Berapa Gaji di Puskesmas, Perawat, Bidan, Dokter - tulisIN - kekitaan - karya selesaiin masalah

Berapa Gaji PNS Puskesmas Golongan IVe?

Gaji PNS Puskesmas Golongan IVe Rp 3.593.100-Rp 5.901.200 per bulan. 📈

Salam #MasBro #MbakBro

Job Desk

Jabatan Fungsional Dokter Umum di Puskesmas Golongan IVe

Deskripsi Pekerjaan:

Kau bertanggung jawab atas pengelolaan dan penyelenggaraan pelayanan kesehatan primary care di Puskesmas, termasuk penyusunan planning, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan operasional Puskesmas. Kau juga berperan sebagai pemimpin dan pembimbing bagi tim medis dan tenaga kesehatan lainnya di Puskesmas.

Tugas dan Tanggung Jawab:

  • Memberikan pelayanan kesehatan medis dasar kepada masyarakat, meliputi pemeriksaan, diagnosis, pengobatan, dan rujukan pasien.
  • Melaksanakan kegiatan promotif dan preventif, seperti penyuluhan kesehatan dan imunisasi.
  • Memimpin dan mengawasi kegiatan operasional Puskesmas, termasuk pengelolaan sumber daya manusia, budget, dan logistik.
  • Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja Puskesmas secara berkala.
  • Membina hubungan kerja sama dengan instansi terkait, baik pemerintah maupun swasta.
  • Menyusun laporan dan reporting kegiatan Puskesmas secara berkala kepada atasan.
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan kebutuhan Puskesmas.
  • Memberikan bimbingan dan pelatihan kepada tenaga kesehatan lain di Puskesmas.
  • Bertanggung jawab atas kualitas pelayanan medis di Puskesmas.
  • Menjaga mutu dan akurasi data kesehatan.
  • Mengikuti update dan perkembangan ilmu kedokteran serta kebijakan kesehatan terbaru.
  • Menjaga kerahasiaan data pasien.

Kualifikasi:

  • Dokter Umum lulusan Perguruan Tinggi Kedokteran yang terakreditasi.
  • Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku.
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun di bidang pelayanan kesehatan.
  • Memiliki kemampuan leadership dan management yang baik.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik.
  • Menguasai software komputer, minimal Ms. Office.
  • Memiliki integritas dan komitmen tinggi terhadap pekerjaan.

Catatan: Deskripsi pekerjaan ini bersifat umum dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing Puskesmas.

Skill yang Dibutuhkan

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi PNS Puskesmas Golongan IVe cukup beragam, ga cuma sekedar kemampuan medis saja. Berikut beberapa skill penting yang harus kau miliki:

A. Skill Medis & Klinis:

  • Diagnosa dan Pengobatan: Kemampuan mendiagnosis penyakit dengan akurat dan memberikan pengobatan yang tepat sesuai standard operating procedure (SOP) dan guideline medis terkini.
  • Penanganan Kasus Gawat Darurat: Kemampuan menangani pasien dalam kondisi gawat darurat dengan cepat dan tepat, termasuk memberikan pertolongan pertama.
  • Prosedur Medis: Menguasai berbagai prosedur medis, baik minor maupun major, sesuai dengan kompetensi dan spesialisasi.
  • Pengetahuan Penyakit: Memahami berbagai jenis penyakit, penyebab, gejala, dan penanganannya, terutama penyakit yang sering terjadi di masyarakat.
  • Interpretasi Hasil Laboratorium dan Radiologi: Kemampuan membaca dan menginterpretasi hasil lab dan radiologi untuk menunjang diagnosa.

B. Skill Manajemen & Administrasi:

  • Leadership dan Management: Kemampuan memimpin dan mengelola tim, mengarahkan bawahan, serta membuat keputusan yang tepat.
  • Perencanaan dan Pengorganisasian: Kemampuan merencanakan dan mengorganisir kegiatan operasional Puskesmas secara efektif dan efisien.
  • Pengelolaan Sumber Daya: Kemampuan mengelola sumber daya manusia, budget, dan logistik Puskesmas secara optimal.
  • Pelaporan dan Dokumentasi: Kemampuan membuat laporan dan dokumentasi yang akurat dan terorganisir.
  • Penggunaan Teknologi Informasi: Menguasai software komputer dan teknologi informasi untuk mendukung pekerjaan.

C. Skill Komunikasi & Interpersonal:

  • Komunikasi Efektif: Kemampuan berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tulisan, dengan pasien, keluarga, dan rekan kerja.
  • Keterampilan Public Speaking: Kemampuan menyampaikan informasi kesehatan kepada masyarakat secara jelas dan mudah dipahami.
  • Empati dan Problem Solving: Kemampuan menunjukkan empati kepada pasien dan menyelesaikan masalah dengan efektif.
  • Kerja Sama Tim: Kemampuan bekerja sama dengan baik dalam tim dan membangun hubungan yang harmonis.

D. Skill Lain:

  • Problem Solving dan Pengambilan Keputusan: Mampu menganalisis masalah, menemukan solusi, dan membuat keputusan yang tepat dan cepat.
  • Time Management: Mampu mengatur waktu dengan baik dan memprioritaskan tugas.
  • Stress Management: Mampu mengatasi tekanan kerja dan menjaga keseimbangan hidup.
  • Pengetahuan tentang Kebijakan Kesehatan: Memahami kebijakan kesehatan pemerintah yang berlaku.

Kalo kau memiliki kombinasi skill di atas, maka kesempatan kau untuk menjadi PNS Puskesmas Golongan IVe akan lebih besar. Ingat, teruslah belajar dan upgrade skill kau agar selalu update dengan perkembangan ilmu kedokteran dan manajemen kesehatan.

Cara Menjadi

Jadi PNS Puskesmas golongan IVe, yang biasanya dijabat oleh dokter umum, ga semudah membalikkan telapak tangan. Ini membutuhkan proses dan persyaratan yang harus kau penuhi. Secara umum, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Memenuhi Syarat Administrasi dan Akademik: Kau harus memenuhi semua persyaratan administrasi dan akademik yang ditetapkan oleh pemerintah, termasuk:

    • Kewarganegaraan Indonesia: Kau harus Warga Negara Indonesia (WNI).
    • Sehat Jasmani dan Rohani: Kau harus dalam kondisi sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.
    • Ijazah: Memiliki ijazah dokter umum dari perguruan tinggi kedokteran yang terakreditasi.
    • Surat Tanda Registrasi (STR): Memiliki STR yang masih berlaku.
    • Usia: Memenuhi batas usia sesuai dengan peraturan yang berlaku.
    • Bebas Narkoba: Harus bebas dari penyalahgunaan narkoba yang dibuktikan dengan tes urine.
    • SKCK: Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
  2. Mendaftar CPNS/P3K: Peluang menjadi PNS biasanya lewat jalur Competitive Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Kau harus memantau pengumuman resmi dari website resmi pemerintah (umumnya BKN atau Kementerian Kesehatan) mengenai rekrutmen CPNS/P3K untuk formasi Dokter di Puskesmas.

  3. Mengikuti Seleksi: Kalo kau sudah mendaftar, kau akan mengikuti berbagai tahapan seleksi, biasanya meliputi:

    • Seleksi Administrasi: Verifikasi kelengkapan berkas lamaran.
    • Seleksi Kompetensi Basic dan Technical: Tes kemampuan dasar (kemampuan verbal, numerik, dan figurative) dan kemampuan teknis kedokteran. Ini bisa berupa tes Computer Assisted Test (CAT) atau tes tulis lainnya.
    • Tes Kesehatan: Pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani di rumah sakit yang ditunjuk.
    • Tes Wawancara: Wawancara untuk menilai kepribadian, kemampuan komunikasi, dan leadership kau.
    • Tes Background Check/ Assessment Karakter: Penilaian latar belakang dan integritas.
  4. Pengangkatan CPNS/P3K: Kalo kau lolos semua tahapan seleksi, kau akan diangkat sebagai CPNS/P3K. Untuk CPNS, ada masa percobaan sebelum diangkat menjadi PNS secara permanen. Untuk P3K, ada kontrak kerja yang diperbarui secara berkala.

  5. Penempatan di Puskesmas: Setelah diangkat, kau akan ditempatkan di Puskesmas sesuai dengan kebutuhan dan formasi yang tersedia. Penempatan bisa di daerah manapun di Indonesia, jadi persiapkan diri kau untuk kemungkinan penempatan di daerah yang mungkin jauh dari tempat tinggalmu.

Prosesnya panjang dan kompetitif, jadi persiapkan dirimu dengan baik, belajar sungguh-sungguh, dan berdoa agar kau berhasil. Jangan lupa untuk selalu memperbarui informasi mengenai rekrutmen PNS/P3K dari sumber resmi.

Tau ga?
Kau bisa menghasilkan dari membaca.
Kau bisa menghasilkan dari share tulisan ini.

#hidupdariKARYA

Tau ga sih, gaji PNS Puskesmas Golongan IVe ternyata bisa lebih tinggi dari beberapa profesi lain yang sebanding! Penasaran berapa tepatnya dan apa aja yang bisa dibeli dengan gaji segitu? Baca artikel lengkapnya sekarang juga dan share ke temen & keluarga yang butuh info ini!

Gimana nih?
Udah kebayang kan gimana serunya jadi PNS Puskesmas Golongan IVe?

Masih pengen tau tulisan berkaitan PNS Puskesmas Golongan IVe lainnya, cek pertanyaan Faling sering Aku ditanyaQin dibawah ini.

FAQ

Berapa gaji honorer di Puskesmas?

Rp2.250.148 per bulan.

Berapa gaji dokter di Puskesmas?

Rp3.849.573 per bulan.

Berapa gaji bidan?

Rp3.000.000-Rp7.000.000 per bulan.

Lulusan D3 keperawatan gajinya berapa?

Rp2.500.000-Rp3.000.000 per bulan.

Berapa gaji seorang perawat di Puskesmas?

Rp2.500.000-Rp5.000.000 per bulan.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber

Soffya Ranti Mahmudah. 2022. Gaji Kerja di Puskesmas: Gaji PNS Puskesmas dan THL. www.mployee.id/gaji-kerja-di-puskesmas-gaji-pns-puskesmas-dan-thl/. kita baca pukul 16:00 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Redaksi bloombergtechnoz. 2024. Kuliahnya Mahal, Intip Tunjangan & Gaji Dokter di Indonesia. www.bloombergtechnoz.com/detail-news/30638/kuliahnya-mahal-intip-tunjangan-gaji-dokter-di-indonesia. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Putri Nur Azharah. 2024. Gaji Honorer Perawat di Rumah Sakit 2024 Berapa? Provinsi Jawa Tengah Capai Rp4 Juta Sebulan, Cek Rinciannya. www.ayobandung.com/umum/7912833684/gaji-honorer-perawat-di-rumah-sakit-2024-berapa-provinsi-jawa-tengah-capai-rp4-juta-sebulan-cek-rinciannya. kita baca pukul 16:01 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
aridla. 2024. Daftar Gaji Bidan 2024: Bisa Mencapai 7 juta Perbulan. www.asninstitute.id/gaji-bidan/. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.
Pemerintah Boyolali. 2022. PERATURAN BUPATI BOYOLALI NOMOR \2\ TAHUN 2022 TENTANG salinan REMUNERASI PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BOYOLALI. peraturan.bpk.go.id/Download/299305/Perbup%20Byl%20121_2022.pdf. kita baca pukul 16:02 WIB hari Selasa, 19 November 2024.