Makanan khas Bali yang patut di jadikan list kulineranmu

Bali sebagai tempat wisata dilengkapi pula dengan makanan khas yang bisa patut masuk daftar kulineran.

1.Sate lilit.

Daging yang diolah menjadi sate lilit dilekatkan hingga menempel pada tusukan satenya yang terbuat dari tangkai bambu atau batang serai.Sate lilit mudah dijumpai di Bali karena hampir semua warung makan menyediakan menu ini.

2. Nasi campur bali.

Hidangan ini adalah hidangan nasi yang dilengkapi dengan aneka lauk pelengkap.Aneka lauknya semua berbumbu khas Bali, ada sayuran hingga protein hewani. Tidak ketinggalan ada sambal matah.

3. Nasi jinggo.

Dikenal juga dengan istilah nasi jenggo, sajian ini merupakan nasi yang dibalut dengan daun pisang. Konon makanan ini baru muncul ketika krisis moneter pada 1997.

4. Ayam betutu.

Makanan Bali satu ini berupa hidangan ayam dan terkadang bebek, yang dimasak utuh dan bagian perutnya diisi dengan berbagai macam bumbu dan rempah.Dahulu hidangan ini merupakan sajian pada upacara keagamaan, tetapi kini bisa dimakan kapan pun.

5. Serombotan Tipat.

Serombotan, salah satu kuliner masa lalu orang Bali, tersaji di Warung Pantjoran di Denpasar. Lihat FotoSerombotan bisa dibilang merupakan hidangan mirip urap yang berbahan utama sayuran.Serombotan bisa disantap sebagai makanan sepinggan atau dilengkapi dengan nasi dan tipat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *