Tak terasa ya #MbaBro dan #MasBro rasanya baru kemarin aja nih kita berpusing-pusing ria mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi. Tapi sayang banget ya, angkatan tahun 2020 menjadi angkatan pertama yang diuji dengan pembelajaran daring yang menguras tenaga dan emosi. But, its okay #MbaBro and #MasBro, kita dihadirkan banyak hikmah atas apa yang terjadi saat ini. Flash back dulu, yuk! Angkatan tahun kemarin soal tes yang diuji disamaratakan antaranak SMA/sederajat. So, kita tau kan kalau banyak sekali perbedaan pelajaran antara anak SMA dengan SMK. Bisa dibilang sangat bertolak belakang, sehingga tahun kemarin #MbaBro rasa sangat membantu karena materi yang diuji adalah materi umum yang sudah dipelajari oleh banyak pihak. Namun, mendengar kabar dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bahwa tahun ini, 2021, materi yang akan diujikan akan seperti sebelum tahun 2019, yaitu terdapat materi yang didominasi pada pelajaran anak SMA, betul! TKA dan TPS. Jangan berputus asa #MbaBro dan #MasBro, masih cukup banyak waktu untuk belajar, fighting!

Inilah 3++ Hal yang Sering Dilewatkan Dalam Persiapan UTBK/SBMPTN

Okey, tanpa banyak cingcong lagi. Kali ini yang akan kita bahas adalah hal-hal yang sering luput dalam persiapan UTBK/SBMPTN. Berikut uraiannya.

1. Perbaiki niat

Tanpa disadari, niat kita dalam melakukan sesuatu akan sangat mempengaruhi hasil yang akan didapat, ya nggak? Niat ini erat hubungannya dengan tujuan hidup. Jadi, pastikan bahwa apa yang akan #MbaBro dan #MasBro putuskan, baik itu jurusan maupun instansinya datang dari hati nurani para hadirin sekalian (ahay, kaya pidato aja!). Banyak sekali nih, adek tingkat #MbaBro yang masih mikirin ekspektasi orang lain ke pribadi kita, akhirnya yang kita putusin malah nggedein gengsi. Contoh nih ya, #MbaBro dan #MasBro punya prestasi yang baik disekolah, tapi jurusan dan instansinya kurang berkelas, kelar deh hidup lu digibahin warga sekolah! Tapi frens, ini balik lagi sama tujuan hidup yaa, pura-pura nggak denger aja udah beres. Kenyataannya yang terpenting adalah seberapa besar kontribusimu untuk masyarakat terlepas dari jurusan apa yang dipilih dan dimana #MbaBro dan #MasBro belajar.

2. Menjaga perkataan dan perbuatan dengan orang sekitar

Semakin dekat dekat dengan hari H, jangan terlalu sibuk dengan buku bacaan ya, #MbaBro dan #MasBro. Luangkan sedikit waktu untuk bercengkrama dengan orang sekitar. Namun, perlu diperhatikan juga dengan adab. Perbaiki kesalahan yang pernah dilakukan dengan perubahan sifat dan perilaku kita, ya walaupun tidak semua orang bakal suka sama kita. Tapi, usaha aja dulu, minta doa siapapun yang ketemu kita, siapa tau diijabah, ya kan? Terutama untuk ibu dan bapak, perbanyak diskusi ringan yang dapat membuat mereka tertawa, ini pastinya berpahala dan dapat mendatangkan kebaikan. Secara tidak langsung, kita dapat merasa siap secara psikologi dalam menghadapi tes.

3. Don’t Judge the Questions of the Test

Yak! Berusahalah untuk tidak mencaci maki soal ataupun pembuat soal, contoh kecilnya saja “Gila nih, siapa si yang buat soal?! Pusing gue ngerjainnya!”, Big No, ya frens! Walaupun soal bukan makhluk hidup, tapi ada Tuhan yang Maha Melihat dan Maha Mendengar setiap gerak gerik kita. Jadi, attitude sangat mendukung mood kita dalam ngerjain soal. Kalau udah mencaci, udah susah tu buat mikir secara terstruktur dan logis, akhirnya ngasal deh tuh.. Selalu berbaiksangkalah dengan apapun yang terjadi dan yang akan terjadi, setiap orang akan ditempatkan ditempat yang terbaik, bukan? Selama jujur dan sudah merencanakan strategi dengan baik, berusahalah untuk ikhlas dan tetap jalani hari-harimu dengan menyenangkan! Yuhu! Itulah beberapa hal yang sangat sangat perlu diperhatikan dan diamalkan baik sebelum, saat, maupun sesudah tes ya, frens! Semoga diberi kemudahan dan kelancaran dalam menggapai cita. Indonesia membutuhkan kita untuk menyokong kehidupan yang lebih baik! Bye! Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

2 tanggapan pada “Inilah 3++ Hal yang Sering Dilewatkan Dalam Persiapan UTBK/SBMPTN”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *