Gaji Marketing Executive: Rp 3.000.000 – Rp 15.000.000, tergantung pengalaman dan kualifikasi yang kamu miliki.📊
Salam #MasBro #MbakBro,
Kamu tertarik dengan dunia pemasaran? Marketing Executive mungkin jadi posisi yang cocok buat kamu. Selain punya peran penting dalam pengembangan bisnis, gajinya juga lumayan menarik. Yuk, simak detailnya di bawah ini!
Struktur Gaji
Ini struktur gaji untuk Marketing Executive:
- Fresh graduate atau entry-level: Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000.
- Pengalaman 1–3 tahun: Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000.
- Pengalaman lebih dari 5 tahun: Rp 8.000.000 – Rp 15.000.000.
Gaji Marketing Executive bervariasi tergantung lokasi, industri, dan ukuran perusahaan. Jika bekerja di perusahaan besar atau multinasional, kamu bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Selain itu, bonus dan insentif juga menjadi komponen penting dalam struktur gaji posisi ini.
Job Desc
Ini job description untuk Marketing Executive:
- Mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan target pasar.
- Melakukan analisis pasar dan riset konsumen.
- Mengelola kampanye pemasaran, baik secara online maupun offline.
- Berkoordinasi dengan tim lain seperti sales, produk, dan desain untuk memastikan keberhasilan kampanye.
- Memantau dan menganalisis kinerja kampanye melalui metrik yang relevan.
Sebagai seorang Marketing Executive, kamu akan menjadi penghubung antara produk dan konsumen. Tugas ini menuntut kreativitas tinggi dan kemampuan analisis yang baik untuk memahami tren pasar.
Skill yang Dibutuhkan
Ini skill yang wajib kamu kuasai untuk bekerja sebagai Marketing Executive:
- Kemampuan komunikasi: Kamu harus bisa berkomunikasi secara efektif dengan berbagai pihak, dari tim internal hingga klien.
- Analisis data: Memahami data dan angka sangat penting untuk menilai keberhasilan kampanye pemasaran.
- Kreativitas: Ide-ide segar untuk menarik perhatian konsumen adalah kunci sukses dalam pemasaran.
- Pengetahuan digital marketing: Penguasaan media sosial, SEO, dan iklan digital akan sangat membantumu.
- Time management: Kamu perlu mengelola waktu dengan baik karena banyak kampanye dan tugas yang harus diselesaikan tepat waktu.
Skill-skill ini bukan hanya membuatmu lebih kompetitif di dunia kerja, tapi juga memberi kamu peluang untuk berkembang di posisi yang lebih tinggi.
Cara Menjadi Marketing Executive
Lalu gimana sih caranya menjadi Marketing Executive?
- Pendidikan: Lulusan dari jurusan pemasaran, bisnis, atau komunikasi biasanya lebih diprioritaskan. Namun, jika kamu punya pengalaman atau sertifikasi yang relevan, peluangmu tetap terbuka lebar.
- Pengalaman: Mulailah dari posisi entry-level seperti marketing assistant atau internship di perusahaan pemasaran untuk membangun portofolio dan pengalamanmu.
- Pelatihan: Ambil kursus atau sertifikasi di bidang digital marketing, analisis data, atau keterampilan pemasaran lainnya.
- Networking: Bergabunglah dengan komunitas atau acara yang diadakan oleh perusahaan atau organisasi terkait pemasaran. Networking bisa membuka banyak peluang.
Selain manfaat dari tulisan ini, kamu juga bisa menghasilkan dari membaca dan share tulisan. Silahkan daftar↗️
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Sumber:
KitaLulus. 2023. Marketing Executive: Pengertian, Tugas, Jenjang Karir, Kisaran Gaji. Link. Saya baca pukul 20:00 WIB, Minggu, 13 Oktober 2024.