Gaji Dokter Puskesmas Rp3.849.573 gaji pokok per bulan. 📈
Salam #MasBro #MbakBro
Job Desk
Ga ada job desc gaji dokter Puskesmas yang baku, karena gaji dokter Puskesmas bergantung pada beberapa faktor, kayak grade kepangkatan, masa kerja, lokasi Puskesmas (daerah terpencil biasanya dapet insentif lebih tinggi), dan kebijakan pemerintah daerah setempat. Intinya, ga ada patokan pasti.
Tapi, secara umum, tugas dan tanggung jawabnya meliputi:
- Memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas.
- Melakukan pemeriksaan, diagnosis, dan pengobatan pasien.
- Melakukan kegiatan promotif dan preventif kesehatan, kayak imunisasi, penyuluhan kesehatan, dan screening kesehatan.
- Membuat laporan dan rekap data kesehatan.
- Berkoordinasi dengan tenaga kesehatan lainnya di Puskesmas.
- Melakukan kunjungan rumah ( home visit) ke pasien yang membutuhkan.
- Ikut serta dalam kegiatan kesehatan masyarakat lainnya sesuai arahan atasan.
Gajinya sendiri? Kalo kau mau tau kisarannya, kau mesti cari info dari sumber terpercaya kayak situs resmi pemerintah daerah atau bertanya langsung ke Puskesmas yang bersangkutan. Jangan percaya info ga jelas dari mbah google aja, ya. Soalnya, besarannya bervariasi banget.
Skill yang Dibutuhkan
Kalo kau pengen jadi dokter Puskesmas, kau butuh skill yang beragam, ga cuma kemampuan medis aja. Ini beberapa skill penting yang harus kau miliki:
Skill Medis:
- Kemampuan Diagnosa dan Pengobatan: Ini inti dari pekerjaannya. Kau harus bisa mendiagnosa penyakit dengan akurat dan memberikan pengobatan yang tepat, termasuk penanganan kasus darurat.
- Penanganan Pasien: Kau harus punya kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan pasien dari berbagai latar belakang, usia, dan kondisi kesehatan. Empati dan kesabaran juga penting banget.
- Prosedur Medis: Menguasai berbagai prosedur medis dasar, kayak penyuntikan, pengambilan sampel darah, dan pertolongan pertama.
- Pengetahuan Kesehatan Masyarakat: Memahami prinsip-prinsip kesehatan masyarakat, promosi kesehatan, dan pencegahan penyakit.
Skill Non-Medis:
- Kemampuan Komunikasi: Komunikasi verbal dan tertulis yang efektif sangat penting untuk berinteraksi dengan pasien, keluarga pasien, tenaga kesehatan lain, dan masyarakat.
- Kemampuan Manajemen Waktu: Kerja di Puskesmas seringkali padat dan menuntut kau untuk mengatur waktu dengan efisien.
- Kemampuan Kerja Tim: Kau akan bekerja sama dengan berbagai tenaga kesehatan lain di Puskesmas, jadi kemampuan kerja sama dan koordinasi yang baik sangat penting.
- Kemampuan Beradaptasi: Kondisi kerja di Puskesmas bisa berubah-ubah, jadi kau harus bisa beradaptasi dengan situasi yang berbeda dan memecahkan masalah dengan cepat.
- Kemampuan Problem Solving: Kau harus bisa menganalisa situasi, mencari solusi, dan mengambil keputusan dengan cepat, terutama dalam situasi darurat.
- Ketahanan Fisik dan Mental: Kerja sebagai dokter Puskesmas cukup melelahkan, baik secara fisik maupun mental, jadi kau perlu punya daya tahan yang baik.
- Kemampuan Leadership (Opsional, tapi bernilai tambah): Kalo kau punya skill leadership, kau bisa memimpin tim dan membimbing tenaga kesehatan lainnya.
Ingat, ini cuma gambaran umum. Syarat dan skill yang dibutuhkan bisa sedikit berbeda tergantung dari kebijakan masing-masing Puskesmas.
Cara Menjadi
Gini caranya kalo kau mau jadi dokter Puskesmas:
Lulus pendidikan dokter: Ini yang paling utama. Kau harus menyelesaikan pendidikan dokter di perguruan tinggi yang terakreditasi dan mendapatkan gelar S.Ked. Prosesnya panjang dan butuh usaha keras, ya.
Mengikuti program internship: Setelah lulus, kau wajib menjalani program internship atau co-ass selama 1 tahun. Ini penting buat ngasah skill dan pengalaman di lapangan.
Mendaftar dan mengikuti seleksi CPNS/ PPPK: Biasanya, penerimaan dokter Puskesmas dilakukan melalui jalur Civil Servant (CPNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kau harus rajin pantau pengumuman lowongan dari pemerintah daerah setempat. Seleksinya biasanya ketat, terdiri dari tes written test, tes kesehatan, dan tes wawancara.
Memenuhi syarat administrasi: Pastiin kau udah nyiapin semua berkas administrasi yang dibutuhkan, kayak ijazah, transkrip nilai, SKCK, dan lain-lain. Periksa persyaratan detailnya di pengumuman lowongan masing-masing daerah. Ga lengkap, ya ga bakal diterima.
Melakukan tes kesehatan: Ini tahap penting untuk memastikan kau sehat jasmani dan rohani untuk menjalankan tugas sebagai dokter.
Melakukan tes wawancara: Di tahap ini, kemampuan komunikasi, problem solving, dan leadership kau akan diuji. Persiapan yang matang sangat penting.
Pengangkatan sebagai CPNS/PPPK: Kalo kau lolos semua tahapan, kau akan diangkat sebagai CPNS atau PPPK dan resmi bertugas di Puskesmas.
Penempatan: Penempatan di Puskesmas biasanya ditentukan oleh pemerintah daerah, bisa sesuai dengan keinginan, tapi ga selalu terpenuhi. Siap-siap ditempatkan di daerah mana pun, ya, termasuk daerah terpencil.
Ingat, persaingan untuk jadi dokter Puskesmas cukup ketat. Usaha keras, persiapan matang, dan doa adalah kunci keberhasilan. Ga cuma itu, kau juga harus punya niat tulus untuk mengabdi kepada masyarakat.
Tau ga?
Kau bisa menghasilkan dari membaca.
Kau bisa menghasilkan dari share tulisan ini.
#hidupdariKARYA
Tau ga sih? Gaji dokter Puskesmas ternyata… surprisingly beda jauh dibanding gaji programmer atau marketing seangkatan!
Mau tau berapa persisnya dan apa aja yang bisa dibeli dengan gaji segitu?
Baca artikel lengkapnya sekarang dan share ke temen dan keluarga kamu!
Gimana nih?
Udah kebayang kan gimana serunya jadi Gaji Dokter Puskesmas?
Masih pengen tau tulisan berkaitan Gaji Dokter Puskesmas lainnya, cek pertanyaan Faling sering Aku ditanyaQin dibawah ini.
FAQ
Berapa gaji honorer di Puskesmas?
Rp2.250.148 per bulan.
Berapa gaji dokter di Puskesmas?
Rp3.849.573 per bulan.
Berapa gaji bidan?
Rp3.000.000-Rp7.000.000 per bulan.
Lulusan D3 keperawatan gajinya berapa?
Rp2.500.000-Rp3.000.000 per bulan.
Berapa gaji seorang perawat di Puskesmas?
Rp2.500.000-Rp5.000.000 per bulan.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Sumber
Soffya Ranti Mahmudah. 2022. Gaji Kerja di Puskesmas: Gaji PNS Puskesmas dan THL. www.mployee.id/gaji-kerja-di-puskesmas-gaji-pns-puskesmas-dan-thl/. kita baca pukul 16:00 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Redaksi bloombergtechnoz. 2024. Kuliahnya Mahal, Intip Tunjangan & Gaji Dokter di Indonesia. www.bloombergtechnoz.com/detail-news/30638/kuliahnya-mahal-intip-tunjangan-gaji-dokter-di-indonesia. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Putri Nur Azharah. 2024. Gaji Honorer Perawat di Rumah Sakit 2024 Berapa? Provinsi Jawa Tengah Capai Rp4 Juta Sebulan, Cek Rinciannya. www.ayobandung.com/umum/7912833684/gaji-honorer-perawat-di-rumah-sakit-2024-berapa-provinsi-jawa-tengah-capai-rp4-juta-sebulan-cek-rinciannya. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
aridla. 2024. Daftar Gaji Bidan 2024: Bisa Mencapai 7 juta Perbulan. www.asninstitute.id/gaji-bidan/. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Pemerintah Boyolali. 2022. PERATURAN BUPATI BOYOLALI NOMOR \2\ TAHUN 2022 TENTANG salinan REMUNERASI PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BOYOLALI. peraturan.bpk.go.id/Download/299305/Perbup%20Byl%20121_2022.pdf. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.