27++ Tools Cara Riset Hashtag yang Bener

Apa Aja Sih Tools Riset Hastag Instagram, Twitter, Facebook, dan Youtube?
Gimana Cara Riset Hastag yang Bener?

Hai #MasBro #MbakBro

Apa sih itu tagar / hastag ?

Anak milenials udah tau lah apa itu hastag ato tagar ya. Buat yang belum tau tagar (tanda pagar) ato hastag adalah simbol ‘#’ yang diletakin sebelum kata. Hastag biasa dipake buat nandain topik yang dianggap penting.

Tagar ato dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah hashtag. Jadi hashtag / tagar ini dipake buat kategori dan mudahin pengguna cari topik.

Kerennya …

Tagar bisa jadi tren kalo lagi banyak dicari dan diomongin. Biasanya jadi trending topic. Misalnya kita mau cari tagar Jasa SEO Jakarta murah

Apa fungsi tagar?

1. Kategoriin konten
Kalo membuat sebuah konten dengan tagar maka konten itu bakal terkelompok sesuai dengan topik dari tagar tersebut.
Jadi hastag Jasa SEO Jakarta murah akan terkelompok dengan kata kunci lainnya.
Misal…
Jasa SEO
Jasa SEO Jakarta
Jasa SEO Jakarta murah
Jasa SEO Jakarta profesional
Jasa SEO Jakarta Pusat
Jasa SEO Jakarta Barat
Jasa SEO Jakarta Timur
Jasa SEO Jakarta Utara
Jasa SEO Jakarta Selatan

2. Memudahkan pencarian konten
Ini akan sangat berguna bagi seseorang yang ingin mencari konten dengan topik tertentu di media sosial.
Nanti nya di media sosial maka orang akan mudah nemuin hastag Jasa SEO Jakarta murah dan hastag lainnya yang satu kelompok.

3. Memperluas jangkauan pembaca konten
Blogger, pengusaha online, pemasar (marketer), dan pengguna medsos kalo pake hastag. Maka konten yang akan dibuat bakal lebih banyak lagi orang liat kalo dikasih hastag.
Misal tadi orang mencari kata kunci Jasa SEO Jakarta murah. Maka ga cuma tagar Jasa SEO Jakarta murah yang akan ketemu … hastag lainnya yang satu kelompok juga seperti Jasa SEO, Jasa SEO Jakarta, Jasa SEO Jakarta profesional, Jasa SEO Jakarta Pusat, Jasa SEO Jakarta Barat, Jasa SEO Jakarta Timur, Jasa SEO Jakarta Utara, Jasa SEO Jakarta Selatan dan lain-lain.

Tau ga?
Media sosial pertama yang membuat hastag terkenal adalah twitter. Sekarang instagram, facebook, dan youtube pun ikutan.

Tapi …

Gimana cara pake hastag yang bener di twitter, instagram, facebook, dan youtube?
Gimana cara maksimalin hastag di media sosial?
Gimana cara riset hastag yang bener?

Nah hashtag yang bagus (baca : powerful) perlu riset. Hastag yang di riset dan diterapin di twitter, instagram, facebook, dan youtube bakal membuat kita banjir pengunjung.

Sedikit berita buruk
Media sosial adalah ladang subur buat pengusaha online jangkau pelanggan. Sayangnya ga semua pengusaha tau cara pake media sosial yang bener.
Sedikit berita baik
kekitaan kutip dari kata data dan riset wearesosial hootsuite. Januari 2019 pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta = sebesar 56% dari total populasi. Naik 20% dari sebelumnya. Sementara pengguna media sosial dari gadget 130 juta = 48%.

Ga banyak pengusaha yang tau cara yang bener …
1. nge-tweet yang berpotensi di retweet;
2. pasang video dan gambar di IG;
3. maksimalin iklan fb;
4. buat video dan terbitin di youtube.

Tau ga?
Udah banyak rela habisin uang buat pasang iklan dan konten di media sosial. Bukan cuma buat manfaatin media sosial tapi juga bisa hemat biasa. Daripada pake media promosi televisi dan billboard.

15++ Tools Riset Hashtag

Jadi ada tools online buat riset hashtag buat twitter, instagram, facebook, dan youtube. Ayok sama-sama riset.

Jasa SEO Jakarta murah

1. Keywordtool.Io

Penulis Sejatinya Lebih Merekomendasikan Tools Riset Hashtag yang satu Ini. Selain Cukup Lengkap, Mulai Dari Rekomendasi Hashtag, Jumlah Post Yang Tersedia Dalam Hashtag Itu Juga Tertera. Namun, Tentunya Ada Batasan Pada Versi Gratis. Jika Kamu Ingin Mendapatkan Lebih Banyak Data, Kamu Harus Menggunakan Versi Premium.

Oh iya, Tools Riset Hashtag pernah dibahas di artikel berjudul: 8 Tools Riset Keyword Gratis.

Jasa SEO Jakarta murah

2. All Hashtag

All hashtag juga jadi salah satu pilihan yang paling tepat buat Riset Hashtag Di Instagram. Hashtag Populer Instagram Untuk Jualan Juga Bisa Kamu Lakukan Dan Terapkan Pada Bisnis Yang Sedang Kamu Jalankan. Terutama Untuk Sosial Media Bisnis Kamu.

Di Tools Ini, Kamu Bisa Menggunakan Hashtag Generator, Hashtag Creator, Hashtag Analisa Dan Top Hashtag Di Instagram. Keren Bukan?

Jasa SEO Jakarta murah

3. Seekmetrics

Seekmetrics Sejatinya Sangat Sederhana Untuk Digunakan. Namun Dengan Menggunakan Tools Yang Satu Ini, Kamu Bisa Mengetahui Cara Melihat Trending Topik Di Instagram Dengan Hashtag Yang Populer.

Sistem Kerjanya Adalah, Masukkan Kata Kunci Hashtag Yang Kamu Inginkan, Makan Tools Ini Akan Otomatis Mengeluarkan Hashtag Rekomendasi Pada Kamu Yang Tentunya Hashtag Tersebut Merupakan Hashtag Yang Telah Di Filter Oleh Sistem.

webstagram - Jasa SEO Jakarta murah

4. Webstagram

Yang Satu Ini Sejatinya Seperti Tools Untuk Menganalisa. Kamu Bisa Melihat Hashtag Populer Di Instagram, User Yang Populer Atau Melihat Kompetitor Kamu. Kamu Bisa Mengamati Kompetitor Dan Melakukan Perbaikan Dari Segi Marketing Di Sosial Media Instagram Kamu.

Instagram hashtag finder ini cukup banyak dipake oleh penggiat media sosial buat melakukan Riset Keyword Populer Di Berbagai Kata Kunci.

displaypurposeshead - Jasa SEO Jakarta murah

5. Displaypurposes.Com

Sama Seperti Tools Sebelumnya, Tools Riset Hashtag Instagram Ini Lebih Tepatnya Seperti Hashtag Generator Untuk Setiap Postingan Instagram Kamu. Cara Penggunaannya Cukup Mudah, Kamu Hanya Perlu Memasukkan Kata Kunci Di Kotak Hitam Maka Secara Otomatis Akan Keluar Hashtag Rekomendasi Untuk Kamu. Mudah Kan?

Hashtagify

6Hashtagify
Hashtagify meng-klaim bahwa platformnya adalah tool riset terbaik untuk Twitter. Dengan tool ini, user dapat menemukan hashtag yang sedang trending, dan tag yang paling relevant untuk target audiens sebuah brand.

Beberapa fitur yang paling disukai adalah fitur informasi top ten hashtag. Hashtagify juga punya Hashtags Lab yang terus diperbaharui setiap hari dengan trend terkini. Jadi kita bisa pantau trending topic yang sesuai dengan akun media social.

Selain menjadi spesialis hashtag untuk Twitter, Hashtagify juga telah merilis fitur tracking untuk Instagram. Dengan fitur ini, user dapat mencari jejak percakapan yang terjadi berdasarkan hashtag, sekaligus mencari tahu jumlah engagement atau interaksi dari percakapan tersebut untuk mengetahui potensi tag-nya dengan lebih mendalam.

HootSuite

7. HootSuite
HootSuite popular sebagai platform multi-purpose di bidang social media. Dengan tool ini, kita bisa pantau dan jadwalin konten. jadi terbit otomatis. Kalo butuh tool soal hashtag. Kita bisa dapatin dari rincian disajiin. Dari situ kita bisa analisa performa hashtag akun dan gimana dampaknya.

Yang menarik dari Hootsuite, kita bisa membuat custom report untuk membantu evaluasi dan analisa akun media sosial. Untuk Twitter, kita bisa meng-generate report dengan nambahin modul kata kunci yang dapat men- tracking hashtag dan mention spesifik dalam kurun waktu tertentu.

Dari segi tampilan, kita bisa buat stream ganda buat pantau gimana performa hashtag yang kita pake dan gimana interaksi dalam konten tersebut.

TINT untuk Riset Hashtag Instagram

8. TINT
Dengan TINT, kita bisa meng- generate konten dan memungkinkan buat moderasi konten tersebut. Kita juga bisa nampilin di situs yang kita sukai. Konten ini bantu ningkatin interaksi, konversi, dan juga bangun komunitas.

Kita bisa juga pake tampilan TINT buat jalanin kampanye sosial kita di website biar jauh lebih viral.

Selain itu, TINT juga sediain tool bernama Free Instagram Analytic by TINT. Tool ini membantu kita buat nemuin influencer dan konten popular berdasar hashtag secara cepat dan mudah.

Talkwalker

9. Talkwalker
Dengan Talkwalker, kita bisa men- tracking hashtag dan mention yang dipake sebuah brand di media social. Tool ini juga bisa men- tracking kata kunci popular di media sosial. Jadi kita bisa membuat notifikasi (peringatan/ alert) harian ato mingguan buat ngikutin  kata kunci dalam sebuah berita, blog atau media online lainnya.

Talkwalker juga bantu ngikutin tag kita dari media sosial dan media lainnya di internet. Jasdi, kita bisa ngukur potensial marketing dan dampak yang terjadi dengan tag yang telah Anda buat.

RiteTag

10. RiteTag

Kadang tuh …

Meskipun udah riset mendalam manual. Kita masih bingung …
1. Nentuin mana hashtag yang harus dipake.
2. Kita sering bingung nentuin mana frase yang lebih tepat.
3. Apakah cukup satu suku kata tag ato gabungin beberapa kata.

Kalo alami ini. RiteTag jawabannya.

RiteTag punya fitur buat milih tag yang tepat apalagi tag yang lagi trending. Kita juga bisa langganan (subscribe) pada topik tertentu agar tetap up to date dengan trend terkini berhubungan dengan topik tersebut.

Salah satu fitur menarik yang mereka tawarkan adalah fitur instant feedback pada hashtag. Kita cuma perlu …
1. Masukin dua jenis tag yang mirip ato saling terkait;
2. Bandingkan kekuatan dua tag tersebut.
3. Selesai

Jadi dadahhh bingunnggg.

TweetChat

11TweetChat
Kalo kita pengen ngikutin hashtag liat real time percakapan yang terjadi dalam tag tersebut, TweetChat adalah tool yang tepat untuk Anda. Cara menggunakan tool ini sangat mudah, Anda bisa langsung mencari sebuah tag, lalu akan muncul konten dengan tag yang Anda cari dalam bentuk Twitter stream. Selanjutnya, Anda bisa berinteraksi dengan user yang muncul seperti di Twitter, atau bisa langsung membuat tweet Anda sendiri.

Tampilan stream akan secara konsisten terupdate dengan sendirinya dan bekerja secara real-time. Kita juga berada di beberapa ‘room’ dalam satu waktu dan memonitor tampilan stream yang muncul secara bersamaan dalam satu kali klik. Untuk yang pengen optimal dalam Twitter marketing, tool ini benar- benar ga boleh dilewatin.

Keyhole

12. Keyhole

Keyhole adalah tool untuk men- tracking hashtag yang bekerja secara real time, dan dapat digunakan untuk Instagram, Twitter, dan Facebook. Mereka dikenal punya Analisa yang sangat bagus, baik untuk hashtag, atau mention sebuah brand yang memberikan kita informasi seperti berapa banyak postingan dari hashtag tersebut yang muncul, berapa jumlah reach, impresi dan jumlah orang yang berinteraksi dengan tag tersebut. Terdengar seperti paket lengkap, kan?
Selain menampilkan analisis detail tentang performa sebuah tag, Keyhole juga bisa menampilkan stream postingan yang berisi interaksi hashtag tersebut, siapa saja yang membagikannya, dan men- tracking otomatis sentiment positif dan negatif.

Fitur yang ga kalah menarik, kita bisa dapatin tips buat naikin performa tag dan konten. Mulai dari tag terkait, kata kunci dan top domain yang pake tag itu.

Twubs

13. Twubs

Twubs sangat gampang dipake saat pengen ngikutin hashtag. Apalagi cari tahu percakapan baru yang sedang terjadi. Tool ini cocok untuk kita yang mau buat custom hashtag untuk brand.

Kita daftarin hashtag, lalu mengamati dari waktu ke waktu bagaimana performa tag tersebut. Twubs juga nawarin data analisis terkait tag yang kita buat sendiri.

Mention untuk riset hashtag Instagram

14. Mention

Mention puny acara kerja yang mirip dengan Google Alerts dengan cara men- tracking mention dari sebuah brand dan hashtag terkait di #socialmedia. Mention juga bantu nemuin apa yang kita cari tersebut dalam lebih dari 40 bahasa berbeda untuk mastiin kita ga luput dari satu mention pun. Mention bekerja realtime dan bisa mengajak kita untuk langsung bergabung dalam percakapan saat itu juga.

Dengan fitur keywod trackingnya, kita bisa mem- filter konten ga relevan ato menuju ke percakapan dan konten yang paling ingin kita lihat. kita juga bisa dapatkan alert terkait hashtag tertentu sehingga akan semakin mudah bagi kita saat kepo dengan tag tersebut.

Mention dikenal dengan pengaturan keyword mereka yang sangat menarik. kita bisa lacak beberapa keyword atau tag sekaligus. Dengan satu atau dua keyword kombinasi, atau mengecualikan keyword tertentu. kita bisa dapatin hasil riset yang lebih akurat.

Jasa SEO Jakarta murah

15. Hashtracking

Kalo lagi nyari tool yang kombinasiin fitur social media management dan tracking hashtag. Hashtracking adalah jawabannya. Bahkan tool ini kasih lebih dari yang diharapin saat berhubungan dengan hashtag.

Kenapa?

1. Bisa melakukan tracking tag secara intensif;
2. Bantu nampilin nama berbeda dari tag agar pencarian semakin mudah;
3. Bantu dapat lacak beberapa kata kunci dan membuat mereka berkompetisi;
4. Analisa performa tag yang bekerja lebih optimal.

Gimana Cara Riset Hastag yang Bener?

Berikut cara sekilas ya, kita bahas lebih mendalam di tulisan selanjutnya ya.

1. Cari Sendiri (media sosia itu sendiri)
a. Pahami topik utama;
b. Buka pada menu pencarian;
c. Cari hastag utama;
Misal : Jasa SEO
– Ketik topik utama yang akan riset.
– Muncul jumlah posting yang telah dibuat dengan hastag yang kita cari.
– Pilih hastag dengan jumlah posting terbanyak.
d. Cari hastag turunan;
Misal : Jasa SEO Jakarta.
Ulangi lagi rincian (c) diatas.
e. Lakuin cara (d) sampe nemuin hastag yang paling cocok sama yang kita butuhin.

2. Manfaatin Pesaing (media sosia itu sendiri)
Cukup masuk ke media sosial pesaing dan ambil aja semua hastag yang biasa dipake. Pilih aja yang paling cocok buat kita.

3. Cara Mendalam (pake tools)
Tinggal ikuti cara-cara sesuai aplikasi / website diatas ya.

Kalo udah jangan lupa buat data sendiri. Seperti contoh dibawah yaJasa SEO Jakarta murah

Mengapa Riset Hashtag itu Perlu?

Alasannya sangat sederhana. Karna hashtag = kata kunci untuk mesin pencari.

Kalo mau konten, barang, dan jasa kita ditemuin orang lain. Mulai sekarang mainkanlah hashtag. Mainkahlah pake cara yang bener.

Karna2022, Pengguna Media Sosial Indonesia Mencapai 125 Juta.

Gimana #MasBro #MbakBro ada pertanyana lagi soal Tools Riset Hashtag?

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

#
Kalo bisa bertemen kenapa pilih musuhan?
#

Semoga bermanfaat.

Seneng bisa berbagi.

Pisau tumpul tiap hari terus diasah
Biar kalo diadu jangan sampe kalah
Kalo bisa mudah kenapa pilih susah
Kalo bisa bener kenapa pilih salah

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
bukugue.com dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019
pandagila.com dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019
databoks.katadata.co.id dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019
thenextmarketers.com dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019

2 tanggapan pada “27++ Tools Cara Riset Hashtag yang Bener”

  1. Pingback: Gimana Cari Uang di Internet, Jadi #TukangSunting - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  2. Pingback: Gimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Jadi Penulis - Jasa SEO Jakarta Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *