Berapa Gaji di Puskesmas, Perawat, Bidan, Dokter - tulisIN - kekitaan - karya selesaiin masalah

Berapa Gaji Perawat Puskesmas?

Gaji Perawat Puskesmas Rp2.250.148 gaji pokok per bulan. 📈

Salam #MasBro #MbakBro

Job Desk

Ga ada job desc gaji perawat puskesmas yang baku, karena tergantung daerah dan kebijakan pemerintah setempat. Gaji juga dipengaruhi oleh grade kepangkatan dan masa kerja. Tapi secara umum, tugas pokok perawat puskesmas meliputi:

  • Memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat.
  • Melakukan pemeriksaan kesehatan, pengobatan, dan perawatan pasien.
  • Melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.
  • Melakukan imunisasi.
  • Melakukan pencatatan dan pelaporan data kesehatan.
  • Membantu dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan.
  • Melakukan kunjungan rumah (KHD) ke pasien yang membutuhkan.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan kesehatan masyarakat lainnya sesuai arahan atasan.

Kalo kau mau tau kisaran gaji, lebih baik kau cari info di website resmi pemerintahan daerah setempat atau langsung tanya ke puskesmas yang bersangkutan. Gaji perawat puskesmas biasanya berupa gaji pokok ditambah tunjangan, seperti tunjangan kinerja, tunjangan daerah, dan lain-lain. Jadi, jumlahnya ga tetap dan bervariasi.

Skill yang Dibutuhkan

Kalo mau jadi perawat puskesmas, kau butuh banyak skill, ga cuma skill medis aja. Berikut beberapa skill penting yang dibutuhkan:

Skill Medis & Klinis:

  • Kemampuan melakukan tindakan medis dasar: Seperti pengukuran tekanan darah, suhu tubuh, berat badan, dan lain-lain. Juga kemampuan memberikan injeksi, memasang infus (kalo sudah terlatih), perawatan luka, dan penanganan kondisi medis umum.
  • Pengetahuan tentang berbagai penyakit: Setidaknya pengetahuan dasar tentang penyakit umum yang sering dijumpai di masyarakat.
  • Kemampuan berkomunikasi dengan pasien: Pasien harus merasa nyaman dan dihargai. Kau harus bisa menjelaskan kondisi mereka dengan jelas dan mudah dipahami.
  • Pengambilan keputusan yang cepat dan tepat: Terutama dalam situasi emergency.
  • Kemampuan memberikan edukasi kesehatan: Memberikan penyuluhan tentang kesehatan kepada pasien dan keluarga mereka.

Skill Non-Medis:

  • Kemampuan administrasi: Mencatat riwayat kesehatan pasien, membuat laporan, dan mengelola file medis.
  • Kemampuan bekerja dalam tim: Perawat puskesmas sering bekerja sama dengan dokter, bidan, dan tenaga kesehatan lainnya.
  • Kemampuan problem-solving: Menangani masalah dan situasi yang ga terduga dengan tenang dan efektif.
  • Kemampuan komunikasi interpersonal yang baik: Baik dengan pasien, keluarga pasien, rekan kerja, dan masyarakat sekitar.
  • Kemampuan manajemen waktu yang baik: Mengatur waktu dengan efektif untuk menangani banyak pasien dan tugas.
  • Kemampuan adaptasi: Puskesmas sering menghadapi situasi yang berbeda-beda, kau harus bisa beradaptasi dengan cepat.
  • Empati dan human skill yang tinggi: Penting untuk menunjukkan rasa peduli dan perhatian kepada pasien.

Ingat, selain skill, kau juga butuh pendidikan dan sertifikasi yang sesuai. Jadi, persiapkan dirimu dengan baik ya!

Cara Menjadi

Gini caranya kalo kau mau jadi perawat puskesmas:

  1. Pendidikan: Kau harus lulus pendidikan formal keperawatan yang diakui pemerintah. Biasanya, minimal Diploma III Keperawatan (DIII Keperawatan) atau Sarjana Keperawatan (S.Kep). Semakin tinggi pendidikan, semakin banyak peluang dan mungkin gaji yang lebih besar.

  2. Lisensi/STR: Setelah lulus pendidikan, kau wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dari konsil keperawatan. STR ini membuktikan kau sudah terdaftar secara resmi sebagai perawat dan berwenang menjalankan praktik keperawatan.

  3. Pengalaman (opsional, tapi disarankan): Walaupun ga selalu diharuskan, pengalaman kerja, misalnya magang atau kerja di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lain, akan meningkatkan peluang kau diterima.

  4. Lamaran Kerja: Cari info lowongan pekerjaan perawat puskesmas di daerahmu. Biasanya informasi ini ada di website resmi pemerintah daerah, website job portal, atau langsung ke puskesmas yang bersangkutan. Siapkan berkas lamaran yang lengkap dan menarik.

  5. Seleksi: Biasanya ada proses seleksi, bisa berupa tes tertulis, tes wawancara, atau tes kesehatan. Persiapkan dirimu dengan baik untuk setiap tahapan seleksi.

  6. Penempatan: Kalo kau lolos seleksi, kau akan ditempatkan di puskesmas sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan pemerintah daerah.

Intinya, siapkan dirimu dengan pendidikan yang sesuai, lisensi yang lengkap, dan skill yang mumpuni. Ga lupa juga persiapkan diri untuk proses seleksi yang kompetitif. Semoga berhasil!

Tau ga?
Kau bisa menghasilkan dari membaca.
Kau bisa menghasilkan dari share tulisan ini.

#hidupdariKARYA

Tau ga sih, gaji perawat puskesmas ternyata lebih rendah dibanding salary programmer pemula, tapi tanggung jawabnya menyelamatkan nyawa! Penasaran seberapa besar sih sebenarnya? Baca artikel lengkapnya sekarang dan share ke temen & keluarga yang butuh tau!

Gimana nih?
Udah kebayang kan gimana serunya jadi Gaji Perawat Puskesmas?

Masih pengen tau tulisan berkaitan Gaji Perawat Puskesmas lainnya, cek pertanyaan Faling sering Aku ditanyaQin dibawah ini.

FAQ

Berapa gaji honorer di Puskesmas?

Rp2.250.148 per bulan.

Berapa gaji dokter di Puskesmas?

Rp3.849.573 per bulan.

Berapa gaji bidan?

Rp3.000.000-Rp7.000.000 per bulan.

Lulusan D3 keperawatan gajinya berapa?

Rp2.500.000-Rp3.000.000 per bulan.

Berapa gaji seorang perawat di Puskesmas?

Rp2.500.000-Rp5.000.000 per bulan.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber

Soffya Ranti Mahmudah. 2022. Gaji Kerja di Puskesmas: Gaji PNS Puskesmas dan THL. www.mployee.id/gaji-kerja-di-puskesmas-gaji-pns-puskesmas-dan-thl/. kita baca pukul 16:00 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Redaksi bloombergtechnoz. 2024. Kuliahnya Mahal, Intip Tunjangan & Gaji Dokter di Indonesia. www.bloombergtechnoz.com/detail-news/30638/kuliahnya-mahal-intip-tunjangan-gaji-dokter-di-indonesia. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Putri Nur Azharah. 2024. Gaji Honorer Perawat di Rumah Sakit 2024 Berapa? Provinsi Jawa Tengah Capai Rp4 Juta Sebulan, Cek Rinciannya. www.ayobandung.com/umum/7912833684/gaji-honorer-perawat-di-rumah-sakit-2024-berapa-provinsi-jawa-tengah-capai-rp4-juta-sebulan-cek-rinciannya. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
aridla. 2024. Daftar Gaji Bidan 2024: Bisa Mencapai 7 juta Perbulan. www.asninstitute.id/gaji-bidan/. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Pemerintah Boyolali. 2022. PERATURAN BUPATI BOYOLALI NOMOR \2\ TAHUN 2022 TENTANG salinan REMUNERASI PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BOYOLALI. peraturan.bpk.go.id/Download/299305/Perbup%20Byl%20121_2022.pdf. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.