27++ Masalah Cara Manajemen Keuangan

Apa aja sih Masalah Manajemen Keuangan?
Apa yang harus dan ga harus kita lakuin?

Siapa sih yang ga suka duit lebih?

Ngatur keuangan tuh emang ga gampang banget, ya. Kadang-kadang, meskipun udah punya gaji bulanan atau duit masuk lainnya, tapi tetep aja susah buat nambahin saldo di rekening kita. Apalagi kalo pengeluaran kita tiap bulan makin banyak.

Salah 1 kebiasaan buruk yang sering kita lakuin adalah borosin duit di awal bulan, terus akhir bulan baru mikir buat nabung.

27++ Masalah Manajemen Keuangan

Kalo terus-terusan kayak gini, bisa-bisa tabungan kita ga bakal pernah nambah. Nah, biar kita bisa hindarin ini, kita perlu punya rencana dalam ngatur keuangan. Ini dia tips simpelnya buat nambahin tabungan kita:

1. Ga Siapkan Anggaran Keuangan

Pertama …
Kalo mau memulai perjalanan mengatur keuangan yang lebih gampang, yang pertama kali harus kamu lakuin adalah bikin anggaran keuangan.

Anggaran ini tuh penting banget, karna jadi pegangan buat semua perhitungan keuangan kita. Dari duit yang masuk, pengeluaran, sampe rencana investasi dan yang ga kalah penting, biaya kesehatan.

Dengan bikin anggaran keuangan, kita bisa jelasin ke diri sendiri apa aja yang beneran kita butuhin dan ga perlu.

Nah, ini bisa bantu kita hindarin ngeluarin duit buat hal-hal yang ga penting. Sambil ngebantu kita jadi lebih disiplin dan tahu prioritas buat ngatur duit biar selalu balance.

Bahkan bisa nambahin tabungan. Selain itu, anggaran ini juga bermanfaat buat ngitung berapa duit yang perlu kita keluarin tiap bulan.

2. Ga Pasang Target Masa Depan

Oke, jadi ini dia trik lain yang oke buat ngatur keuangan: bikin target buat masa depan.

Misalnya, pas kamu udah 30 tahun, targetnya punya mobil sendiri. Pas 35 tahun, targetnya punya rumah sendiri. Atau bisa juga target yang lain, sesuai ama keinginan kamu.

Nah, kalo udah ada target, berarti kita udah mulai gerak, ga cuma omong doang. Jangan sampe targetnya cuma jadi wacana aja.

Dengan punya target, kita juga dituntut buat bikin perencanaan biar bisa nyampein target itu. Jadi, ga cuma impian, tapi beneran bisa terwujud.

gasabar kan buat ngejar target keuangan mu?

3. Lupa Catat Pendapatan & Pengeluaran

Nih, ini penting banget.

Ga boleh lupa catat pendapatan dan pengeluaran kita. Kadang-kadang, akhir bulan datang, kita bingung duit kita “bernyawa” kemana aja.

Ga asik kan kalo gitu?

Nah, kalo kita rajin catat pendapatan dan pengeluaran, jadi lebih gampang ngecek duit kita tiap bulan. Gampang kok, bisa pake catatan kecil atau coba aplikasi di hp, udah banyak banget sekarang.

Mulai aja dengan nulis berapa duit yang masuk selama sebulan, trus buat daftar pengeluaran. Buat target juga buat setiap pos pengeluaran, dan coba benerin itu tiap bulan. Dengan begitu, kita bisa lihat mana yang kelewat batas dan jadi peringatan buat kita biar ga boros. Nah, cara ini bikin ngatur keuangan jadi lebih mudah, #MasBro #MbakBro.

Tiap hari, pasti ada transaksi kecil-kecilan, misalnya beli cemilan di minimarket atau isi pulsa. Meskipun nominalnya kecil, tapi kalo ga dicatat, bisa gede lho totalnya. Makanya, usahain banget catat setiap pengeluaran dengan detil.

Lebih bagus lagi kalo simpen bukti transaksinya buat bantu pencatatan. Selain bantu kita lacak pengeluaran, cara ini juga bantu kita perkirain berapa duit yang bakal kita keluarin buat keperluan rumah tangga selanjutnya.

4. Hitung Anggaran Keuangan Mingguan

Ternyata … bukan cuma catat keuangan harian yang penting. Kita juga perlu nge-hitung anggaran mingguan, tau ga kenapa?

Karna salah 1 kunci sukses dalam ngatur keuangan itu adalah ‘anggaran’. Kamu bisa bikin anggaran buat bulanan atau mingguan, tergantung situasinya.

Pas kamu dapet gaji, pisahin duitnya sesuai sama pos-pos yang udah kamu buat, dan sesuaiin ama prioritas keuangan kamu.

Beberapa pos yang bisa kamu pertimbangkan itu antara lain:

  1. Duit buat kesehatan.
  2. Pengeluaran harian.
  3. Tabungan.
  4. Amal/Perpuluhan.
  5. Investasi.
  6. Cadangan buat keperluan darurat.

Kalo kamu mau ngelola keuangan dengan lebih detil lagi, bisa banget lakuin evaluasi keuangan setiap minggu. Jadi, kamu bisa lihat pola pengeluaranmu, #MasBro #MbaBro, dan kalo ada yang kurang bijak, bisa diperbaiki. Kalo udah bagus, bisa ditingkatin lagi.

Banyak cara buat bikin laporan budget loh!

Kau bisa catet manual di buku catatan, atau bahkan pake yang simpel kayak Excel buat nyatet semua pengeluaran dan pendapatan.

Jadi, kamu bisa tahu dengan jelas gimana keadaan keuanganmu.

5. Ga Pake Metode 50-30-20

Pembahasan ke 5 ini, kita bagi jadi 3 bagian ya.

a. 50 %
Pertama, alokasikan 50 persen gaji buat urusan pokok sehari-hari. Ini penting banget, karna duitnya harus cukup buat beli makanan, sabun mandi, bayar listrik, pulsa, obat-obatan, ongkos transportasi, asuransi, dan lain sebagainya.

Pastiin kamu ngitung 50 persen dari gaji bersih tiap bulan, ya. Biar makin oke, buat daftar pengeluaran tiap bulan biar ga kebablasan.

Misalnya, kalo gajimu Rp4 juta, berarti Rp2 juta buat urusan pokok ini. Penting banget juga buat ngerti mana yang penting dan mana yang pengen aja.

b. 30 %
Selanjutnya, alokasikan 30 persen gaji buat hal-hal yang kamu pengen atau hiburan. Mungkin langganan streaming, jalan-jalan, staycation, atau belanja, misalnya. Kan penting juga kita kasih hadiah ke diri sendiri, #MasBro #MbaBro.

Nah, kamu bisa pake 30 persen gaji buat ngelakuin hal-hal kaya gitu sebagai bentuk self-reward. Ini buat pengeluaran yang bukan pokok, tapi yang bikin kamu seneng.

c. 20 %
Nah, yang 1 ini penting banget, #MasBro #MbaBro!
Alokasikan 20 persen gaji buat tabungan dan investasi. Menabung dan investasi itu jadi bagian vital dalam ngatur keuangan.

Buat dana darurat, bisa alokasikan ke rekening khusus biar ada backup kalo ada hal yang tak terduga. Selain menabung, investasi juga bisa bantu kita capai tujuan finansial, kayak buat nikah, beli rumah, atau persiapkan dana pensiun.

Soal pensiun, ntar kita bahas lebih lanjut, oke?

Banyak cara buat investasi. Bisa pilih yang sesuai ama profil risiko, tujuan finansial, dan jangka waktu investasi biar hasilnya maksimal.

6. Ga Atur Anggaran Sesuai Prioritas Kebutuhan

Kamu udah paham banget kalo anggaran itu beneran membantu buat pisahin antara kebutuhan dan keinginan. Tapi, yang penting juga buat ditambahin adalah soal prioritas kebutuhan ini dalam jangka waktu, nih.

Jadi, kamu bisa ngatur prioritas kebutuhan sesuai sama berapa lama waktu yang diperlukan.

Mulai dari kebutuhan harian, yang tentunya sifatnya bulanan, sampe yang butuh waktu lebih lama lagi, kayak persiapan dana buat beli rumah atau memulai usaha sendiri.

Dengan ngebuat anggaran yang ngitung kebutuhan jangka panjang kayak gitu, kamu bakal lebih siap buat masa depan, #MasBro #MbaBro. Ini juga bikin kita jadi lebih aman dan mandiri dalam hal finansial di masa yang akan datang.

Jadi, inget ya, ngatur anggaran buat kebutuhan sekarang itu penting, tapi juga harus mikirin kebutuhan di masa depan biar finansial kita makin oke!

7. Ga Batasi maksimal Setiap Pengeluaran 

Betul banget!

Tiap keluarga punya pengeluaran yang beda-beda. Ini dipengaruhi sama kebutuhan dan keinginan tiap anggota keluarga, rencana serta impian keluarga, sampe gaya hidup keluarganya juga.

Paling penting adalah pengeluaran bulanan keluarga ga boleh lebih dari pendapatannya tiap bulan, itu kunci utamanya.

Jadi, penting banget buat bikin budget khusus yang sesuai dengan pendapatan bulanan. Ini buat pastiin kita ga kelebihan belanja dan tetep bisa ngatur keuangan dengan baik.

Ga ada yang lebih buruk daripada kehabisan duit di tengah bulan, kan?

Semua keluarga beda-beda, jadi yang penting adalah bikin budget yang sesuai ama keadaan finansial kita.

8. Ga Punya Bayangan Kehidupan di Masa Depan

Pernah kepikiran gini dong?
Besok kalo udah kaya, maunya pengen apapun selalu ada. Ga mikir duit gitu.

Nah itu langkah yang baik.

Selain melakukan langkah-langkah praktis dalam mengelola keuangan, ternyata punya impian yang jelas juga bisa jadi dorongan besar buat kita buat punya keuangan yang sehat.

Bayangin gimana kehidupan yang kita mau di masa depan bisa bantu kita buat bikin rencana yang lebih baik, terutama buat karier kita.

Cara mengelola keuangan yang 1 ini berasal dari impian kita tentang kehidupan ideal yang pengen kita capai. Impian ini bisa jadi motivasi kuat buat kita buat ngubah kebiasaan dalam ngatur finansial jadi lebih baik.

Makanya, impian itu bisa jadi energi ekstra yang bikin kita lebih fokus dan disiplin dalam mengelola duit.

Gimana?

Impian yang jelas itu bisa jadi pendorong besar buat kita buat ngejar kondisi keuangan yang lebih sehat. Kalau kamu punya impian apa yang ingin kamu wujudkan?

Let’s make it happen!

9. Ga Perhatiin Hal-Hal Kecil

Suka gini ga?

Kadang-kadang kita ngeremehin pengeluaran-pengeluaran kecil, kayak beli kopi tiap pagi atau camilan sore. Kita sering banget mikirin matang-matang kalo mau beli barang mahal, tapi kurang kontrol buat pengeluaran-pengeluaran kecil.

Padahal, kalo dihitung-hitung, pengeluaran buat hal-hal kecil itu bisa jadi gede juga kalo dikumpulin dalam sebulan. Jadi, bisa bikin keuangan kita jadi ga terkontrol.

Makanya, penting banget buat lebih hati-hati dalam ngatur pengeluaran, terutama yang kecil-kecil. Jangan underestimate kekuatan duit kecil, #MasBro #MbaBro! Kalo kita bisa kontrol pengeluaran kecil, itu bisa bantu kita lebih stabilin keuangan kita.

Ingat, duit itu seperti air, bisa tetes demi tetes mengisi lautan. Jadi, jangan remehkan pengeluaran kecil, ya!

10. Ga Atur Gaya hidup

Benar banget!

Salah 1 faktor yang paling ngaruh ke pengeluaran kita tiap bulan itu adalah gaya hidup kita. ga cukup cuma budgeting aja, kita juga perlu ubah gaya hidup yang mungkin terlalu boros.

Mengubah gaya hidup bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti bawa minum dari rumah, bawa bekal makan siang ke kantor, atau kurangin nongkrong-ngopi di kafe setiap hari. Ingat, penting banget buat kontrol pengeluaran buat bersenang-senang, dan sebaiknya itu maksimal 20% dari gaji yang kita terima.

