Harga Jual Rumah

Berapa Harga Jual Rumah?

Menentukan harga jual rumah memang bisa jadi dilema, tapi jangan khawatir, kita punya solusi nih untuk bantu kamu!

Trik Simpel

  1. Hitung NJOP:
    – Pertama, cek Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Ini adalah langkah pertama yang penting.
    – Kamu bisa pakai rumus NJOP =
    (Luas Bangunan x NJOP per meter bangunan) + (Luas tanah x NJOP per meter tanah).
    – Misalnya, punya tanah 50 m2 dan bangunan 30 m2 dengan harga tertentu, kamu bisa menghitung NJOP dengan rumus ini.
  2. Perhatikan Lokasi: Lokasi rumah juga jadi faktor kunci. Kalau rumah kamu berada di tempat strategis, dekat kantor, sekolah, atau pusat perbelanjaan, biasanya harga bisa lebih tinggi dari NJOP. Kamu bisa menawarkan dengan harga 5-10% di atas NJOP.
  3. Kondisi Rumah: Lalu, cek kondisi rumah. Kalau rumah kamu masih dalam kondisi baik, calon pembeli akan lebih tertarik. Kamu bahkan bisa jual di atas harga NJOP. Ini karena calon pembeli bisa menghemat biaya renovasi.
  4. Tambahkan Biaya Renovasi: Kalau kamu sudah renovasi rumah sebelum jual, tambahkan biaya renovasi ke harga jual. Contoh, renovasi minor seperti memperbaiki genteng atau mengganti keramik bisa jadi nilai tambah.
  5. Cek Harga di Sekitar: Perbandingan harga juga penting. Lihat harga rumah di sekitar wilayah kamu. Cari rumah dengan luas, kondisi, jumlah kamar, dan tahun pembangunan yang serupa. Kalau nggak bisa, coba lihat harga rumah di kawasan yang sama selama 6 bulan terakhir. Situs jual-beli properti bisa jadi sumber referensi yang berguna.
  6. Pashouses Solusi: Kalau kamu ingin menjual rumah tanpa repot, kamu bisa pakai jasa agen properti seperti Pashouses. Mereka bisa membantu memasarkan rumahmu, menawar, merenovasi, transaksi jual beli, bahkan membantu pengajuan KPR. Jadi, kamu bisa lebih fokus dan nyaman dalam proses penjualan.

Nah, dengan cara-cara ini, kamu bisa lebih yakin menentukan harga jual rumahmu. Semoga berhasil! 😊

Sumber
Pashouses. 2023. Cara Menentukan Harga Jual Rumah dengan Mudah. kita baca pukul 07:51 WIB, Rabu, 1 November 2023. https://pashouses.id/pages/panduan/menjual-rumah/cara-menentukan-harga-jual-rumah/

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *