Social Media Manager Gaji, Specialist, Fresh Graduate

Berapa Gaji Social Media Specialist?

Gaji Social Media Specialist berkisar antara Rp 5.000.000 – Rp 15.000.000.

Salam #MasBro #MbakBro

Apa sih faktor-faktor mengapa social media specialist gaji segitu?

Struktur Gaji

Oke, soal gaji.

Ini pertanyaan yang sering banget ditanyain, kan?

Sebenarnya, gaji Social Media Specialist bisa beda-beda tergantung dari pengalaman, lokasi, dan perusahaan tempat kamu kerja.

Tapi, buat gambaran umum:

  • Rp 5.000.000 – Rp 7.000.000 per bulan.
    Fresh graduate atau yang baru mulai.
  • Rp 8.000.000 – Rp 12.000.000 per bulan.
    Pengalaman 2-4 tahun.
  • < Rp 15.000.000 per bulan.
    Senior atau Manager.

Jadi, walaupun mulai dari angka yang mungkin nggak langsung tinggi, ada potensi besar buat naik, apalagi kalau kamu konsisten belajar dan improve skill.

Job Desc

Terus, ngapain aja Social Media Specialist? Nggak cuma upload foto, lho! Ini beberapa hal yang biasanya mereka lakuin:

  • Bikin strategi konten:
    Nentuin apa yang bakal diposting, kapan, dan di mana. Harus paham tren dan selera audiens.
  • Handle akun media sosial:
    Mulai dari bikin caption, ngatur jadwal posting, sampai interaksi sama followers.
  • Analisa performa konten:
    Liat insight kayak likes, komen, dan reach buat tau konten mana yang efektif.
  • Kolaborasi dengan tim lain:
    Kayak desainer atau fotografer, biar kontennya menarik secara visual.
  • Tetap up-to-date:
    Karena tren di media sosial itu cepet banget berubah, mereka harus terus belajar dan adaptasi.

Skill yang Dibutuhkan

Apa aja skill yang kamu butuhin buat jadi Social Media Specialist?

  • Kreativitas:
    Harus bisa mikir ide konten yang menarik dan nggak ngebosenin.
  • Copywriting:
    Bikin caption atau teks yang nyambung ke audiens dan menggugah aksi.
  • Paham analitik:
    Harus tau gimana baca data performa, kaya reach, engagement, dll.
  • Desain dasar:
    Bisa pake tools kayak Canva buat bikin konten visual sederhana.
  • Komunikasi:
    Skill penting buat ngobrol sama audiens dan kerja bareng tim.
  • Manajemen waktu:
    Karena ngatur beberapa platform sekaligus butuh time management yang baik.

Baca Juga:

Cara Menjadi

Penasaran gimana caranya jadi Social Media Specialist?

Ini beberapa langkah yang bisa kamu ambil:

  1. Belajar:
    Mulai dari yang basic dulu. Banyak kursus online yang ngasih pemahaman dasar soal social media marketing, baik gratisan atau yang berbayar.
  2. Praktek:
    Coba handle akun sosmed sendiri atau bantuin teman/keluarga buat dapet pengalaman. Portofolio itu penting!
  3. Ikut sertifikasi:
    Ada banyak sertifikasi dari Google, Meta, atau HubSpot yang bisa ningkatin kredibilitas kamu.
  4. Networking:
    Gabung ke komunitas digital marketing, ikutin event atau webinar. Ini bisa bantu kamu dapet insight baru dan peluang kerja.

Udah kebayang gimana serunya jadi Social Media Specialist?

Yuk, mulai belajar sekarang!

Siapin portofolio, ikutin kursus, dan siapa tau karir impianmu bisa dimulai dari sini. Ga ada kata terlambat buat belajar hal baru!

FAQ

Apakah perlu kuliah jurusan komunikasi atau marketing buat jadi Social Media Specialist?

Nggak harus! Meski latar belakang itu bisa membantu, kamu juga bisa belajar lewat kursus online dan praktek langsung. Yang penting portofolio dan skill.

Apa ada peluang freelance di bidang ini?

Banyak! Banyak perusahaan atau personal brand yang butuh freelance Social Media Specialist. Kamu bisa mulai dari proyek kecil dulu.

Apa harus ngerti semua platform sosial media?

Nggak harus semua, tapi kamu minimal harus ngerti platform utama kaya Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok. Tapi, makin banyak platform yang kamu kuasai, makin baik.

Berapa gaji social media admin?

Rp 3.500.000 – Rp 8.000.000 per bulan.

Ada pertanyaan lain?
Silahkan komentar dibawah

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber:

HAFIF RAHMAN. 2024. Social Media Specialist: Tugas, Skill, Jenjang Karier, dan Gaji. karier.mu/blog/umum/karier-social-media-specialist/. kita baca pukul 11:11 WIB hari Senin, 16 September 2024.