14++ Update Panduan SEO Algoritma Google 2020 : Jasa SEO Bandung

Jasa SEO Bandung

Salam #MasBro #MbakBro pelanggan Jasa SEO Bandung

Udah tau belum update SEO Algoritma Google 2020 ?

Tau ga cara masuk halaman 1 mesin pencari dengan update Algoritma baru itu?

Obrolan kita kali ini khusus untuk #MasBro #MbakBro pelanggan Jasa SEO Bandung ya.

Dalam 3 tahun terakhir Google rajin kali update algoritma. Bahkan selama 2017 aja, Google udah buat lebih dari 2000 algoritma baru. Ada yang dikasih tau secara resmi tapi ada yang sembunyi-sembunyi. Karna itu kita penyedia Jasa SEO Bandung harus update.

Sangking banyaknya update mungkin bikin kita bertanya-tanya apa aja yang harus kita fokusin di tahun 2020. Ditambah statement Googlers yang selalu normatif. Hal ini pasti ga jadi bahan perhatian orang biasa. Maka ini salah satu alasan semua usaha / bisnis perlu Jasa SEO Bandung untuk masuk halaman 2 google.

Sebenarnya trend analyst-nya Google udah bolak-balik komentar soal tindakan apa yang harus kita ambil pasca update algoritma, yaitu tetap membuat content berkualitas dan pastiin website mobile-friendly.

Pernyataan mereka memang seringkali normatif. Jelas, karna hampir semua SEO specialist udah paham tentang “content is the king” dan “mobile-first” masih berlaku sampai saat ini.

Kita butuh petunjuk yang lebih dalam daripada itu

Tenang, meskipun dibanyak kesempatan trend analyst mereka menyatakan hal yang normatif, tapi kita tetap bisa mendapatkan informasi yang lebih dalam kalo kita mau ulik-ulik lagi.

Jadi, setelah tau definisi dan keuntungan pake SEO, mengapa ga memulainya dari sekarang?
Yok ngobrol soal panduan lengkap SEO ini …

TEKNIS

1. Google pengen yang cepet : Performa Mobile

Kek mamak-mamak, Google juga cerewet soal performa website. Sejak 2010 kecepatan website udah menjadi ranking signal. Sekarang Google terus mengkampanyekan meningkatkan kecepatan website.

Tapi…
Dalam webmaster hangout, John Mueller sempat ditanya tentang pengaruh kecepatan untuk website versi mobile.
Ini perlu banget jadi bahan perhatian Jasa SEO Bandung.

“What about speed for the mobile version? …Why are a lot of the top sites still so slow?”
(gimana dengan kecepatan untuk versi mobile? …kenapa ada banyak website yang berada di peringkat teratas meskipun websitenya masih lambat?)

John Mueller menjawab

…the good part is that we have lots of ranking factors. So you don’t have to do everything perfect.
Kita memiliki sangat banyak ranking factor, jadi ga harus lakuin seluruhnya dengan sempurna

So for us it is definitely important. But that doesn’t mean it kind of overrides everything else.
Jadi itu (kecepatan website) sangat penting, tapi bukan berarti mengesampingkan hal yang lainnya.

Maka …

Dari jawaban yang disampein oleh John Mueller, bisa dibuat skala prioritas …
1. Relevancy tetep lebih utama.
2. Kecepatan website kedua …
Tapi … tetap menjadi salah 1 faktor penting penentuan ranking

Mobile-first Index dari Google

Pada November 2016, Google ngumumin fokus mesin pencari pindah ke pengguna mobile dengan “mobile-first index.”
Artinya…
Google lebih perhatian sama tampilan website kalo diakses secara mobile.

Mengingat sebagian besar penelusuran yang dilakukan berasal dari perangkat pintar, langkah Google yang satu ini sangat masuk akal. Angka penggunaan perangkat pintar untuk melakukan pencarian pun memang semakin bertambah, seiring dengan bertambahnya jumlah pemakaian perangkat mobile itu sendiri.

Inilah alasan kenapa harus membuat website ramah mobile.
Ada 3 cara gampang yang bisa dilakuin website ramah mobile, yaitu:

1. 1 Konten 1 Hari
Buatlah konten tampak konsisten, baik di desktop maupun perangkat mobile.
Kadang-kadang, orang menyembunyikan sebagian konten mereka di versi mobile. Mereka menyediakan tombol “More” atau “Click to read more.” Bagi Google, ini akan menjadi masalah. Lebih baik kalo langsung nampilin 100% dari kontenmu di kedua versi, baik pada desktop maupun mobile.

2. Migrasi
Migrasikan m-dot domainmu (versi mobile dari sebuah website, seperti “m.facebook”) menjadi website dengan desain yang lebih responsif. Alasannya, saat ini Google udah mempunyai indeks desktop pertama. Bila ga, Google ga bener-bener mengindeks m-dot milik website-mu.

3. Mobile Friendly
Website #MasBro #MbakBro udah mobile-friendly?
Apakah website nya udah bekerja secara baik di smartphone maupun tablet?
Tampilan website juga perlu dimunculin secara maksimal, sesuai dengan ukuran layar perangkat mobile yang digunakan. Seperti yang sempat dibahas di awal soal RankBrain, Google akan benar-benar mengukur interaksi yang terjadi antara pengguna dan website-mu.
Gimana kalo tampilan website-mu terlalu berat bagi perangkat mobile dan pengguna ga sabar menunggu lalu keluar dari halaman tersebut?
Untuk menguji apakah website-mu udah mobile-friendly atau belum, gunakan tool pengujian dari Google.

Jasa SEO Bandung - Update Panduan SEO Algoritma Google 2020

Masukkan nama domainmu dan klik “Run Test.” Hasilnya akan ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini:

Jasa SEO Bandung - Update Panduan SEO Algoritma Google 2020

Kalo ada masalah pada website-mu, alat penguji dari Google juga akan kasih apa masalahnya dan gimana solusi yang direkomendasikan.
Setelah itu, #MasBro #MbakBro bisa langsung mendeteksi di halaman mana atau bagian apa yang terjadi masalah dan bisa segera memperbaikinya.

Perhatian buat pelanggan Jasa SEO Bandung

Kesimpulan :
Mobile-First Indexing
Sekali lagi, Mobile-first indexing masih jadi fokus utamanya Google.
Di Webmaster Conference yang diselenggarakan di Bali dan Jakarta tahun lalu, Google memberikan insight tentang gimana mengoptimasi website agar lebih mobile-friendly.
Antara lain,gimana optimalin website versi mobile dalam kondisi save-mode, optimalin gambarlazy-load lebih lengkap tentang optimalin website lihat optimizing content efficiency.

2. Javascript Rendering

Dua tahun belakangan, javascript selalu menarik perhatian para developer. Walaupun Google udah semakin pintar membaca javascript, akan tetapi tetap ada note yang selalu disampaikan :

  • Javascript client-side udah bisa di crawl dan di render sama Google, tapi proses renderingnya lebih panjang daripada server-side. Walaupun perbedaan proses rendering client-side hanya hitungan menit, tapi tetep aja terkadang hasil rendernya kurang sempurna.
  • Akan lebih baik kalo pake javascript server-side rendering
  • Pake Dynamic rendering sangat direkomendasiin. Selengkapnya : Cara implementasi dynamic rendering

3. RankBrain dari Google

RankBrain adalah alat yang digunakan Google untuk nentuin apakah sebuah link pantas masuk ke peringkat atas.

Biar ga dicurangi oleh berbagai pihak, Google mengakui bahwa mereka memperbarui sistem pencarian secara acak di waktu yang ga menentu agar ga banyak yang tau gimana cara kerja algoritma mesin pencari Google. Salah satunya adalah algoritma RankBrain yang mulai digunakan oleh Google sejak 2016. Secara teknis, RankBrain adalah sebuah algoritma, tapi jenis algoritma yang satu ini akan terus berubah dan berevolusi karna mempunyai fungsi artificial intelligence (AI).

Berdasarkan pernyataan yang diutarakan pihak Google melalui Twitter pada Maret 2019, RankBrain merupakan sistem berbasis AI yang diciptain buat paham gimana hasil pencarian berkaitan dengan konsep tertentu.
Jadi, meskipun ga pake kata kunci yang tepat, Google dapat memperkirakan apa yang sebenarnya sedang kita butuh.
Contohnya, kalo lagi nyari “why does my TV looks strange,” hasil yang muncul di halaman utama adalah tentang “soap opera effect,” karna meskipun ga mempunyai kata kunci yang sama persis, tapi kedua kata kunci tersebut mempunyai satu konsep yang sama, yaitu kejanggalan tampilan pada televisi yang disebabkan oleh efek opera sabun.

Melalui wawancara bersama Bloomberg, pihak Google menyatakan bahwa RankBrain merupakan faktor terpenting ketiga yang memengaruhi hasil pencarian pada mesin pencari Google. Gimana ga, RankBrain dapat membantu Google menyesuaikan kata kunci dengan konsep yang dimaksud dan penyocokan dengan teknologi AI juga membantu Google melakukan pencarian yang semakin mirip dengan apa yang dicari.

RankBrain fokus ke dua hal penting berikut:

  1. Seberapa lama seorang pengunjung menghabiskan waktu di halamanmu.
  2. Berapa persentase pengguna yang mengklik link website-mu pada halaman hasil pencarian.

Dari dua hal di atas, kita akan membahasnya satu per satu agar kita paham jenis optimasi apa yang bisa diterapin ketika mempelajari panduan lengkap SEO di bawah ini.

Aspek pertama soal waktu disebut dengan Dwell Time atau lamanya pengguna menghabiskan waktu di website-mu. Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh Search Engine Land, Dwell Time rata-rata yang bagus agar masuk ke 10 besar hasil pencarian Google adalah 3 menit 10 detik lamanya. Bila ga percaya, coba tinjau dari Google Analytics-mu.

Sebenarnya, Dwell Time sangat masuk akal untuk dijadikan faktor penentuan peringkat website. Alasannya, kalo pengguna internet menghabiskan cukup banyak waktu di halaman tertentu pada website-mu, maka pengguna itu menyukai konten yang sedang dibacanya. Nah, semakin banyak orang yang melakukan hal sama di halaman website-mu, maka Google akan menaikkan peringkat halaman tersebut sehingga dapat lebih mudah dicari oleh pengguna lain.

Perhatian buat pelanggan Jasa SEO Bandung

Gimana membuat pengunjung betah di website-mu?
Pastiin website-mu ga lola (loading lambat).
Kalo lola, pengunjung website akan segera keluar dari halaman tersebut.

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah konten. Tentu aja kita perlu membuat konten yang menarik dan berkualitas. Hal ini akan dibahas di bagian berikutnya dalam panduan lengkap SEO ini. Tapi sebelumnya, simak pembahasan mengenai aspek kedua dari RankBrain, yaitu click-through-rate!

4. Click-Through-Rate (CTR)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya pada aspek kedua RankBrain, CTR berkaitan dengan jumlah persentase pengguna yang mengklik link website-mu di hasil pencarian. Kita juga perlu perhatiin CTR-mu, bukan karna faktor RankBrain aja, tetapi juga karna munculnya tipe-tipe hasil penelusuran selain link halaman biasa yang memuat halaman website-mu.

Misalnya coba cari kata kunci “baju murah” di mesin penelusur Google. Hasilnya secara berturut-turut adalah tiga jenis hasil telusur seperti di bawah ini:

Jasa SEO Bandung - Update Panduan SEO Algoritma Google 2020

Kolom hasil pencarian yang disponsori oleh Google.

Jasa SEO Bandung - Update Panduan SEO Algoritma Google 2020

Kolom hasil pencarian, iklan yang berbayar.

Update Panduan SEO Algoritma Google 2020

Ketiga, hasil pencarian berdasarkan lokasi seperti pada gambar di atas. Kolom Answer Boxes, iklan, carousel, dan “People also ask” akan lebih menarik untuk diklik pengguna mesin pencari, kecuali kalo kita berusaha meningkatkan peluang CTR. Gimana caranya?

Pertama, ubah judul konten agar lebih menarik untuk diklik dengan menyertakan angka. Sebab, manusia menyukai sesuatu yang ringkas, terlebih kalo harus membaca sesuatu secara online, akan lebih efisien kalo #MasBro #MbakBro membuat artikel berupa daftar atau “listicle.” Berbagai penelitian berhasil buktiin bahwa judul yang memuat list atau daftar dapat meningkatkan presentase CTR. Selain itu, usahakan agar link unggahan bersifat deskriptif sesuai dengan judul konten yang dibuat.

Contoh …

Update Panduan SEO Algoritma Google 2020

Perhatian buat pelanggan Jasa SEO Bandung

Pake pula kata-kata yang bersifat “emotionalhook”
Kata yang bisa mancing emosi pembaca dengan menggunakan kata sifat.
Contohnya apa aja?
Kata-kata seperti “jitu”, “sukses”, dan sebagainya. Walaupun cara seperti ini terlihat konyol, sifat pasar yang ada memang menunjukkan adanya ketertarikan lebih terhadap jenis-jenis yang seperti ini.

Terakhir, ada cara yang bisa #MasBro #MbakBro lakuin dalam menjalankan panduan lengkao SEO ini agar Google menjadikan kontenmu sebagai featured post sehingga halamanmu masuk ke dalam Featured Snippet yang muncul di kolom khusus dan berada di posisi teratas Google. Selanjutnya baca panduan SEO : Tips SEO Google SERP Snippet.

KONTEN

5. Konten Komprehensif : Anggap Googlebot manusia

BERT

BERT adalah salah satu algoritma AI terbaru dari Google. Adanya algoritma ini, Google sekarang mampu membaca content layaknya manusia.

Sedikit penjelasan saya soal BERT.

Tetap fokus membuat content yang original, unique dan natural.

Dulu Google lebih fokus pada akurasi kata kunci yang dimasukin ke mesin pencari.
Sekarang Google menjadi lebih pintar dengan perkembangan algoritma yang ada.
Google akan tetap mempertimbangkan adanya kata kunci pada title tag, URL, image ALT text, Description Tag serta H1 dan H2 Tag (untuk info lebih lanjut, baca Panduan Keyword Research). Namun, kualitas pembahasan pada kontenmu akan menjadi hal utama untuk menentukan apakah akan diindeks dan ditampilkan Google pada halaman hasil penelusuran.

Nah, sekarang persoalan selanjutnya …
Gimana caranya agar #MasBro #MbakBro bisa membuat konten yang mendalam (in-depth)?
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti jumlah kata pada artikelmu. Masih ada perdebatan sengit yang terjadi soal berapa panjang konten yang optimal bagi mesin penelusur.

Tapi …
Gimana mungkin website yang hanya berisi 10 kalimat bisa bersaing dengan konten-konten mendalam dan lengkap di hasil pencarian Google?
Hasil penelitian yang dibagikan di halaman OptinMonster udah membuktikan bahwa artikel yang berhasil masuk dalam peringkat 10 besar biasanya merupakan artikel dengan lebih dari 2000 kata. Tapi di sisi lain, artikel yang mudah dicerna hanya mengandung sekitar 600-800 kata per artikel, kalo lebih, bagi jadi 2 bagian. Jadi, semuanya kembali lagi pada tujuanmu membuat artikel.
Tapi kalo kekitaan sih saranin untuk membuat konten yang rinci dan lengkap : minimal 2000 kata.
Karna cara ini terbukti berhasil untuk masuk ke halaman 1 mesin pencari.

Selain itu, tambahkan LSI keyword.
Apa itu LSI keyword?
Latent Semantic Indexing keyword (LSI keyword) adalah seluruh kata atau frasa yang berkaitan dengan kata kunci utama. Misalnya mau bahas topik tentang “Diet Sehat,” maka LSI keyword-nya adalah “nutrisi,” “resep diet,” “menurunkan berat badan,” dan sebagainya.

Jadi, ketika Google nemuin LSI keyword-mu sebanyak mungkin melalui RankBrain, mesin pintar ini akan berpikir bahwa kontenmu komprehensif dan menjadi kandidat paling tepat untuk ditampilkan di halaman utama hasil pencarian. Cara termudah dalam panduan lengkap SEO untuk menemukan LSI keyword adalah dengan mencoba mencari kata kunci utama di Google dan melihat pencarian terkait yang muncul di bagian bawah hasil pencarianmu.

6. Search Quality Rating

Search Quality Raters adalah metode penilaian yang digunakan Google untuk mengumpulkan informasi mengenai kualitas website.

Agar dapat menilai kualitas website, Google melibatkan sekitar 10,000 orang (search quality raters) dari background yang berbeda-beda di seluruh dunia. Data quality rating yang dikumpulkan oleh para raters ini nantinya akan digunakan Google untuk mengembangkan algoritma pencarian.

Diharapkan dari Search Quality Rating ini, Google bisa meningkatkan kualitas hasil pencarian.

Ini bukan project mendadak rahasia Google. Kita harus udah mulai berbenah dan ningkatin kualitas content kita, supaya ga khawatir saat algoritma Search Quality Rating ini diterapin.

7. YMYL (Your Money, Your Life) & E-A-T (expertise, authoritativeness, trustworthiness)

Masih berkaitan dengan Search Quality Rating.

YMYL dan EAT adalah istilah yang menjadi parameter Search Quality Rating.

YMYL adalah kategori jenis website yang berpotensi akan mempengaruhi masa depan seseorang, seperti kebahagiaan, kesehatan, stabilitas keuangan atau keamanan.

Google nentuin standard sangat tinggi untuk website yang berkaitan dengan YMYL
karna website yang sediain kualitas content YMYL yang rendah, bisa berpotensi memberikan pengaruh negatif pada seseorang.

Perhatian buat pelanggan Jasa SEO Bandung

Kesimpulan
Sedangkan EAT adalah raters tinggi-rendahnya kualitas YMYL
Semakin website YMYL itu menyediakan content yang profesional dan fokus pada 1 hal, maka EAT-nya makin tinggi.
Tapi Google mengklarifikasi ga ada EAT score, Google menilai website kita dari banyak faktor
EAT ini adalah kesimpulan dari faktor-faktor tersebut.

8. Benefical purpose ato user-centered

Ga banyak yang bisa disampaikan untuk poin ini.

Kuncinya adalah, jangan membuat content untuk Google-bot, buatlah content yang bermanfaat untuk user dan berikanlah user solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah mereka.

9. Konten Video

Konten berupa video sedang ramai-ramainya diakses oleh pengguna internet masa kini. Berdasarkan hasil laporan content marketing yang dibuat oleh HubSpot, 43% dari populasi pengguna internet menginginkan konten berupa video. Selain itu ada juga ramalan dari Cisco yang dipublikasikan oleh TechCrunch, menyatakan bahwa pada tahun 2021 video iklan akan jadi 80% sumber traffic di internet.

Jadi, manfaatin YouTube yang udah menjadi platform berbagi video terbesar di mesin pencari.
Ada banyak cara buat manfaatin rating YouTube, misalnya sering-sering ngutip dan hubungin atau bangun link ke video-video yang udah ada di YouTube, lalu bisa membagi fokus website dengan mengelola akun YouTube sendiri. Sebenarnya, ga perlu membuat video di YouTube secara rutin.
Cukup mencari cara gimana agar se-ga-nya penonton videomu terus bertambah.

Perhatian buat pelanggan Jasa SEO Bandung

Kesimpulan Video
Lakukan juga embedding video ke halaman artikel pada website-mu. Hal ini bisa menahan pengunjung untuk menghabiskan waktu lebih lama di halaman artikelmu, seperti yang sebelumnya telah dibahas terkait RankBrain dari Google. Cara ini juga bisa mengurangi angka bounce-rate pada website-mu.

10. On Page : Konten dengan Link Berkualitas

Kita udah pernah bahas soal ini : cara optimasi seo on page/
#MasBro #MbakBro bisa baca artikel-artikel panduan SEO lainnya. Selanjutnya, baca Link Building dan Tier Backlink.

Link building merupakan usaha menghubungkan satu artikel ke artikel lain. Hal ini perlu dilakukan buat meningkatkan domain authority (DA) website-mu. Domain Authority ato otoritas domain ini penting agar mesin penelusur semacam Google dapat menilai baik reputasi website-mu. Oleh karna itu, penting untuk memastikan ke mana ajakah #MasBro #MbakBro melakukan link building.

Kalo berencana lakuin link building ke website lain dengan menyelipkan link tertentu dalam unggahanmu, pastikan website tersebut mempunyai reputasi yang bagus.
Kalo website tersebut mempunyai banyak pengunjung, biasanya mempunyai reputasi yang bagus. Keuntungannya nilai domain authority website-mu akan didongkrak oleh website tersebut.

Selain itu, kalo mau membangun link ke artikel lain dari website-mu sendiri, jangan pake prinsip click-bait kalo ga mau pengunjung website-mu segera ninggalin halaman artikel tersebut. Tentu #MasBro #MbakBro udah tau bahwa penggunaan anchor text yang ga sesuai dengan isi konten yang diharapkan akan muncul di layar pembaca, mereka yang merasa ga butuh informasi tersebut akan kecewa dan segera keluar dari halaman artikel pada website-mu.

Perhatian buat pelanggan Jasa SEO Bandung

Kesimpulan RankBrain
Sekali lagi …
Usahain bounce-rate website-mu rendah.
Ini salah satu cara agar pengunjung betah berlama-lama di halaman website-mu.
Kalo bounce-rate udah berkurang, peringkat website akan terus naik di halaman pencarian Google.

11. On Page : Link Nofollow, User Generated Content (UGC), Sponsored

rel=nofollow sekarang ga sendirian, Google menambah dua link attribution, yaitu sponsored dan ugc (user generated content).

Dimana rel=”sponsored” digunakan untuk link yang sifatnya paid link / link placement, sedangkan rel=”ugc” digunakan untuk link yang dibuat langsung oleh user seperti postingan di forum atau kolom komentar

Dengan adanya penambahan ini, sifat dari rel=”nofollow”pun jadi berubah. Dari yang awalnya ga memberikan value sama sekali, sekarang Google merubahnya menjadi sebuah hint.

Artinya walaupun sebuah link terpasang rel=”nofollow”, bisa aja Google tetep kasih value untuk website yang dituju.

12. On Page : Structured data

Ini salah satu yang paling sering dinyinyir sama praktisi SEO. Gimana ga, sekarang halaman hasil pencarian Google semakin dipenuhi dengan berbagai snippets.

Dari hasil research yang dilakukan Rand Fishkin, banyaknya snippet mengakibatkan meningkatnya persentase zero click.

Kalo kita lihat structured data documentation, saat ini ada 30 snippet yang tersedia di SERP. 27 snippet bisa di sesuaiin melalui structured data, sedang 3 lainnya udah ga bisa di sesuaiin melalui structured data.

Tapi.. banyaknya snippet bukan berarti membunuh SEO, karna 30 snippet ini adalah medan perang yang baru bagi para SEO specialist.

13. Off Page : Selamat Tinggal Main Curang (Cara Lama)

Algoritma Panda masih dikembangkan

Dalam acara Pubcon Florida, salah satu trend analyst Google, Gary Illyes, ditanya soal negative SEO dan serangan spam.

Gary jelasin kalo sampe saat ini algoritma Penguin masih terus dikembangin. Dan Real-time Penguin tetep berjalan sampai saat ini.

Algoritma penguin lahir pada tahun 2012. Sejak 2016 algo penguin menjadi salah satu inti algoritma yang memiliki kemampuan real-time, dimana algoritma ini aktif nge-refresh setiap saat sehingga segala perubahan akan diketahui lebih cepet.

Dengan algoritma penguin, kita ga perlu lagi repot-repot disavow link yang kita curigai spammy atau low-quality, tapi kalo dengan disavow membuat kita merasa lebih aman, nggak ada salahnya kita disavow.

14. Off Page : Konsep “Kepercayaan”

Pada pertengahan tahun 2018, Google update algoritma PageRank-nya. Seperti yang dijelasin oleh Bill Slawski, backlink hanya akan bernilai tinggi kalo berada deket dengan website dengan tingkat kepercayaan yang tinggi.

Itu artinya semakin jauh website kita dari website ber-trust tinggi, maka sinyalnya akan semakin lemah.

Dari teori konsep ini bisa diambil kesimpulan bahwa pake PBN (private blog network) (#Blackhat) ga cukup efektif, karna umumnya website PBN jauh dari website ber-tingkat kepercayaan  tinggi.

Update ini sangat berkaitan dengan konsep Search Quality Rating yang udah kita bahas sebelumnya.

Kesimpulan
SEO udah mati adalah ungkapan jadul.
Kalo kita perhatiin, semakin Google ngembangin diri, justru tugas Jasa SEO makin besar.
Kalo dulu SEO soal content dan backlink, sekarang ngutak-ngatik codingan website udah menjadi makanan wajib dalam SEO dan semakin banyak orang yang harus kita libatin dalam pengembangan SEO.

Ga akan ada hasil instan dari proses SEO, tapi perlu memulainya dari sekarang. Ga perlu terburu-buru, bisa memulainya dengan membuat website terlebih dulu untuk membentuk profil secara online.

Ada juga yang nanya
algoritma google adalah, fakta perkembangan upgrade algoritma, fakta perkembangan upgrade algoritma pencarian dalam server google, update algoritma google juni 2019, update algoritma google 2019, algoritma google 2020, algoritma seo, algoritma google agustus 2019, panduan seo 2020, seo, seo 2020, seo updates, update seo 2020, jasa seo, jasa seo murah, pakar seo, seo 2019, jasa seo profesional, jasa seo bulanan, jasa seo website, seo onpage, algoritma google terbaru, seo offpage, update algoritma google, update seo 2019, update algoritma google terbaru, 

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO Jasa SEO Bandung buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Mauliate

Sumber tulisan
arieflaksono.digital dibaca 13:20 WIB pada hari Jumat tanggal 13 Maret 2020
dewaweb.com dibaca 13:20 WIB pada hari Jumat tanggal 13 Maret 2020

Tinggalkan Balasan