Gaji PNS Puskesmas Golongan IVd Rp 3.447.200-Rp 5.661.700 per bulan. 📈
Salam #MasBro #MbakBro
Job Desk
Jabatan Fungsional Dokter di Puskesmas Golongan IVd
Tugas Pokok:
Kau bertanggung jawab atas penyelenggaraan pelayanan kesehatan primary care di Puskesmas, meliputi upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif secara komprehensif dan terpadu. Kau juga memimpin dan mengawasi seluruh kegiatan di Puskesmas agar berjalan efektif dan efisien.
Tanggung Jawab:
- Memimpin dan mengelola seluruh sumber daya di Puskesmas, termasuk SDM, budget, dan sarana prasarana.
- Merumuskan dan melaksanakan program kesehatan sesuai dengan kebijakan pemerintah dan kebutuhan masyarakat.
- Melakukan pelayanan medis kepada pasien, baik rawat jalan maupun rawat inap (kalo ada).
- Melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap tenaga kesehatan di Puskesmas.
- Melakukan pencatatan dan pelaporan data kesehatan secara akurat dan tepat waktu.
- Berkoordinasi dengan instansi terkait dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
- Menyusun dan melaksanakan rencana kerja Puskesmas.
- Membuat laporan periodik tentang kinerja Puskesmas.
- Mewakili Puskesmas dalam kegiatan di tingkat kecamatan/kabupaten/kota.
- Menjaga mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas.
- Menciptakan suasana kerja yang kondusif di Puskesmas.
- Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan kompetensi.
Kualifikasi:
- Berijazah Dokter Umum (S1 Kedokteran).
- Memiliki Surat Izin Praktik (SIP).
- Memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) yang masih berlaku.
- Pengalaman kerja minimal 10 tahun di bidang kesehatan.
- Menguasai software dan aplikasi komputer yang relevan dengan tugas.
- Mempunyai kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang baik.
- Mempunyai kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik.
- Berdedikasi tinggi dan bertanggung jawab.
- Sehat jasmani dan rohani.
Catatan: Deskripsi tugas dan tanggung jawab ini bersifat umum dan bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing Puskesmas.
Skill yang Dibutuhkan
Keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi PNS Puskesmas Golongan IVd sangat beragam, ga cuma sekedar kemampuan medis. Kau butuh skill manajerial, komunikasi, dan teknis. Berikut rinciannya:
Keterampilan Medis:
- Diagnosa dan Pengobatan: Kemampuan akurat dalam mendiagnosa penyakit dan memberikan pengobatan yang tepat sesuai standar medis terkini. Ini mencakup pengetahuan yang up-to-date terhadap perkembangan ilmu kedokteran.
- Pelayanan Pasien: Kau harus punya kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan pasien dengan baik, empati, dan profesional. Memberikan pelayanan yang ramah dan membuat pasien merasa nyaman sangat penting.
- Prosedur Medis: Menguasai berbagai prosedur medis yang umum dilakukan di Puskesmas, mulai dari pemeriksaan fisik hingga tindakan medis sederhana.
- Penanganan Kegawatdaruratan: Kemampuan untuk menangani kasus kegawatdaruratan medis dengan cepat dan tepat.
- Pengetahuan Kesehatan Masyarakat (Public Health): Memahami prinsip-prinsip kesehatan masyarakat, epidemiologi, dan promosi kesehatan.
Keterampilan Manajerial:
- Kepemimpinan: Memimpin tim medis dan tenaga kesehatan lainnya di Puskesmas secara efektif dan efisien.
- Perencanaan dan Pengorganisasian: Mampu merencanakan dan mengorganisir program kesehatan, budget, dan sumber daya lainnya.
- Pengambilan Keputusan: Mampu mengambil keputusan yang tepat dan cepat dalam situasi yang kompleks.
- Manajemen SDM: Mengelola dan membina tenaga kesehatan di Puskesmas.
- Manajemen Budget: Mengelola budget Puskesmas secara efektif dan efisien.
Keterampilan Komunikasi dan Interpersonal:
- Komunikasi Efektif: Berkomunikasi dengan jelas dan efektif baik secara lisan maupun tulisan, kepada pasien, tim medis, dan pihak eksternal.
- Keterampilan Networking: Membangun dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak terkait, seperti instansi pemerintah, organisasi masyarakat, dan rumah sakit rujukan.
- Resolusi Konflik: Mampu menyelesaikan konflik dan permasalahan yang mungkin timbul di Puskesmas.
- Kerja Sama Tim: Bekerja sama dengan baik dalam tim dan menghargai kontribusi anggota tim.
Keterampilan Teknis Lainnya:
- Penggunaan Teknologi Informasi: Menguasai software dan aplikasi komputer yang dibutuhkan untuk pencatatan dan pelaporan data kesehatan.
- Penanganan Administrasi: Mampu mengelola administrasi Puskesmas dengan baik dan rapi.
- Penulisan Laporan: Mampu membuat laporan yang akurat, jelas, dan informatif.
Kalo kau memiliki skill di atas, kau akan punya peluang besar untuk sukses menjadi PNS Puskesmas Golongan IVd dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat.
