter di Indonesia. www.bloombergtechnoz.com/detail-news/30638/kuliahnya-mahal-intip-tunjangan-gaji-dokter-di-indonesia. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Putri Nur Azharah. 2024. Gaji Honorer Perawat di Rumah Sakit 2024 Berapa? Provinsi Jawa Tengah Capai Rp4 Juta Sebulan, Cek Rinciannya. www.ayobandung.com/umum/7912833684/gaji-honorer-perawat-di-rumah-sakit-2024-berapa-provinsi-jawa-tengah-capai-rp4-juta-sebulan-cek-rinciannya. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
aridla. 2024. Daftar Gaji Bidan 2024: Bisa Mencapai 7 juta Perbulan. www.asninstitute.id/gaji-bidan/. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Pemerintah Boyolali. 2022. PERATURAN BUPATI BOYOLALI NOMOR \2\ TAHUN 2022 TENTANG salinan REMUNERASI PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BOYOLALI. peraturan.bpk.go.id/Download/299305/Perbup%20Byl%20121_2022.pdf. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.