Jadi, kalo kita bisa ubah gaya hidup yang terlalu boros, itu bisa bantu banget ngatur keuangan kita jadi lebih sehat. Semakin disiplin kita dalam mengendalikan gaya hidup, semakin baik kondisi keuangan kita.

11. Belanja Demi Gengsi

Sekarang ini barang-barang branded lagi booming banget, ya. Kita sering banget beli mereka bukan karna emang kita butuh, tapi lebih karna gengsi atau biar ngikutin tren. Padahal, lebih baik kita manfaatin duit itu buat nambahin tabungan atau beli barang yang beneran kita butuhin.

Kita harus nyadar, tren dan gengsi itu ga akan pernah berhenti berkembang. Kalo kita terus-terusan ikutan, kita bakal terjebak dalam lingkaran yang ga ada akhirnya. Lebih baik kita pinter-pinter nentuin mana yang emang beneran kita perlukan dan mana yang cuma buat gaya-gayaan.

Jadi, yuk, kita lebih bijak dalam manajemen uang kita. Beli yang beneran kita butuhin dan yang bisa nambahin tabungan kita.

12. Buat Prioritas Kebutuhan

Buat daftar prioritas kebutuhan itu sangat penting. Mulai dari yang paling penting sampe yang kurang penting, dan yang sangat mendesak sampe yang masih bisa ditunda.

Dengan bikin skala prioritas, kita jadi lebih gampang ngatur pengeluaran kita.

Selain itu, bikin skala prioritas juga bisa bantu kita jadi lebih hemat dan teratur dalam ngatur uang. Kita jadi lebih tahu mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa ditunda. Dengan begitu, kita bisa lebih efisien dalam ngatur keuangan kita.

Jadi, yuk, bikin daftar prioritas kebutuhan kita. Semakin teratur kita dalam mengatur pengeluaran, semakin baik kondisi keuangan kita.

13. Ga Kengelola Pajak dan Pembayaran

Udah banyak pajak belum?

Pajak tuh aspek penting dalam mengatur keuangan!

Kita harus paham dengan baik peraturan pajak yang berlaku dan pastikan kita nyampein laporan pajak dengan benar dan tepat waktu.

Selain itu, kita juga harus pintar-pintar menggunakan manfaat dan potongan pajak yang ada biar bisa optimalin kondisi keuangan kita.

Jangan lupa juga buat atur pembayaran rutin, kayak bayar kartu kredit atau cicilan, biar ga lewatin tanggal jatuh tempo. Kalo kita telat bayar, bisa ada denda dan bunga yang nambah beban finansial kita.

Jadi, penting banget buat jadi warga negara yang baik dengan mematuhi aturan pajak dan manajemen pembayaran rutin dengan baik.

Inget …
Semakin pinter kita atur soal pajak dan pembayaran, semakin sehat keuangan kita.

14. Ga Disiplin Dalam Menabung

Salah besar: nabung bukan nyisihin sisa-sisa.

Banyak orang yang salah kaprah soal urusan nabung, mereka mikir kalo menabung itu cuma nyisihin uang yang tersisa di akhir bulan.

Padahal, kalo kita beneran pengen tabungan kita bertambah cepat, yang paling baik adalah buat target menabung dan langsung sisihkan uangnya di awal bulan.

Kalo perlu, kita bisa bikin rekening tabungan yang beda dari rekening sehari-hari kita. Ini buat memisahkan duit tabungan dari duit pengeluaran rutin. Dengan begitu, kita jadi lebih disiplin dan ga tergoda buat ngeluarin uang yang tadinya buat ditabung.

Ingat loh, menabung itu bukan menyisihkan sisa-sisa, tapi sebuah keputusan untuk memprioritaskan masa depan kita.

Semakin cepat kita mulai menabung, semakin cepat juga kita bisa capai tujuan keuangan kita.

15. Takut Berinvestasi

Investasi memang ada risiko … tapi dari risiko itu juga bisa dapet potensi keuntungan besar kalo kita ngelakuinnya dengan benar.

Buat bisa sukses dalam investasi, kita harus belajar dan latihan buat bisa bikin strategi yang tepat.

Pertama-tama, kita harus cari tahu jenis investasi yang cocok buat kita. Setiap orang punya profil risiko dan tujuan finansial yang berbeda, jadi kita harus pilih jenis investasi yang sesuai dengan keadaan keuangan kita.

Selanjutnya, kita harus rajin cari informasi tentang investasi yang kita pilih. Kita perlu ngerti betul sebelum kita mulai investasi, jangan sampai kita bingung atau tergesa-gesa.

Catatan penting, kita harus jaga agar investasi ga mengganggu pos-pos pengeluaran lainnya. Jangan jadi makan juga karna mau invest. Salah kaprah udah itu. Kita harus tetap disiplin dalam ngatur keuangan kita.

Jadi, yuk, kita belajar dan berlatih buat jadi investor yang pintar. Semakin banyak pengetahuan dan pengalaman yang kita punya, semakin baik kita bisa manajemen risiko dan meraih keuntungan dari investasi.

16. Ga Investasi Buat Diri Sendiri

Iya banget kalo ini!

Mungkin udah sering denger saran buat investasi emas atau saham, tapi investasi diri juga penting banget. Kita bisa belajar atau kembangin kemampuan kita untuk investasi ini.

Kita bisa ikut kelas atau workshop dengan beragam tema. Memang ada yang biayanya agak mahal, tapi ilmu baru itu sangat berharga buat perkembangan diri kita. Semakin banyak ilmu yang kita kuasai, semakin besar kesempatan kita buat dilihat oleh perusahaan besar atau naik jabatan dengan gaji yang lebih tinggi.

Jadi, mulai sekarang, kita bisa sisihkan uang buat biaya workshop atau seminar. Investasi diri ini bisa jadi langkah penting buat kemajuan karier dan keuangan kita.

17. Memantau dan Meninjau Keuangan secara Berkala

Udah cek keuangan mu hari ini?
Berapa tunai di dompet?
Berapa sisa saldo?

Ngatur keuangan rapi, penting banget buat rajin memantau dan mengevaluasi kondisi keuangan. Tentunyasecara berkala. Kita perlu lihat lagi anggaran kita, cek progress menuju tujuan keuangan kita, dan identifikasi area yang perlu diperbaiki.

Dengan cara ini, kita bisa ambil langkah-langkah yang dibutuhkan buat mencapai stabilitas finansial. Semakin sering kita meninjau keuangan kita, semakin cepat juga kita bisa deteksi masalah dan cari solusinya. Kita bisa jadi lebih proaktif dalam manajemen keuangan kita.

Jadi, inget ya, rajin-rajinlah meninjau keuangan kita.

18. Mencari Sumber Pendapatan Tambahan

Cari sumber pendapatan tambahan itu strategi cerdas buat mengatur keuangan. Kita bisa cari peluang buat kerja paruh waktu, jalanin bisnis sampingan, atau manfaatin keahlian kreatif buat dapetin penghasilan tambahan.

Pendapatan tambahan ini bisa bantu kita mencapai tujuan keuangan lebih cepat dan juga memberi perlindungan tambahan kalo ada perubahan dalam situasi keuangan kita. Selain itu, ini bisa jadi cara buat diversifikasi sumber pendapatan kita, jadi ga terlalu tergantung dari 1 sumber aja.

Jadi, yuk, kita cari peluang buat dapetin pendapatan tambahan. Semakin banyak sumber pendapatan, semakin kuat juga fondasi keuangan kita.

19. Pake Kartu Kredit Sembarangan

Sekarang, beli barang udah semakin gampang, apalagi dengan kartu kredit. Tapi kita harus bijak dalam nggunain kartu kredit, biar ga merusak keuangan kita.

Kita harus pake kartu kredit kalo belanja dengan nominal besar atau saat memang darurat aja.

Selain itu, penting juga buat pilih penyedia kredit yang bunganya rendah dan punya kebijakan yang meringankan. Kita harus paham betul tentang syarat dan ketentuan penggunaan kartu kredit kita, biar kita bisa manfaatin fitur-fiturnya dengan bijak.

Kartu kredit itu bisa jadi sahabat atau musuh keuangan kita, tergantung dari cara kita nggunainnya. Jadi, pastikan kita pakai kartu kredit dengan bijak biar ga bikin masalah keuangan.

20. Ga Punya 2 Rekening Bank (tabungan dan operasional)

Punya 2 ato lebih rekening bank itu bisa bantu kita manajemen keuangan dengan lebih mudah.

Misal nih, 1 rekening buat tabungan dan 1 lagi buat terima gaji serta memenuhi kebutuhan bulanan.

Tapi, kalo mau buka lebih dari 1 rekening, kita harus cari bank yang biaya adminnya rendah atau bahkan ga ada biaya admin sama sekali. Kita ga mau kan uang kita habis buat bayar biaya admin doang?

Dengan punya rekening terpisah, kita bisa lebih disiplin dalam mengatur keuangan kita. Kita bisa otomatis alokasikan sebagian gaji kita buat tabungan atau keperluan lain.

Jadi, yuk, pertimbangkan buat punya dua rekening bank atau lebih biar kita bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.

21. Ga Sisihin Dana Darurat

Menabung itu ga cuma untuk rencana jangka panjang aja, tapi juga untuk keadaan darurat. Dana darurat ini penting banget karna bisa kita andalkan saat menghadapi situasi darurat, kayak kalo anak tiba-tiba sakit atau ada bencana alam.

Dana darurat ini sebaiknya cukup untuk mengcover pengeluaran penting kita selama beberapa bulan, minimal 3-6 bulan. Jadi, kalo ada situasi darurat, kita ga perlu panik dan bisa tetap menjalani kehidupan sehari-hari.

Selalu sisihin sebagian uang kita buat dana darurat. Ini salah 1 bentuk perlindungan keuangan yang sangat penting.

22. Ga Siapin Dana Proteksi

Udah catat keuangan hari ini?

Selain mencatat keuangan, mengatur pengeluaran, dan menyiapkan dana darurat, kita juga perlu punya dana proteksi.

Dana proteksi ini bisa jadi perlindungan buat kita dan keluarga saat kita sakit atau mengalami kecelakaan. Ada beberapa jenis dana proteksi, kayak asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Kalo kita mengandalkan tabungan atau simpanan untuk proteksi, itu bisa bikin kita kesulitan untuk menabung dan mencapai tujuan-tujuan kita. Proteksi lewat asuransi bisa bantu kita menghadapi risiko-risiko yang muncul di masa depan tanpa harus merusak rencana keuangan kita.

23. Ga Batasi Pengeluaran Sisa

Meski udah buat anggaran, kita ga boleh meremehkan pengeluaran tak terduga. Salah 1 prinsip penting dalam budgeting adalah alokasi uang sisa setelah semua kebutuhan terpenuhi. Sepakat sama The Balance Money.

Uang sisa dari anggaran ini bisa kita gunain buat pengeluaran tak terduga ato hiburan.

Tapi … kita harus tetap punya batasan biar ga ganggu rencana keuangan yang udah kita buat dari awal.

Kita ga boleh ngabisin uang sisa itu sembarangan sampe akhirnya bikin rencana keuangan kita jadi berantakan.

Ini biar kita bisa nikmatin hidup tanpa merusak rencana keuangan kita.

24. Ga Ada Tabungan pensiun

Kau tim mana?
Nabung pensiun, saat mulai kerja ato setelah udah lama kerja?

Siapin tabungan pensiun itu harus dimulai sejak dini. Salah besar kalo kita mikirin tabungan pensiun itu bisa ditunda-tunda sampe kita udah bekerja lama.

Kalo menurut Arag Legal, nyimpen uang atau berinvestasi dalam asuransi dan dana pensiun adalah prioritas utama dalam mengelola keuangan.

Kita perlu pikirkan masa depan kita dari sekarang, misalnya apakah kita mau beli rumah kedua pas pensiun atau bahkan pindah kota dengan tabungan yang udah terkumpul. Hal-hal kayak gini harus kita pertimbangkan dengan baik demi masa tua yang lebih cerah. Kita ga mau kan susah di masa tua gara-gara tabungan kita minim?

