Gaji PNS Puskesmas Golongan IVa Rp 3.044.300-Rp 5.000.000 per bulan. 📈
Salam #MasBro #MbakBro
Job Desk
Jabatan Fungsional Dokter/Perawat/Bidan di Puskesmas Golongan IVa
Deskripsi Pekerjaan:
Kau bertanggung jawab atas management dan supervisi layanan kesehatan di Puskesmas, memberikan pelayanan kesehatan komprehensif kepada masyarakat, mengarahkan dan mengawasi tim kesehatan di bawah naunganmu, serta berperan aktif dalam program-program kesehatan masyarakat.
Tugas dan Tanggung Jawab:
- Menyusun dan melaksanakan rencana kerja Puskesmas sesuai dengan kebijakan pemerintah dan kebutuhan masyarakat.
- Memberikan pelayanan kesehatan kuratif dan preventif secara profesional dan evidence-based.
- Melakukan supervisi dan pembinaan terhadap staf di Puskesmas, memastikan kualitas pelayanan kesehatan yang optimal.
- Mengatur dan mengawasi penggunaan resource dan budget Puskesmas secara efektif dan efisien.
- Membangun kerjasama dan koordinasi dengan instansi terkait (rumah sakit, puskesmas lain, dll) dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan.
- Melakukan monitoring dan evaluasi program kesehatan secara berkala.
- Memberikan laporan berkala kepada atasan tentang kinerja Puskesmas.
- Menangani kasus-kasus kesehatan yang kompleks dan merujuk pasien ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi kalo diperlukan.
- Bertanggung jawab atas keamanan dan ketersediaan supplies medis di Puskesmas.
- Berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengembangan kapasitas sumber daya manusia Puskesmas.
- Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan profesional.
- Menjaga kerahasiaan data pasien.
- Mematuhi aturan dan etika profesi.
- Menjalankan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan kebutuhan Puskesmas.
Kualifikasi:
- Pendidikan minimal Dokter/Perawat/Bidan dengan pendidikan profesi yang sesuai.
- Memiliki Surat Izin Kerja (SIK) yang masih berlaku.
- Pengalaman kerja minimal 10 tahun di bidang kesehatan.
- Menguasai software dan aplikasi komputer yang relevan.
- Mempunyai kemampuan kepemimpinan dan manajemen yang baik.
- Mempunyai kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik.
- Berdedikasi tinggi dan bertanggung jawab.
- Sehat jasmani dan rohani.
Catatan: Deskripsi pekerjaan ini bersifat umum dan bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan dan kebijakan Puskesmas masing-masing.
Skill yang Dibutuhkan
Skill yang dibutuhkan untuk menjadi PNS Puskesmas Golongan IVa sangat beragam, tergantung pada bidang keahlian (dokter, perawat, bidan, dll). Namun, secara umum, kau membutuhkan skill berikut:
Skill Teknis:
- Keahlian Medis/Keperawatan/Kebidanan: Ini merupakan skill inti dan paling penting. Kau harus menguasai prosedur dan praktik medis/keperawatan/kebidanan yang sesuai dengan bidang keahlianmu, termasuk diagnosis, treatment, dan management kasus. Khususnya untuk golongan IVa, keahlian yang mendalam dan advance sangat dibutuhkan.
- Penanganan Darurat Medik: Kemampuan untuk menangani situasi darurat medis dengan cepat dan efektif, termasuk CPR dan pertolongan pertama.
- Penggunaan Alat Kesehatan: Keterampilan dalam penggunaan berbagai alat kesehatan, baik peralatan diagnostik maupun peralatan terapi.
- Pengumpulan dan Analisis Data Kesehatan: Kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data kesehatan untuk monitoring dan evaluasi program.
- Pengetahuan tentang Public Health: Pemahaman tentang prinsip-prinsip kesehatan masyarakat, epidemiologi, dan health promotion.
Skill Manajerial dan Kepemimpinan:
- Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM): Kemampuan untuk memimpin, membimbing, dan supervise tim kerja di bawah naunganmu. Ini termasuk recruitment, pelatihan, dan performance management.
- Manajemen Keuangan: Kemampuan untuk mengelola budget dan resource Puskesmas secara efektif dan efisien.
- Perencanaan dan Pengorganisasian: Kemampuan untuk merencanakan dan mengorganisir program dan kegiatan Puskesmas secara efektif.
- Pengambilan Keputusan: Kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat dan cepat, terutama dalam situasi yang kompleks.
- Penyelesaian Masalah (Problem Solving): Kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah yang muncul dalam operasional Puskesmas.
- Kepemimpinan dan Motivasi Tim: Mampu memotivasi dan mengarahkan tim untuk mencapai tujuan bersama.
Skill Komunikasi dan Interpersonal:
- Komunikasi Efektif: Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan pasien, keluarga pasien, kolega, dan masyarakat.
- Keterampilan Interpersonal yang Baik: Kemampuan untuk membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak, termasuk pasien, keluarga pasien, dan rekan kerja.
- Kerja Sama Tim (Teamwork): Kemampuan untuk bekerja sama dengan tim dan berbagai pihak dalam rangka mencapai tujuan bersama.
- Presentasi: Kemampuan untuk mempresentasikan informasi dengan jelas dan menarik.
Skill Tambahan:
- Keterampilan Computer Literacy: Keahlian dalam penggunaan komputer dan software aplikasi yang relevan.
- Kemampuan untuk manage stress: Bekerja di Puskesmas seringkali membutuhkan kemampuan untuk manage stress dan tekanan kerja yang tinggi.
- Keahlian dalam penulisan laporan: Kemampuan untuk membuat laporan yang akurat dan tepat waktu.
