Gaji Kepala Puskesmas Puskesmas Rp1.300.000 gaji pokok per bulan. 📈
Salam #MasBro #MbakBro
Job Desk
Ga ada job desc gaji kepala puskesmas yang baku, karena itu tergantung kebijakan pemerintah daerah masing-masing. Gaji dan tunjangannya pun bervariasi, bergantung grade kepangkatan, masa kerja, lokasi puskesmas (daerah terpencil biasanya lebih tinggi), dan kebijakan incentive dari pemerintah setempat.
Namun, secara umum, tanggung jawab kepala puskesmas meliputi:
- Perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan seluruh kegiatan operasional puskesmas.
- Penyelenggaraan pelayanan kesehatan dasar, meliputi pengobatan, perawatan, dan pencegahan penyakit.
- Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) di puskesmas, termasuk training dan pengembangan staf.
- Pengelolaan keuangan dan administrasi puskesmas.
- Pembinaan dan pengembangan kerjasama dengan instansi terkait dan masyarakat.
- Pelaporan dan monitoring kegiatan puskesmas.
- Menjaga mutu pelayanan dan keselamatan pasien.
- Melaksanakan program kesehatan masyarakat, misalnya imunisasi, posyandu, dan sebagainya.
- Penanggung jawab pelaksanaan program kesehatan lingkungan.
Untuk mengetahui besaran gaji dan tunjangan yang diterima, kau harus mencari informasi di instansi pemerintahan setempat atau browsing situs website resmi pemerintah daerah terkait. Kalo ga nemu, coba hubungi langsung puskesmas yang bersangkutan.
Skill yang Dibutuhkan
Kalo mau jadi kepala puskesmas, kau butuh banyak skill, ga cuma soal medis aja. Berikut beberapa di antaranya:
Skill Medis & Klinis:
- Keahlian medis yang mumpuni: Ini dasar banget. Kau harus punya pengetahuan dan pengalaman yang luas dalam bidang kedokteran, sesuai dengan spesialisasi.
- Kemampuan diagnosa dan pengobatan yang akurat: Ketepatan dalam mendiagnosa dan memberikan pengobatan sangat penting.
- Penanganan pasien yang baik: Kemampuan berkomunikasi dan berempati dengan pasien itu krusial.
- Pengalaman manajemen kasus: Pengalaman mengelola kasus-kasus medis yang kompleks.
Skill Manajemen & Administrasi:
- Kemampuan manajemen dan kepemimpinan: Kau akan memimpin banyak orang dan mengelola sumber daya yang ada.
- Problem solving dan pengambilan keputusan: Kemampuan menyelesaikan masalah dan membuat keputusan yang tepat, terutama dalam situasi yang mendesak.
- Pengelolaan keuangan: Mengerti pengelolaan anggaran dan administrasi keuangan puskesmas.
- Public speaking dan komunikasi: Kemampuan menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif kepada berbagai pihak, termasuk staf, pasien, dan pemerintah.
- Manajemen SDM: Kemampuan memimpin, membimbing, dan memotivasi tim.
- Penggunaan teknologi informasi: Keterampilan dalam penggunaan software dan teknologi untuk manajemen data dan administrasi.
Skill Lainnya:
- Kemampuan bernegosiasi: Terutama dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.
- Networking yang baik: Membangun dan memelihara hubungan baik dengan instansi terkait dan masyarakat.
- Kesiapan kerja keras dan dedikasi: Menjadi kepala puskesmas menuntut dedikasi tinggi dan kerja keras.
- Time management: Kemampuan mengatur waktu dengan efektif.
Ingat, ga semua skill harus kau kuasai secara sempurna sejak awal. Yang penting kau punya dasar yang kuat dan semangat untuk terus belajar dan berkembang.
Cara Menjadi
Jalan menuju kursi kepala puskesmas ga mudah, butuh proses dan persyaratan yang harus kau penuhi. Secara garis besar, begini alurnya:
Pendidikan dan Pelatihan: Kau harus punya gelar dokter (S1 Kedokteran) minimal. Lebih bagus lagi kalo kau punya spesialisasi yang relevan, misalnya manajemen rumah sakit atau kesehatan masyarakat. Sertifikasi dan pelatihan manajemen kesehatan juga sangat diuntungkan.
Pengalaman Kerja: Pengalaman kerja di bidang kesehatan, khususnya di puskesmas, sangat penting. Semakin banyak pengalaman dan semakin tinggi posisi yang pernah kau pegang, semakin besar peluangmu. Pengalaman menangani manajemen operasional, keuangan, dan SDM di fasilitas kesehatan juga jadi nilai plus.
Pendaftaran dan Seleksi: Biasanya ada pengumuman resmi dari pemerintah daerah (provinsi/kabupaten/kota) terkait lowongan jabatan kepala puskesmas. Kau harus mendaftar dan mengikuti proses seleksi yang meliputi:
- Administrasi: Memenuhi persyaratan administrasi yang ditentukan.
- Tes tertulis: Meliputi tes kemampuan manajerial, pengetahuan kesehatan masyarakat, dan problem solving.
- Tes wawancara: Menilai kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan visi misi kau.
- Tes kesehatan: Memastikan kau dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.
- Assessment center (mungkin): Beberapa daerah mungkin melakukan assessment center untuk menilai kompetensi secara lebih komprehensif.
Pengangkatan: Kalo kau lolos seleksi, kau akan diangkat menjadi kepala puskesmas oleh pihak berwenang (biasanya dinas kesehatan setempat).
Pengembangan Karir: Setelah jadi kepala puskesmas, teruslah belajar dan kembangkan kemampuan leadership dan manajemenmu. Ini akan membantumu berkarier lebih tinggi di bidang kesehatan.
Ingat, persyaratan dan proses seleksi bisa berbeda-beda di setiap daerah. Sebaiknya kau cek info resmi dari pemerintah daerah atau dinas kesehatan setempat yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi yang paling akurat dan terbaru. Ga ada salahnya juga membaca peraturan dan perundangan terkait pengangkatan pejabat di instansi pemerintah.
Tau ga?
Kau bisa menghasilkan dari membaca.
Kau bisa menghasilkan dari share tulisan ini.
#hidupdariKARYA
Dengan gaji kepala puskesmas, apa yang bisa mereka beli? Rumah mewah? Mobil sport? Atau cukup untuk hidup nyaman? Temukan jawabannya di artikel ini! Share ke teman dan keluargamu, siapa tahu ada yang tertarik!
Gimana nih?
Udah kebayang kan gimana serunya jadi Gaji Kepala Puskesmas Puskesmas?
Masih pengen tau tulisan berkaitan Gaji Kepala Puskesmas Puskesmas lainnya, cek pertanyaan Faling sering Aku ditanyaQin dibawah ini.
FAQ
Berapa gaji honorer di Puskesmas?
Rp2.250.148 per bulan.
Berapa gaji dokter di Puskesmas?
Rp3.849.573 per bulan.
Berapa gaji bidan?
Rp3.000.000-Rp7.000.000 per bulan.
Lulusan D3 keperawatan gajinya berapa?
Rp2.500.000-Rp3.000.000 per bulan.
Berapa gaji seorang perawat di Puskesmas?
Rp2.500.000-Rp5.000.000 per bulan.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Sumber
Soffya Ranti Mahmudah. 2022. Gaji Kerja di Puskesmas: Gaji PNS Puskesmas dan THL. www.mployee.id/gaji-kerja-di-puskesmas-gaji-pns-puskesmas-dan-thl/. kita baca pukul 16:00 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Redaksi bloombergtechnoz. 2024. Kuliahnya Mahal, Intip Tunjangan & Gaji Dokter di Indonesia. www.bloombergtechnoz.com/detail-news/30638/kuliahnya-mahal-intip-tunjangan-gaji-dokter-di-indonesia. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Putri Nur Azharah. 2024. Gaji Honorer Perawat di Rumah Sakit 2024 Berapa? Provinsi Jawa Tengah Capai Rp4 Juta Sebulan, Cek Rinciannya. www.ayobandung.com/umum/7912833684/gaji-honorer-perawat-di-rumah-sakit-2024-berapa-provinsi-jawa-tengah-capai-rp4-juta-sebulan-cek-rinciannya. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
aridla. 2024. Daftar Gaji Bidan 2024: Bisa Mencapai 7 juta Perbulan. www.asninstitute.id/gaji-bidan/. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Pemerintah Boyolali. 2022. PERATURAN BUPATI BOYOLALI NOMOR \2\ TAHUN 2022 TENTANG salinan REMUNERASI PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BOYOLALI. peraturan.bpk.go.id/Download/299305/Perbup%20Byl%20121_2022.pdf. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.