Jadi, yuk, mulai pertimbangkan buat punya tabungan pensiun dari sekarang. Ini investasi buat masa tua yang ga boleh kita remehin.

25. Ngutang

Ngutang bisa jadi kendala besar dalam manajemen keuangan kita dengan baik. Kalo kita punya utang, kita harus alokasikan sebagian penghasilan kita buat bayar tagihan utang tersebut setiap bulannya.

Buat nemu cara mengelola keuangan yang baik, sebaiknya kita berusaha selesaiin segala bentuk utang yang ada dulu.

Kalo utang udah selesai, kita bisa mulai mengalokasikan dana yang tadinya buat bayar utang untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, kayak investasi atau menabung.

Dengan begitu, kita bisa mempersingkat waktu buat mencapai keuangan yang lebih sehat dan sesuai dengan tujuan kita.

26. Ga Bayar Utang Tepat Waktu

Selanjutnya, ngutang adalah 1 hal. Sedangkan bayar utang ada hal lain lagi.

Bayar utang tepat waktu itu penting banget dalam mengelola keuangan dengan baik. Kita semua punya beban keuangan kayak bayar listrik, air, kontrakan rumah, atau cicilan yang harus kita tanggung.

Dengan tahu beban pokok yang harus kita bayar setiap bulannya, kita bisa lebih aware tentang pengeluaran apa yang bisa kita kurangi.

Saat kita punya pendapatan, sebaiknya kita bayarkan beban-beban pokok ini langsung dan jangan ditunda-tunda. Kalo kita tunda-tunda, nanti bisa jadi penumpukan utang yang bikin pengeluaran kita ga terkendali.

Kurangilah utang kartu kredit khususnya untuk hal-hal yang ga terlalu penting. Utang kartu kredit bisa bikin beban keuangan tambah berat, dan kita ga mau kan hasil kerja keras kita sebulan habis buat bayar utang dan cicilan doang?

27. Ga Belajar Manajemen Keuangan Personal

Gimana caramu kelola keuangan mu hari ini?
Udah catat pengeluaran dan pemasukan?
Udah pernah ikutan kelas ato tonton video soal manajemen keuangan?

Manajemen keuangan pribadi itu butuh waktu. Dengan catata keuangan harian, jadi langkah awal latihan.

Di awal, manajemen keuangan bisa jadi tantangan besar, apalagi kalo pendapatan kita terbatas. Menentukan prioritas juga bisa jadi susah.

Pernah denget, sulit dapat sulit lupa. Berlaku juga dalam urusan manajemen keuangan.

Tapi, semakin kita terbiasa dan konsisten dalam manajemen keuangan dengan bijak, semakin baik kondisi keuangan kita. Kalo kita terus-menerus melatih diri kita untuk mengelola keuangan dengan baik, itu bakal berdampak positif buat keuangan kita.

Jadi, jangan takut buat belajar dan terus berlatih manajemen keuangan pribadi. Semakin kita melakukannya, semakin baik kita jadi dalam mengelola keuangan kita.

++ Ga Perhatiin Penggunaan Cash / Cashless

Permasalahan ini sering banget terjadi, terutama karna banyaknya metode pembayaran digital yang nawarin diskon atau promosi keren. Kita sering kali tergoda buat isi saldo di akun digital kita buat dapetin cashback atau diskon, yang akhirnya bisa bikin kita boros.

Nah, yang penting kalo kita pake pembayaran digital, kita harus punya perencanaan yang jelas. Kita harus tahu persis buat apa kita isi saldo tersebut. Misalnya, kita isi buat biaya transportasi karna lebih murah atau buat makan siang selama 20 hari kerja dengan budget yang udah kita tetapin per harinya.

Kita juga harus punya komitmen buat ga mengisi saldo lagi kalo udah habis dalam waktu kurang dari sebulan. Kalo ga, uang kita bakal terus-terusan habis buat ngisi saldo, dan itu ga sehat buat keuangan kita.

Jadi, penting banget buat punya perencanaan dan komitmen buat menghindari pemborosan ketika pake pembayaran digital.

++ Ga Tau Aturan Hukum Keuangan

Tau ga aturan yang ngatur keuangan pribadi?

Ini ga harus tau dalem sih. Minimal tau aja. Supaya kita bisa terhindar dari masalah manajemen keuangan yang salah.

Ini dia beberapa lembaga dan peraturan keuangan pribadi yang perlu kita tau:

  1. Pajak Penghasilan (PPh)
    Ini nih yang kadang bikin dompet agak ringan. Sebagai warga Indonesia, kita harus bayar pajak buat penghasilan kita. Pajak ini berlaku untuk segala jenis penghasilan, mulai dari gaji, bisnis, investasi, dan lain sebagainya. Tapi ya, jangan lupa, aturan PPh bisa berubah-ubah, jadi harus tetep update.
  2. Undang-Undang Perbankan:
    Nah, kalo soal urusan bank, kita punya undang-undang perbankan yang ngatur macem-macem, kayak buka rekening, pinjeman, dan juga perlindungan buat kita, para nasabah bank.
  3. Peraturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
    OJK ini jadi bosnya institusi keuangan di Indonesia, kayak bank, asuransi, dan pasar modal. Mereka punya aturan sendiri yang ngejaga aktivitas keuangan dan perlindungan nasabah.
  4. Peraturan Pembayaran Digital
    Kita juga punya aturan buat urusan pembayaran digital dan uang elektronik. OJK dan Bank Indonesia ngurusin ini, soalnya teknologi terus berkembang.
  5. Peraturan Perlindungan Konsumen
    Ini yang bikin kita aman sebagai konsumen. Ada peraturan yang melindungi hak-hak kita dalam bertransaksi dan urusan produk keuangan.
  6. Peraturan Investasi
    Kalo kamu suka berinvestasi, ada aturan yang ngatur macem-macem jenis investasi, misalnya saham, obligasi, reksa dana, dan lain-lain.

Ga kalah penting, ya, untuk selalu ngikutin dan pahami peraturan-peraturan ini. Soalnya, aturan-aturan ini bisa berubah sewaktu-waktu. Kalau ada pertanyaan atau butuh info lebih lanjut tentang peraturan keuangan, bisa konsultasi sama ahli keuangan atau lembaga yang ngurusin. Jadi, intinya, jangan gegabah dalam urusan keuangan, ya! 😉📜💼

++ Amal/Perpuluhan

Kalo diatas bahas soal hukum manusia. Sekarang masuk ke hukum dari pencipta manusia.

Terakhir yang paling sering jadi masalah dan dilupain.

Penting nih.

Ada kewajiban keuangan dari sisi spiritual. Buat temen-temen Muslim ada Amal, buat temen-temen Kristen Katolik ada perpuluhan, buat temen-temen agama lain boleh share di kolom komentar ya.

Disini penulis taunya dari sisi Kristen doang nih. Perpuluhan itu adalah bagian Tuhan, jadi kita kembalikan apa yang menjadi milik Tuhan. Percaya ato ga? Temen2 taat Perpuluhan, keuangannya lebih daripada yang ga.

Penutup

Jadi akhirnya … manajemen keuangan pribadi dengan bijak memang ga selalu gampang.

Tapi dengan kesadaran dan langkah-langkah yang tepat, kita bisa menghindari banyak masalah keuangan.

Mulai dari membuat anggaran, menabung, berinvestasi, menghindari utang yang ga perlu, hingga manajemen pembayaran digital dengan bijak, semua langkah-langkah ini bisa membantu kita mencapai stabilitas keuangan dan mencapai impian di masa depan.

Ingatlah selalu, belajar dan berlatih dalam manajemen keuangan itu kunci keberhasilan, dan semakin kita terbiasa, semakin baik kita dalam menjalani perjalanan keuangan kita.

Jadi, yuk, mulai sekarang terapkan langkah-langkah cerdas ini dan jaga keuangan pribadi kita agar selalu sehat dan stabil.

Kita bisa melakukannya!

Menurutmu ada masalah manajemen keuangan lainnya ga?

Silahkan komentar dibawah ya.

Butuh artikel solusi buat masalah keuangan mu?

Boleh hubungi lewat WA ato komen dibawah ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *