Berapa Gaji di Puskesmas, Perawat, Bidan, Dokter - tulisIN - kekitaan - karya selesaiin masalah

Berapa Gaji PNS Puskesmas Golongan IVc?

Gaji PNS Puskesmas Golongan IVc Rp 3.307.300-Rp 5.431.900 per bulan. 📈

Salam #MasBro #MbakBro

Job Desk

Job Desc PNS Puskesmas Golongan IVc

Jabatan: Pejabat Fungsional Kesehatan di Puskesmas (Golongan IVc)

Tanggung Jawab:

  • Menyusun dan melaksanakan planning serta monitoring dan evaluasi program kesehatan di Puskesmas sesuai dengan aturan yang berlaku.
  • Memimpin dan mengawasi seluruh staf di Puskesmas agar kinerja optimal dan target tercapai.
  • Bertanggung jawab atas semua kegiatan operasional Puskesmas, termasuk management sumber daya manusia, budgeting, dan logistik.
  • Memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara langsung maupun ga langsung melalui program-program kesehatan yang telah direncanakan.
  • Melakukan koordinasi dengan instansi terkait (Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, dll) untuk menunjang kegiatan Puskesmas.
  • Memberikan pelatihan dan pembinaan kepada staf Puskesmas agar terus meningkatkan kompetensi.
  • Membuat laporan berkala tentang kinerja Puskesmas kepada atasan.
  • Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan professional.
  • Menerima dan memproses pengaduan masyarakat terkait pelayanan kesehatan di Puskesmas.
  • Kalo ada permasalahan kesehatan yang urgent, kau harus bisa mengambil keputusan secara cepat dan tepat.
  • Menjaga kerahasiaan data pasien sesuai dengan etika dan peraturan yang berlaku.
  • Menjaga aset Puskesmas agar tetap dalam kondisi baik dan terawat.
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang keahlian.

Kualifikasi:

  • PNS golongan IVc.
  • Pendidikan minimal S1 Kesehatan Masyarakat / Kedokteran / Profesi Kesehatan lain yang relevan.
  • Memiliki sertifikat kompetensi yang dibutuhkan.
  • Pengalaman kerja minimal sekian tahun di bidang kesehatan (sesuai aturan yang berlaku).
  • Menguasai software dan hardware yang diperlukan dalam operasional Puskesmas.
  • Mempunyai kemampuan leadership, management, dan komunikasi yang baik.
  • Berintegritas tinggi dan bertanggung jawab.
  • Sehat jasmani dan rohani.

Catatan: Uraian tugas dan tanggung jawab bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan Puskesmas.

Skill yang Dibutuhkan

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi PNS Puskesmas Golongan IVc sangat beragam, meliputi kemampuan teknis, manajerial, dan interpersonal. Berikut beberapa skill kunci:

Kemampuan Teknis:

  • Keahlian di bidang kesehatan: Ini merupakan skill dasar yang mutlak. Keahlian ini bergantung pada latar belakang pendidikan kau (misalnya, skill klinis kalo kau dokter, skill kesehatan masyarakat kalo kau dari Kesehatan Masyarakat). Kau harus paham tentang berbagai penyakit, pencegahan, dan penanganannya.
  • Public health program management: Kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, monitoring, dan mengevaluasi program kesehatan masyarakat. Ini termasuk kemampuan untuk menganalisis data kesehatan, mengidentifikasi masalah kesehatan, dan merancang intervensi yang efektif.
  • Penggunaan teknologi informasi: Kau harus mahir dalam menggunakan komputer dan software terkait, seperti Microsoft Office dan mungkin sistem informasi manajemen kesehatan (SIMKES).
  • Kemampuan menulis dan dokumentasi medis: Kemampuan untuk membuat laporan, proposal, dan dokumentasi medis yang akurat dan terorganisir.

Kemampuan Manajerial:

  • Leadership dan management: Kemampuan untuk memimpin dan mengelola tim, motivasi staf, dan delegasi tugas. Kau harus bisa menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan kolaboratif.
  • Problem-solving dan pengambilan keputusan: Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah kesehatan, dan mengambil keputusan yang tepat dan cepat, terutama dalam situasi urgent.
  • Planning dan organizing: Kemampuan untuk merencanakan kegiatan Puskesmas secara efektif dan mengorganisir sumber daya yang tersedia. Ini termasuk budgeting dan management logistik.
  • Monitoring dan evaluasi: Kemampuan untuk memantau kinerja Puskesmas dan program-program kesehatan, serta mengevaluasi efektivitasnya.

Kemampuan Interpersonal:

  • Komunikasi: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan pasien, staf, dan pihak eksternal lainnya. Ini termasuk komunikasi lisan dan tulisan.
  • Networking dan kolaborasi: Kemampuan untuk membangun jaringan kerja sama dengan instansi lain (rumah sakit, Dinas Kesehatan, dll) untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.
  • Public speaking: Kemampuan untuk menyampaikan informasi kesehatan kepada masyarakat luas.
  • Empati dan patient care: Kau harus memiliki empati dan rasa peduli terhadap pasien, memberikan pelayanan kesehatan yang ramah dan humanis.
  • Kemampuan negosiasi: Kalo diperlukan, kau harus bisa bernegosiasi dengan berbagai pihak untuk mencapai kesepakatan.

Kalo kau memiliki kombinasi skill di atas, kau akan lebih siap dan sukses menjadi PNS Puskesmas golongan IVc. Ingat, pengalaman kerja juga sangat penting untuk melengkapi skill yang kau miliki.

Cara Menjadi

Jalan untuk menjadi PNS Puskesmas golongan IVc ga semudah membalik telapak tangan. Ini membutuhkan persiapan dan proses yang cukup panjang. Secara garis besar, begini langkah-langkahnya:

  1. Memenuhi Syarat Administrasi: Pastikan kau memenuhi semua persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh pemerintah, termasuk persyaratan usia, pendidikan, kesehatan, dan background kriminal. Syarat ini biasanya diumumkan pada saat pengumuman rekrutmen. Periksa secara detail pengumuman resmi dari instansi terkait (biasanya Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan setempat).

  2. Pendidikan dan Pelatihan: Kau harus memiliki pendidikan minimal S1 di bidang kesehatan yang relevan, seperti Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, atau profesi kesehatan lainnya. Kalo memungkinkan, ikuti pelatihan atau sertifikasi tambahan yang relevan untuk meningkatkan daya saing kau. Sertifikat profesi sangat penting.

  3. Pengalaman Kerja (Opsional, tapi sangat disarankan): Meskipun ga selalu diwajibkan, pengalaman kerja di bidang kesehatan, terutama di Puskesmas, akan sangat meningkatkan peluang kau. Pengalaman ini akan menunjukkan kemampuan dan kompetensi kau dalam menjalankan tugas sebagai PNS Puskesmas.

  4. Mendaftar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil): Pantau pengumuman penerimaan CPNS dari pemerintah. Biasanya, pengumuman ini akan dipublikasikan secara resmi melalui media massa dan website resmi pemerintah. Daftar dan ikuti seluruh tahapan seleksi dengan sungguh-sungguh.

  5. Tahapan Seleksi CPNS: Tahapan seleksi CPNS biasanya terdiri dari beberapa tahap, yaitu:

    • Seleksi Administrasi: Dokumen-dokumen kau akan diperiksa untuk memastikan kau memenuhi seluruh syarat.
    • Computer Assisted Test (CAT): Tes kemampuan dasar dan Test Potensi Akademik (TPA) untuk mengukur kemampuan akademik dan intelektual kau.
    • Skill Test: Tes kemampuan sesuai bidang profesi kesehatan yang kau pilih. Ini mungkin berupa tes praktis atau tes tertulis.
    • Tes Kesehatan: Pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani untuk memastikan kau dalam kondisi sehat.
    • Tes Wawancara: Wawancara untuk menilai kepribadian, kemampuan komunikasi, dan kesesuaian kau dengan jabatan yang dilamar.
    • Background Check: Pemeriksaan background untuk memastikan kau memenuhi syarat integritas dan clear dari masalah hukum.
  6. Pengangkatan CPNS: Kalo kau lulus seluruh tahapan seleksi, kau akan diangkat menjadi CPNS.

  7. Masa Percobaan CPNS: Sebagai CPNS, kau akan menjalani masa percobaan selama satu tahun. Selama masa percobaan, kinerja kau akan dievaluasi.

  8. PNS Definitif: Kalo kau berhasil melewati masa percobaan, kau akan diangkat menjadi PNS definitif. Proses kenaikan golongan, termasuk menuju golongan IVc, akan dilakukan sesuai dengan regulasi dan kinerja kau.

Ingat, persaingan menjadi PNS sangat ketat. Oleh karena itu, persiapkan diri kau sebaik mungkin dan rajinlah berlatih. Kalo kau memiliki semua skill yang dibutuhkan dan tekun, peluang kau untuk menjadi PNS Puskesmas golongan IVc akan semakin besar. Selalu pantau informasi resmi dari pemerintah mengenai rekrutmen CPNS.

Tau ga?
Kau bisa menghasilkan dari membaca.
Kau bisa menghasilkan dari share tulisan ini.

#hidupdariKARYA

Berapa sih sebenarnya gaji PNS Puskesmas Golongan IVc? Lebih tinggi atau lebih rendah dari perkiraan kau? Jawabannya ada di sini! Baca sekarang dan bagikan ke teman-teman kau!

Gimana nih?
Udah kebayang kan gimana serunya jadi PNS Puskesmas Golongan IVc?

Masih pengen tau tulisan berkaitan PNS Puskesmas Golongan IVc lainnya, cek pertanyaan Faling sering Aku ditanyaQin dibawah ini.

FAQ

Berapa gaji honorer di Puskesmas?

Rp2.250.148 per bulan.

Berapa gaji dokter di Puskesmas?

Rp3.849.573 per bulan.

Berapa gaji bidan?

Rp3.000.000-Rp7.000.000 per bulan.

Lulusan D3 keperawatan gajinya berapa?

Rp2.500.000-Rp3.000.000 per bulan.

Berapa gaji seorang perawat di Puskesmas?

Rp2.500.000-Rp5.000.000 per bulan.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber

Soffya Ranti Mahmudah. 2022. Gaji Kerja di Puskesmas: Gaji PNS Puskesmas dan THL. www.mployee.id/gaji-kerja-di-puskesmas-gaji-pns-puskesmas-dan-thl/. kita baca pukul 16:00 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Redaksi bloombergtechnoz. 2024. Kuliahnya Mahal, Intip Tunjangan & Gaji Dokter di Indonesia. www.bloombergtechnoz.com/detail-news/30638/kuliahnya-mahal-intip-tunjangan-gaji-dokter-di-indonesia. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Putri Nur Azharah. 2024. Gaji Honorer Perawat di Rumah Sakit 2024 Berapa? Provinsi Jawa Tengah Capai Rp4 Juta Sebulan, Cek Rinciannya. www.ayobandung.com/umum/7912833684/gaji-honorer-perawat-di-rumah-sakit-2024-berapa-provinsi-jawa-tengah-capai-rp4-juta-sebulan-cek-rinciannya. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
aridla. 2024. Daftar Gaji Bidan 2024: Bisa Mencapai 7 juta Perbulan. www.asninstitute.id/gaji-bidan/. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Pemerintah Boyolali. 2022. PERATURAN BUPATI BOYOLALI NOMOR \2\ TAHUN 2022 TENTANG salinan REMUNERASI PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BOYOLALI. peraturan.bpk.go.id/Download/299305/Perbup%20Byl%20121_2022.pdf. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.