Gaji PNS Puskesmas Golongan IVb Rp 3.173.100-Rp 5.211.500 per bulan. 📈
Salam #MasBro #MbakBro
Job Desk
Berikut gambaran umum Job Desc PNS Puskesmas Golongan IVb, dengan perubahan sesuai ketentuan yang diminta:
Jabatan: Kepala Puskesmas (atau posisi setara di Golongan IVb, bisa juga penanggung jawab program tertentu dengan wewenang yang luas)
Tanggung Jawab Utama:
- Memimpin dan mengawasi seluruh kegiatan operasional Puskesmas.
- Menjamin pelayanan kesehatan berkualitas dan merata bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas.
- Membuat planning, monitoring, dan evaluasi kinerja Puskesmas dan seluruh staf.
- Bertanggung jawab atas pengelolaan budget dan sumber daya Puskesmas.
- Menjalin partnership dengan instansi terkait dan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.
- Melaksanakan kebijakan kesehatan dari pemerintah daerah dan kemenkes.
- Melaporkan secara berkala kinerja Puskesmas kepada atasan.
- Membina dan mengembangkan kapasitas sumber daya manusia Puskesmas.
- Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan profesional.
- Menangani complaints dan feedback dari masyarakat.
- Memastikan ketersediaan logistik dan equipment kesehatan yang memadai.
- Mengawal dan memastikan pelaksanaan program kesehatan nasional di tingkat Puskesmas.
- Kalo ada masalah, kau harus bisa menyelesaikannya dengan baik dan bijak.
Tugas Pokok:
Tugas pokok akan lebih spesifik tergantung pada struktur organisasi Puskesmas dan spesialisasi Kepala Puskesmas. Beberapa contoh:
- Memimpin rapat dan membuat keputusan.
- Mengawasi kinerja staf medis dan paramedis.
- Mengatur jadwal kerja staf.
- Merencanakan dan melaksanakan kegiatan promosi kesehatan.
- Melakukan supervisi dan pembinaan terhadap petugas Puskesmas.
- Menangani kasus-kasus kesehatan darurat.
- Menyusun laporan berkala.
- Berkoordinasi dengan lintas sektor terkait.
- Menjaga kerahasiaan data pasien.
Kualifikasi:
- PNS Golongan IVb
- Pendidikan minimal Dokter Umum (atau sesuai kualifikasi jabatan)
- Pengalaman kerja minimal sesuai dengan ketentuan kepegawaian.
- Memiliki sertifikat keahlian yang relevan.
- Menguasai software dan aplikasi perkantoran.
- Memiliki kemampuan kepemimpinan, problem solving, dan komunikasi yang baik.
Catatan: Ini hanyalah gambaran umum. Job description sebenarnya akan lebih detail dan spesifik, disesuaikan dengan peraturan dan kebutuhan masing-masing Puskesmas. Perlu dicek kembali pada peraturan kepegawaian yang berlaku.
Skill yang Dibutuhkan
Skill yang dibutuhkan untuk menjadi PNS Puskesmas Golongan IVb sangat beragam, karena posisi ini umumnya merupakan posisi kepemimpinan. Berikut beberapa skill penting yang harus dimiliki:
I. Hard Skills (Keterampilan Teknis):
- Keahlian Medis: Kalo kau seorang dokter, tentu saja skill medis yang mumpuni adalah mutlak. Kalo bukan dokter, skill yang relevan dengan bidang kesehatan sesuai dengan latar belakang pendidikanmu.
- Manajemen Kesehatan: Kau harus menguasai prinsip-prinsip manajemen kesehatan, termasuk planning, organizing, leading, dan controlling sumber daya.
- Pengelolaan Keuangan: Memahami budgeting, akuntansi, dan pengelolaan keuangan Puskesmas sangat penting.
- Penggunaan Teknologi Informasi: Menguasai software dan aplikasi perkantoran, serta sistem informasi kesehatan (misalnya, e-health) adalah suatu keharusan.
- Penanganan Data & Laporan: Kemampuan mengumpulkan, menganalisis, dan menyusun laporan kesehatan yang akurat dan tepat waktu.
II. Soft Skills (Keterampilan Lunak):
- Kepemimpinan: Kau harus mampu memimpin tim, memotivasi staf, dan mengambil keputusan yang tepat.
- Komunikasi: Kemampuan berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan, sangat penting untuk berinteraksi dengan staf, pasien, dan stakeholders lainnya.
- Problem Solving dan Pengambilan Keputusan: Kemampuan menganalisis masalah, mencari solusi, dan membuat keputusan yang tepat dan cepat dalam situasi yang kompleks.
- Public Speaking: Kemampuan presentasi dan menyampaikan informasi kesehatan kepada masyarakat umum.
- Negotiation dan Networking: Keterampilan bernegosiasi dan membangun hubungan baik dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, instansi terkait, dan masyarakat.
- Manajemen Waktu dan Prioritization: Kemampuan mengatur waktu dan memprioritaskan tugas-tugas yang penting.
- Kerja Sama Tim (Teamwork): Bekerja sama dengan tim secara efektif dan efisien.
- Empati dan Human Relation: Mampu memahami dan berempati terhadap pasien dan staf.
- Integritas dan Etika Kerja: Memiliki integritas tinggi dan menjunjung tinggi etika profesi.
- Kemampuan Mengatasi Tekanan: Bisa bekerja di bawah tekanan dan mampu menangani situasi yang sulit.
III. Keahlian Tambahan (Bergantung Kebutuhan):
- Bahasa asing (Inggris, dll)
- Pengetahuan tentang peraturan dan kebijakan kesehatan
- Pengalaman dalam program kesehatan masyarakat tertentu
Ingat, ini hanyalah gambaran umum. Keterampilan yang dibutuhkan bisa berbeda-beda tergantung pada spesifikasi Puskesmas dan tanggung jawab yang diberikan. Kau harus selalu berlatih dan meningkatkan kemampuanmu untuk selalu memberikan yang terbaik.
Cara Menjadi
Menjadi PNS Puskesmas golongan IVb ga semudah membalikkan telapak tangan. Ini membutuhkan proses dan persyaratan yang cukup ketat. Secara umum, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Memenuhi Syarat Umum CPNS: Kau harus memenuhi seluruh persyaratan umum penerimaan CPNS yang ditetapkan pemerintah, seperti:
- Warga Negara Indonesia (WNI).
- Sehat jasmani dan rohani.
- Ga bermasalah dengan hukum.
- Usia sesuai ketentuan.
- Mempunyai kualifikasi pendidikan minimal yang dibutuhkan (biasanya Sarjana Kesehatan Masyarakat atau Dokter, tergantung formasi).
Memenuhi Syarat Khusus: Selain syarat umum, ada syarat khusus yang harus kau penuhi, yang biasanya mencakup:
- Memiliki ijazah dan transkrip nilai asli.
- Memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
- Memiliki Surat Keterangan Sehat dari Dokter.
- Memiliki sertifikat pelatihan atau pengalaman kerja yang relevan (ini bisa jadi advantage besar).
- Memiliki kemampuan dan skill sesuai dengan job description Kepala Puskesmas atau jabatan setara. (lihat jawaban sebelumnya mengenai skill yang dibutuhkan).
Mendaftar CPNS: Kalo ada opening formasi CPNS untuk jabatan fungsional di Puskesmas golongan IVb, kau harus mendaftar melalui situs resmi rekrutmen CPNS yang biasanya diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Perhatikan betul jadwal dan persyaratannya.
Mengikuti Seleksi CPNS: Proses seleksi biasanya terdiri dari beberapa tahapan, antara lain:
- Seleksi administrasi: Dokumen-dokumen kau akan diperiksa kelengkapannya.
- Seleksi Computer Assisted Test (CAT): Tes kemampuan basic competency, test of English proficiency, dan test of character.
- Seleksi kompetensi bidang: Tes yang spesifik menguji kemampuan dan pengetahuan kau di bidang kesehatan.
- Tes Kesehatan dan Kebugaran jasmani.
- Tes Wawancara.
- Assessment center (mungkin ada, tergantung kebijakan)
Pengangkatan CPNS: Kalo kau dinyatakan lulus seluruh tahapan seleksi, kau akan diangkat menjadi CPNS.
Masa Percobaan: Sebagai CPNS, kau akan menjalani masa percobaan selama satu tahun. Selama masa ini, kinerja kau akan dievaluasi.
Penetapan PNS: Kalo kinerja kau selama masa percobaan baik, kau akan diangkat menjadi PNS secara tetap.
Naik Pangkat: Setelah menjadi PNS, kau akan mengikuti mekanisme kenaikan pangkat sesuai dengan performance, pendidikan dan masa kerja. Proses ini untuk mencapai golongan IVb membutuhkan waktu dan kinerja yang baik.
Hal Penting yang Harus Diingat:
- Pantau terus situs resmi KemenPAN-RB dan BKN untuk informasi terbaru mengenai penerimaan CPNS.
- Persiapkan diri sebaik mungkin dengan meningkatkan skill dan pengetahuan yang dibutuhkan.
- Ikuti alur dan persyaratan yang telah ditetapkan dengan benar.
- Ga ada jalan pintas untuk menjadi PNS, kesabaran dan kerja keras adalah kunci.
Semoga informasi ini membantu kau. Ingat, proses ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi selalu pastikan kau mendapatkan informasi terbaru dari sumber terpercaya.
Tau ga?
Kau bisa menghasilkan dari membaca.
Kau bisa menghasilkan dari share tulisan ini.
#hidupdariKARYA
Penasaran berapa gaji PNS Puskesmas Golongan IVb? Angkanya mungkin bakal bikin kamu speechless! Baca artikel lengkapnya dan share ke yang lain biar ga penasaran juga!
Gimana nih?
Udah kebayang kan gimana serunya jadi PNS Puskesmas Golongan IVb?
Masih pengen tau tulisan berkaitan PNS Puskesmas Golongan IVb lainnya, cek pertanyaan Faling sering Aku ditanyaQin dibawah ini.
FAQ
Berapa gaji honorer di Puskesmas?
Rp2.250.148 per bulan.
Berapa gaji dokter di Puskesmas?
Rp3.849.573 per bulan.
Berapa gaji bidan?
Rp3.000.000-Rp7.000.000 per bulan.
Lulusan D3 keperawatan gajinya berapa?
Rp2.500.000-Rp3.000.000 per bulan.
Berapa gaji seorang perawat di Puskesmas?
Rp2.500.000-Rp5.000.000 per bulan.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Sumber
Soffya Ranti Mahmudah. 2022. Gaji Kerja di Puskesmas: Gaji PNS Puskesmas dan THL. www.mployee.id/gaji-kerja-di-puskesmas-gaji-pns-puskesmas-dan-thl/. kita baca pukul 16:00 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Redaksi bloombergtechnoz. 2024. Kuliahnya Mahal, Intip Tunjangan & Gaji Dokter di Indonesia. www.bloombergtechnoz.com/detail-news/30638/kuliahnya-mahal-intip-tunjangan-gaji-dokter-di-indonesia. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Putri Nur Azharah. 2024. Gaji Honorer Perawat di Rumah Sakit 2024 Berapa? Provinsi Jawa Tengah Capai Rp4 Juta Sebulan, Cek Rinciannya. www.ayobandung.com/umum/7912833684/gaji-honorer-perawat-di-rumah-sakit-2024-berapa-provinsi-jawa-tengah-capai-rp4-juta-sebulan-cek-rinciannya. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
aridla. 2024. Daftar Gaji Bidan 2024: Bisa Mencapai 7 juta Perbulan. www.asninstitute.id/gaji-bidan/. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Pemerintah Boyolali. 2022. PERATURAN BUPATI BOYOLALI NOMOR \2\ TAHUN 2022 TENTANG salinan REMUNERASI PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BOYOLALI. peraturan.bpk.go.id/Download/299305/Perbup%20Byl%20121_2022.pdf. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.