Hukum Berpacaran Menurut Islam

By : Fitri Nova Nurhidayah

Pada dasarnya, segala macam muamalah dibolehkan kecuali ada dalil yang melarangnya. Begitu pula dengan pacaran. Pacaran sebagai sebuah bentuk sosialisasi dibolehkan selama tidak menjurus pada tindakan yang jelas-jelas dilarang oleh syara’,yaitu pacaran yang dapat mendekatkan para pelakunya pada perzinahan.

Apakah berpacaran itu dosa?

Tidak mendatangkan dosa. Pacaran adalah perbuatan yang sama sekali tidal dianjurkan dalam islam. Bahkan di dalam alquran ada ayat yang menjelaskan tentang larangan untuk pacaran karena pacaran akan mengarah kepada zina dan akhirkan akan mendatangkan dosa bagi mereka yang melakukannnya.

Apa hukum solat tapi pacaran kawan?

Salat bareng dengan pacar dihukumi oleh ulama ini sebagai perbuatan yang seperti haram, meskipun belum sampai pada titik haram. Sementara Imam Nawawi mempertegas bahwa hukumnya adalah haram.

QS. Al-Isra’ Ayat 3232. Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.

Jadilah anak yang sholeh/sholehah berilah mahkota untuk orang tua, sayangilah mereka selagi masih ada, jagalah kepercayaan mereka, saya tahu kalian pasti bisa:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *