Gaji PNS Golongan 3

Berapa Gaji PNS Golongan 3?

Buat yang penasaran sama gaji PNS golongan 3, simak infonya di bawah ini:

Golongan III (Penata):

  • IIIa: Rp2.579.400 – Rp4.797.000
  • IIIb: Rp2.688.500 – Rp4.415.600
  • IIIc: Rp2.802.300 – Rp4.602.400
  • IIId: Rp2.920.800 – Rp4.797.000

Gaji dan tunjangan PNS (Pegawai Negeri Sipil) merupakan komponen-komponen dalam sistem penghasilan PNS di Indonesia.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai gaji dan tunjangan PNS:

  1. Gaji Pokok:
    • Gaji pokok adalah jumlah uang yang diterima oleh PNS sebagai dasar penghasilan.
    • Besaran gaji pokok ditentukan berdasarkan golongan dan pangkat PNS.
  2. Tunjangan Keluarga:
    • PNS yang memiliki tanggungan keluarga berhak menerima tunjangan keluarga.
    • Besaran tunjangan keluarga ditetapkan sesuai dengan jumlah tanggungan keluarga.
  3. Tunjangan Jabatan/Struktural:
    • PNS yang menduduki jabatan atau struktural tertentu dapat menerima tunjangan jabatan atau struktural.
    • Besaran tunjangan ini berbeda-beda tergantung pada tingkat jabatan atau struktural yang diemban.
  4. Tunjangan Kinerja (Tukin):
    • Tunjangan kinerja adalah tunjangan yang diberikan berdasarkan penilaian kinerja dan prestasi kerja PNS.
    • Besaran tunjangan ini dapat bervariasi dan tergantung pada hasil evaluasi kinerja.
  5. Uang Dinas:
    • PNS yang melakukan perjalanan dinas atau tugas tertentu berhak mendapatkan uang dinas.
    • Uang dinas mencakup biaya transportasi, akomodasi, dan biaya lainnya yang terkait dengan tugas dinas.
  6. Tunjangan Fungsional:
    • PNS yang memiliki keahlian atau keterampilan khusus di bidang tertentu dapat menerima tunjangan fungsional.
    • Besaran tunjangan ini disesuaikan dengan kualifikasi dan keahlian yang dimiliki.
  7. Gaji ke-13:
    • Gaji ke-13 adalah pembayaran tambahan yang diberikan satu kali dalam setahun, biasanya pada bulan Juni atau Juli.
    • Besaran gaji ke-13 setara dengan satu kali gaji pokok PNS.

Seluruh komponen tersebut membentuk total penghasilan seorang PNS. Besaran gaji dan tunjangan PNS dapat bervariasi tergantung pada golongan, pangkat, dan faktor-faktor lainnya. Informasi lebih lanjut mengenai besaran gaji dan tunjangan PNS dapat ditemukan dalam regulasi pemerintah yang berlaku.

Jadi, itu tadi seputar gaji PNS golongan 3. Semoga info ini bermanfaat buat kamu yang lagi cari tahu! 💼💰

Sumber
Nur Jamal Shaid. 2023. Daftar Gaji PNS 2023 dan Sederet Tunjangannya. kita baca pukul 07:10 WIB, Rabu, 10 Oktober. https://money.kompas.com/read/2023/07/17/174533526/daftar-gaji-pns-2023-dan-sederet-tunjangannya?page=all

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *