Berapa Gaji Pengacara

Berapa Gaji Pengacara?

Penasaran ga sih berapa gaji seorang pengacara?

Perkiraan gajinya antara Rp 1.000.000-Rp 2.400.000.000.

Kenapa bisa segitu gajinya?
Nih, kita kasih gamblang soal gaji seorang pengacara. Bervariasi secara signifikan tergantung pada beberapa faktor, yaitu:
1. lokasi,
2. pengalaman,
3. spesialisasi hukum,
4. ukuran firma hukum tempat mereka bekerja, dan
5. tingkat kesuksesan mereka.

Jadi, tergantung di mana dan seberapa lama pengacara itu udah kerja, gajinya bisa beda-beda.

Berikut adalah perkiraan kisaran gaji untuk pengacara di berbagai tingkatan di Indonesia:

  1. Pengacara Junior & Magang:
    – Bervariasi
    – Magang: Rp. 2.000.000-Rp 3.000.000/bulan
    – Pengacara junior: Rp. 7.000.000-Rp 15.000.000/bulan
  2. Pengacara Senior
    – Rp 20.000.000/bulan
    Tergantung pengalaman dan firma hukumnya.
    Beda-beda tergantung jam terbang si pengacara.
  3. Variasi Gaji: Faktanya, gaji pengacara tergantung banget pada skill masing-masing dan firma hukumnya. Gaji bisa berbeda-beda. Bahkan ada pengacara terkenal kayak Hotman Paris yang bisa dapet honor sampai 1,3 miliar buat satu kasus!
  4. Spesialisasi Berpengaruh: Gaji juga bisa beda karena spesialisasi. Kalo kamu ahli di bidang tertentu, misalnya hukum bisnis atau pajak, bisa dapet gaji lebih gede lagi.
  5. Gaji Berdasarkan Firma Hukum: Gaji pengacara juga tergantung firma hukum tempat kerjanya. Firma besar atau asing punya tarif beda.
  6. Firma Hukum Berafiliasi Asing: Partner bisa dapet sekitar 1,8-2,4 miliar. Senior Associate bisa dapat 1,3-1,5 miliar. Associate sekitar 700 juta – 1,3 miliar. Junior-Mid Associate 300 juta – 600 juta.
  7. Firma Hukum Tidak Berafiliasi Asing: Partner bisa dapat 900 juta – 1,8 miliar. Senior Associate sekitar 500 juta – 1 miliar. Associate kira-kira 400 juta – 650 juta.
  8. Gaji In-House Counsel: Kalo jadi pengacara di perusahaan (in-house counsel), gajinya juga variasi. Posisi Head of Legal sekitar 900 juta – 1,3 miliar. Legal Counsel 700 juta – 1,3 miliar. Legal Director 1,75 miliar – 2,4 miliar. Corporate Secretary Manager 600 juta – 1 miliar.

Kalo soal besaran gaji, itu biasanya didiskusiin antara pengacara dan klien. Ada beberapa metode penghitungan, kayak tarif kontingensi (dari hasil kemenangan), tarif per jam, tarif pasti, dan sebagainya. Besaran gajinya bisa disesuaikan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Intinya, gaji pengacara beda-beda tergantung level, pengalaman, spesialisasi, dan firma hukumnya. Tapi gak cuma itu, faktor kemampuan individu juga main peran. Yang pasti, gaji pengacara itu hak mereka, seperti diatur dalam UU Advokat.

Tapi inget, angka-angka ini cuma perkiraan dan bisa berubah. Gaji pengacara juga tergantung sama kondisi ekonomi dan perkembangan dunia hukum di Indonesia. Jadi, buat info yang lebih pasti dan up-to-date, mendingan cek dari sumber resmi, seperti seperti situs web penggajian, survei gaji, laporan industri, atau asosiasi profesi hukum di Indonesia.

Gimana, udah lebih paham kan soal gaji pengacara?

Mau tau info lainnya seputar pengacara? Silakan komen ya.

Sumber

Cdcbpsdmi kemenperin (writer). 2023. Daftar Gaji Pengacara Dari Level Junior Sampai Senior Di Indonesia. kita baca pukul 08:00 WIB, Selasa, 15 Agustus 2023. cdcbpsdmi.kemenperin.go.id/article/detail/daftar-gaji-pengacara-dari-level-junior-sampai-senior-di-indonesia
Nafiatul Munawaroh (writer). 2023. Gaji Pengacara dan Acuan Hukum dalam Menentukan Nominalnya. kita baca pukul 07:10 WIB, Selasa, 15 Agustus 2023. hukumonline.com/klinik/a/gaji-pengacara-dan-acuan-hukum-dalam-menentukan-nominalnya-lt5ce66718518de

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *