Gaji Perawat di Puskesmas

Berapa Gaji Perawat di Puskesmas?

Gaji Perawat di Puskesmas adalah sekitar Rp 2,2 juta sampai Rp 2,5 juta. Selain menerima gaji pokok, perawat di puskesmas juga akan menerima berbagai tunjangan seperti tunjangan daerah, insentif khusus tenaga kesehatan (nakes), kapitasi, biaya operasional kesehatan, perjalanan dinas atau transportasi lokal, uang makan, dan lainnya. Sehingga besarannya dapat berbeda-beda tergantung status kepegawaian dan lokasi perawat bekerja.

Salam #Masbro #Mbakbro

Berikut adalah struktur gaji dari Perawat di Puskesmas

Struktur Gaji

Gaji perawat di Puskesmas tidak hanya terdiri dari gaji pokok, tetapi juga mencakup berbagai tunjangan dan benefit lainnya. Berikut adalah struktur gaji seorang perawat di Puskesmas, berdasarkan standar untuk tenaga kesehatan di instansi pemerintahan dan fasilitas kesehatan lainnya di Indonesia.

  1. Gaji Pokok
    Gaji pokok perawat di Puskesmas dapat berkisar antara Rp 2.500.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan. Besaran gaji pokok ini biasanya ditentukan berdasarkan tingkat pendidikan, masa kerja, dan golongan PNS (Pegawai Negeri Sipil) jika mereka merupakan pegawai tetap. Perawat dengan kualifikasi D3 Keperawatan atau S1 Keperawatan dan Ners biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi.
  2. Status kepegawaian di area terpencil
    PNS/CPNS: Rp2.021.035
    Honorer/Kontrak: Rp681.022
    PTT pusat/daerah: Rp3.021.359
    Sukarelawan: Rp617.453
    Magang: –
  3. Status kepegawaian di area sangat terpencil
    PNS/CPNS: Rp1.382.335
    Honorer/Kontrak: Rp555.000
    PTT pusat/daerah: Rp871.333
    Sukarelawan: Rp358.000
    Magang: Rp500.000
  4. Status kepegawaian di area biasa
    PNS/CPNS: Rp2.376.712
    Honorer/Kontrak: Rp1.218.650
    PTT pusat/daerah: Rp3.666.081
    Sukarelawan: Rp756.957
    Magang: Rp 400.000

Job Desc

Berikut adalah beberapa tugas utama yang dilakukan oleh perawat di Puskesmas:

  1. Memberikan Layanan Kesehatan Dasar :
    Perawat di Puskesmas bertanggung jawab memberikan layanan kesehatan dasar seperti imunisasi, perawatan luka, pemeriksaan kesehatan rutin, dan pemberian obat kepada pasien.
  2. Edukasi dan Penyuluhan Kesehatan :
    Perawat juga memiliki peran dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kesehatan, pola hidup sehat, serta pencegahan penyakit.
  3. Asistensi dalam Pelayanan Medis :
    Perawat di Puskesmas sering membantu dokter dalam melakukan prosedur medis, seperti pemeriksaan fisik, pengambilan sampel darah, serta administrasi medis lainnya.
  4. Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak :
    Salah satu tugas utama di Puskesmas adalah pelayanan kesehatan ibu dan anak, di mana perawat ikut serta dalam pemeriksaan kehamilan, imunisasi bayi, dan program gizi anak.
  5. Administrasi Kesehatan :
    Perawat di Puskesmas juga bertanggung jawab dalam pengelolaan catatan medis pasien, laporan harian, dan administrasi lainnya terkait pelayanan kesehatan.

Skill yang Dibutuhkan

Untuk bekerja sebagai perawat di Puskesmas, seseorang harus memiliki beberapa keterampilan penting seperti:

  • Keterampilan Medis: Menguasai teknik keperawatan dasar, pengetahuan tentang penyakit, dan cara menangani pasien.
  • Keterampilan Komunikasi: Kemampuan berkomunikasi dengan pasien, keluarga, dan rekan kerja secara efektif.
  • Empati dan Ketahanan Emosional: Perawat harus memiliki empati tinggi terhadap pasien dan mampu mengelola stres dalam situasi yang menekan.
  • Keterampilan Manajemen Waktu: Mampu menangani banyak pasien dan memastikan pelayanan diberikan dengan efisien.

Daftar Gaji Posisi Lain

Ada juga beberapa daftar gaji di posisi lain yang di antaranya bisa menjadi referensi bagi kamu dalam mencari pekerjaan:

Semoga daftar informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kamu dalam merencanakan karier dan mencari pekerjaan yang sesuai kedepannya ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber:

https://kumparan.com/berita-bisnis/berapa-gaji-perawat-di-puskesmas-dan-rumah-sakit-berikut-rinciannya-1zFF9x79Kpp/full