Kalo kau memiliki kombinasi skill di atas, kau akan memiliki peluang yang lebih besar untuk sukses sebagai PNS Puskesmas Golongan IVa. Ingat, pengalaman kerja juga sangat penting.
Cara Menjadi
Jadi PNS Puskesmas Golongan IVa ga semudah membalikkan telapak tangan. Butuh proses dan persiapan yang matang. Berikut langkah-langkah umumnya:
Memenuhi Syarat Administrasi: Pastikan kau memenuhi semua persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh pemerintah, termasuk :
- Memiliki kewarganegaraan Indonesia.
- Sehat jasmani dan rohani.
- Ga pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
- Ga pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS, anggota TNI, atau Polri.
- Berusia minimal 20 tahun dan maksimal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Memiliki ijazah pendidikan minimal S1 sesuai dengan bidang keahlian (Kedokteran, Keperawatan, Kebidanan, dll).
- Memiliki Surat Izin Kerja (SIK) yang masih berlaku (untuk profesi kesehatan).
- Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh instansi terkait.
Mendaftar CPNS/P3K: Peluang untuk menjadi PNS Puskesmas biasanya melalui jalur rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) atau P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Kau harus memantau pengumuman resmi dari website resmi BKN (Badan Kepegawaian Negara) dan kementerian/lembaga terkait. Ikuti semua tahapan seleksi dengan sungguh-sungguh.
Mengikuti Seleksi: Tahapan seleksi biasanya meliputi:
- Seleksi Administrasi: Pengecekan kelengkapan dan kebenaran dokumen persyaratan.
- Seleksi Kompetensi: Tes Computer Assisted Test (CAT) yang mengukur kemampuan inteligensi umum, kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan penalaran. Untuk profesi kesehatan, biasanya ada tes skill khusus.
- Tes Kesehatan: Pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani.
- Tes Kepercayaan Diri: untuk mengevaluasi kepribadian dan kemampuan interpersonal.
- Wawancara: Untuk menilai kesesuaian kepribadian dan kemampuan kau dengan pekerjaan.
- Tes Minat dan Bakat (tergantung kebutuhan)
Melakukan Pelatihan dan Pembinaan: Kalo kau lolos seleksi, kau akan diangkat menjadi CPNS/P3K dan akan mengikuti masa pelatihan dan pembinaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ini penting untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi kau.
Pengangkatan Menjadi PNS: Setelah melalui masa pelatihan dan pembinaan dengan baik, kau akan diangkat menjadi PNS dengan pangkat dan golongan tertentu. Pengangkatan ke golongan IVa membutuhkan waktu dan proses upgrade pangkat berdasarkan performance dan masa kerja.
Tips Tambahan:
- Siapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi setiap tahapan seleksi. Pelajari materi yang relevan dan berlatih secara intensif.
- Manfaatkan waktu untuk memperluas skill dan pengalaman kerja, terutama di bidang kesehatan.
- Jaga kesehatan dan tetap optimis.
Proses ini cukup panjang dan kompetitif, jadi persiapkan diri kau dengan baik dan jangan mudah menyerah. Semoga berhasil!
Tau ga?
Kau bisa menghasilkan dari membaca.
Kau bisa menghasilkan dari share tulisan ini.
#hidupdariKARYA
Bayangkan, dengan gaji PNS Puskesmas Golongan IVa, kamu bisa beli apa aja? Motor baru? Liburan keluarga? Atau bahkan rumah kecil? Kepo? Yuk, langsung cek artikel selengkapnya dan share ke orang terdekat kamu!
Gimana nih?
Udah kebayang kan gimana serunya jadi PNS Puskesmas Golongan IVa?
Masih pengen tau tulisan berkaitan PNS Puskesmas Golongan IVa lainnya, cek pertanyaan Faling sering Aku ditanyaQin dibawah ini.
FAQ
Berapa gaji honorer di Puskesmas?
Rp2.250.148 per bulan.
Berapa gaji dokter di Puskesmas?
Rp3.849.573 per bulan.
Berapa gaji bidan?
Rp3.000.000-Rp7.000.000 per bulan.
Lulusan D3 keperawatan gajinya berapa?
Rp2.500.000-Rp3.000.000 per bulan.
Berapa gaji seorang perawat di Puskesmas?
Rp2.500.000-Rp5.000.000 per bulan.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Sumber
Soffya Ranti Mahmudah. 2022. Gaji Kerja di Puskesmas: Gaji PNS Puskesmas dan THL. www.mployee.id/gaji-kerja-di-puskesmas-gaji-pns-puskesmas-dan-thl/. kita baca pukul 16:00 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Redaksi bloombergtechnoz. 2024. Kuliahnya Mahal, Intip Tunjangan & Gaji Dokter di Indonesia. www.bloombergtechnoz.com/detail-news/30638/kuliahnya-mahal-intip-tunjangan-gaji-dokter-di-indonesia. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Putri Nur Azharah. 2024. Gaji Honorer Perawat di Rumah Sakit 2024 Berapa? Provinsi Jawa Tengah Capai Rp4 Juta Sebulan, Cek Rinciannya. www.ayobandung.com/umum/7912833684/gaji-honorer-perawat-di-rumah-sakit-2024-berapa-provinsi-jawa-tengah-capai-rp4-juta-sebulan-cek-rinciannya. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
aridla. 2024. Daftar Gaji Bidan 2024: Bisa Mencapai 7 juta Perbulan. www.asninstitute.id/gaji-bidan/. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Pemerintah Boyolali. 2022. PERATURAN BUPATI BOYOLALI NOMOR \2\ TAHUN 2022 TENTANG salinan REMUNERASI PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BOYOLALI. peraturan.bpk.go.id/Download/299305/Perbup%20Byl%20121_2022.pdf. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.