Gaji-Graphic-Designer

Berapa Gaji Graphic Designer?

Gaji Graphic Designer Indonesia adalah antara Rp 4.750.000 – Rp 6.750.000 per bulan.

Salam #MasBro #MbakBro

Struktur Gaji

Gaji Graphic Designer tergantung dari pengalaman, lokasi, dan jenis perusahaan tempat kau kerja.

Biasanya:

  • Junior Graphic Designer (pengalaman 1-2 tahun): Rp4.000.000-Rp6.000.000 per bulan.
  • Mid-level (pengalaman 3-5 tahun):
    Rp6.000.000-10.000.000.
  • Senior Graphic Designer (pengalaman > 5 tahun): Rp10.000.000 – Rp15.000.000.

Selain gaji pokok, banyak Graphic Designer yang juga dapet bonus dari proyek-proyek tambahan atau kerja freelance di luar jam kerja.

Job Desc

Bagaimana rasanya menjadi Desainer Grafis dengan Gaji yang memuaskan?

Profesi Graphic Designer merupakan profesi yang sudah ada sejak lama dan hasil pekerjaannya bisa dilihat di mana-mana.

Mulai dari iklan di televisi dan billboard, media sosial, atau produk fisik yang ada di sekitar. Dengan gaji Graphic Designer yang memuaskan, akan menjadi hal yang diimpikan bagi semua orang.

Untuk tugas dan kewajiban seorang Designer Grafis

  • Pertama,menentukan tema kecil.
  • Mengimplementasikan hasil riset lewat berbagai iterasi desain.
  • Selanjutnya, mampu menggunakan software yang biasa digunakan.
  • Lalu, meminta pendapat atau persetujuan dari pihak yang bertindak sebagai approval line.
  • Berkomunikasi dengan Account Executive, Account Manager, atau Client Partner terkait segala kebutuhan dan permintaan oleh klien.
  • Juga desainer grafis membuat logo yang keren.

Kemudian dalam kesehariannya, Desainer Grafis menggunakan elemen visual serta tekstual untuk menciptakan grafis yang menarik.

Terlebih lagi mereka melakukan tugas ini dengan mengandalkan berbagai macam alat, terutama software untuk graphic design seperti Adobe Illustrator, Photoshop, dan serupanya.

Sebagai tambahan:

Kerjaan Graphic Designer itu ga cuma bikin desain yang keren. Kau juga perlu ngerti gimana cara menyampaikan pesan lewat visual. Beberapa tugas yang biasanya kau bakal kerjain:

  • Buat konsep desain dari brief yang dikasih klien atau tim marketing.
  • Desain logo, poster, brosur, dan berbagai materi promosi lainnya.
  • Kolaborasi sama tim lain, kayak copywriter atau marketing buat nyiptain kampanye yang sesuai.
  • Revisi desain sesuai feedback.
  • Pastikan desain yang kau buat sesuai standar brand dan terlihat konsisten di semua platform.

Skill yang Dibutuhkan 

  • Skill Desain Grafis
  • Paham Animasi
  • Memiliki Jiwa Kreatif
  • Menguasai Software Motion Graphic
  • Manajemen Waktu yang Baik

Graphic Designer menggunakan:

  • Perangkat lunak desain grafis
  • Menggunakan font
  • Menggunakan warna terbaru untuk menciptakan karya seni digital yang menakjubkan.
  • Mereka mengatur tata letak elemen-elemen desain dalam sebuah poster.

Baca Juga:

Cara Menjadi Graphic Designer

Gimana caranya kalo kau pengen jadi Graphic Designer?

Ini langkah-langkah yang bisa kau tempuh:

  • Freelance:
    Banyak Graphic Designer yang mulai dari freelance buat nambah pengalaman dan klien.
  • Pendidikan:
    Meskipun ga wajib, tapi banyak Graphic Designer yang punya latar belakang pendidikan di bidang desain grafis, seni rupa, atau komunikasi visual.
  • Portofolio:
    Buatlah portofolio yang bagus dengan karya-karya terbaikmu. Portofolio ini bisa bantu nunjukin skill dan gaya desain yang kau punya.
  • Pengalaman Magang:
    Magang di design studio atau perusahaan bisa kasih pengalaman langsung dan jaringan di industri kreatif.
  • Belajar Software:
    Kuasai berbagai software desain yang lagi tren di industri, biar skill kau ga ketinggalan zaman.

#hidupdariKARYA

Tau ga?
Kau bisa menghasilkan dari membaca.
Kau bisa menghasilkan dari share tulisan ini.
Daftar↗️

Jenjang Karir Motion Graphic Designer

  • Junior Motion Graphic Designer.
  • Senior Motion Graphic Designer.
  • Art Director.
  • Creative Director.
  • Pemilik Agensi Desain.

Secara keseluruhan, itulah kisaran dan beberapa isi tentang Gaji Graphic Designer.

FAQ

Berapa gaji seorang graphic designer?

Gaji bulanan rata-rata untuk pekerjaan Desainer Grafis di Indonesia berkisar dari Rp 4.750.000 hingga Rp 6.750.000.

Graphic designer kerjanya apa?

Tugas Desainer Grafis

Mendesain halaman web, brosur, logo, tanda buku, sampul majalah, laporan tahunan iklan, konten promosi, konten media sosial, hingga materi komunikasi lainnya.

Berapa gaji illustrator?

Gaji bulanan rata-rata untuk pekerjaan Ilustrator di Indonesia berkisar dari Rp 4.730.000 hingga Rp 6.250.000.

Apa saja skill desain grafis?

Ini merupakan cara menjadi seorang graphic designer utama bagi mereka yang ingin membangun karir profesional dalam bidang ini.
Komunikasi dan Presentasi.
Kreativitas.
Komposisi dan Tipografi.
Skill Ilustrasi dan Menggambar.
Penguasaan Software.
Manajemen Waktu.
Problem Solving.

Apa saja jabatan desain grafis?

Jenjang Karier

Creative Director.

Junior Graphic Designer.

Senior Graphic Designer.

Art Director.

Senior Art Director.

Associate Creative Director.

Apa tugas utama seorang desainer grafis?

Membuat grafik visual menggunakan perangkat lunak komputer / dengan tangan, untuk mengkomunikasikan pesan tertentu secara efektif kepada audiens yang dituju.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber :

id.jobstreet.com, dibimbing.id. Kita baca pada pukul 14.32 WIB Sabtu 14 September 2024.