Cara Menjadi
Jalan untuk jadi PNS Puskesmas golongan IVd ga mudah, butuh persiapan matang dan usaha keras. Secara garis besar, begini alurnya:
Penuhi Syarat Akademis: Kau harus punya ijazah pendidikan Dokter Umum (S1 Kedokteran) dari perguruan tinggi yang terakreditasi. Pastikan ijazah dan transkrip nilaimu lengkap dan benar.
Punya Surat Izin Praktik (SIP): SIP ini penting banget, karena ini bukti kalo kau sudah sah secara hukum untuk praktik kedokteran. Prosesnya biasanya melalui IDI (Ikatan Dokter Indonesia).
Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR): STR dikeluarkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dan menunjukkan bahwa kau terdaftar sebagai dokter yang berwenang praktik.
Ikuti Seleksi CPNS: Ini tahap paling krusial. Biasanya ada pengumuman resmi dari pemerintah (Kementerian Kesehatan atau BKD daerah) tentang penerimaan CPNS untuk formasi Dokter di Puskesmas. Kau harus mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti seleksi administrasi, tes kompetensi basic dan tes kompetensi area, serta tes kesehatan dan wawancara. Kalo ada tes khusus, seperti tes keterampilan medis, juga harus disiapkan. Siapkan dirimu untuk bersaing dengan banyak pelamar lain.
Lulus Seleksi dan Diangkat Menjadi CPNS: Kalo kau berhasil melewati semua tahapan seleksi, kau akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Ada masa percobaan tertentu sebelum akhirnya diangkat menjadi PNS.
Penempatan di Puskesmas: Setelah resmi menjadi PNS, kau akan ditempatkan di Puskesmas sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan pemerintah. Bisa jadi kau ga langsung ditempatkan di Puskesmas yang kau inginkan.
Pengembangan Karir: Setelah menjadi PNS, teruslah belajar dan kembangkan kemampuanmu. Ikuti pelatihan dan pendidikan lanjutan untuk meningkatkan kompetensi dan jenjang karirmu. Kenaikan pangkat ke golongan IVd memerlukan masa kerja dan penilaian kinerja yang baik.
Tips Tambahan:
- Persiapkan diri jauh-jauh hari. Pelajari materi-materi yang dibutuhkan untuk seleksi CPNS.
- Ikuti bimbingan belajar atau latihan soal CPNS, kalo kau merasa perlu.
- Jaga kesehatan dan kondisi fisikmu agar tetap prima selama proses seleksi.
- Percaya diri dan tetap semangat!
Ingat, persaingan sangat ketat. Persiapan yang matang dan konsisten sangat penting untuk meningkatkan peluangmu. Semoga berhasil!
Tau ga?
Kau bisa menghasilkan dari membaca.
Kau bisa menghasilkan dari share tulisan ini.
#hidupdariKARYA
Penasaran berapa sih gaji PNS Puskesmas Golongan IVd? Angkanya mungkin akan bikin kau shock!
Gimana nih?
Udah kebayang kan gimana serunya jadi PNS Puskesmas Golongan IVd?
Masih pengen tau tulisan berkaitan PNS Puskesmas Golongan IVd lainnya, cek pertanyaan Faling sering Aku ditanyaQin dibawah ini.
FAQ
Berapa gaji honorer di Puskesmas?
Rp2.250.148 per bulan.
Berapa gaji dokter di Puskesmas?
Rp3.849.573 per bulan.
Berapa gaji bidan?
Rp3.000.000-Rp7.000.000 per bulan.
Lulusan D3 keperawatan gajinya berapa?
Rp2.500.000-Rp3.000.000 per bulan.
Berapa gaji seorang perawat di Puskesmas?
Rp2.500.000-Rp5.000.000 per bulan.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Sumber
Soffya Ranti Mahmudah. 2022. Gaji Kerja di Puskesmas: Gaji PNS Puskesmas dan THL. www.mployee.id/gaji-kerja-di-puskesmas-gaji-pns-puskesmas-dan-thl/. kita baca pukul 16:00 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Redaksi bloombergtechnoz. 2024. Kuliahnya Mahal, Intip Tunjangan & Gaji Dokter di Indonesia. www.bloombergtechnoz.com/detail-news/30638/kuliahnya-mahal-intip-tunjangan-gaji-dokter-di-indonesia. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Putri Nur Azharah. 2024. Gaji Honorer Perawat di Rumah Sakit 2024 Berapa? Provinsi Jawa Tengah Capai Rp4 Juta Sebulan, Cek Rinciannya. www.ayobandung.com/umum/7912833684/gaji-honorer-perawat-di-rumah-sakit-2024-berapa-provinsi-jawa-tengah-capai-rp4-juta-sebulan-cek-rinciannya. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
aridla. 2024. Daftar Gaji Bidan 2024: Bisa Mencapai 7 juta Perbulan. www.asninstitute.id/gaji-bidan/. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Pemerintah Boyolali. 2022. PERATURAN BUPATI BOYOLALI NOMOR \2\ TAHUN 2022 TENTANG salinan REMUNERASI PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BOYOLALI. peraturan.bpk.go.id/Download/299305/Perbup%20Byl%20121_2022.pdf. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.