Memviralkan Fakta Di Medsos Bisa Kena Pasal Pencemaran Nama Baik?

Kalian kalau sedang ada fakta menarik ingin memviralkan nya di Medsos? Tapi apakah kalian pernah berfikiran bisa kena pasal pencemaran nama baik ga??

Nah mari kita bahas!

Pencemaran nama baik atau defamation itu perbuatan yang dilarang pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atau KUHP, pencemaran nama baik terdiri dari beberapa pasal, yaitu:

  1. Pasal 310 ayat 1 tentang pencemaran secara lisan
  2. Pasal 310 ayat 2 tentang pencemaran secara tulisan
  3. Pasal 311 tentang fitnah
  4. Pasal 315 tentang penghinaan ringan
  5. Pasal 317 tentang pengaduan palsu atau fitnah
  6. Pasal 318 tentang persangkaan palsu
  7. Pasal 320-321 tentang penghinaan kepada orang yang sudah meninggal

Sedangkan pencemaran nama baik lewat media elektronik dilarang pada UU ITE Pasal 27 ayat 3. Jika melanggar maka akan dijerat pidana paling lama empat tahun penjara atau denda paling banyak 750 juta.

Tetapi hal tersebut menjadi kontroversi di masyarakat yang akhirnya di terbitkanlah Keputusan Bersama Jaksa Agung, Menteri Komunikasi dan Informatika, dan Kepala Polisi Negara Nomor 229, 154, KB/2/VI/2021 Tahun 2021 yang pada lampirannya (hal. 9-14), mengatur beberapa hal seperti:

  1. Apabila konten berupa penghinaan (ejekan, cacian, kata tidak pantas) atau pendapat, hasil evaluasi, atau kenyataan bukan sebuah tindak pidana UU ITE pasal 27 ayat 3.
  2. Tindak pidana UU ITE Pasal 27 ayat 3 merupakan tindak untuk aduan yang absolut akhirnya harus korban yang mengadukan ke aparat penegak hukum
  3. Apabila fakta yang dituduhkan sedang di proses hukum, maka faktanya harus dibuktikan dulu kebenarannya sebelum diproses oleh aparat penegak hukum.

Tetapi kalian perlu tahu apabila si penyebar dapat menjadi tersangka minimal ada dua alat bukti yang sah dan didukung barang bukti.

Tetapi perlu diingat apabila si penyebar merupakan korban atau saksi, maka ia berhak mendapatkan perlindungan dan bebas dari ancaman yang berkaitan dengan kesaksian yang diberikannya.

Nah guys itulah beberapa hal yang harus #MasBro #MbakBro perhatikan jika ingin menyebarkan atau memviralkan fakta, jadi kalian harus ingat ingat hal yang udah Mimin kasih tau diatas ya. Dan jangan lupa ingat bahwa hukum itu ada!! dan adil!

Kesimpulan

Alhamdulillah
Akhirnya selesai juga ya.

Masih ada yang belum kita bahas ya guys?
Yuk mau request bahas tentang hukum negara yang mana lagi nih?

Silahkan untuk dikomen ya #MasBro #MbakBro.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih

Hukumonline.com dibuka pada 13.28 WIB hari Sabtu, 31 Juli 2021
canva.com dibuka pada pukul 13.00 WIB hari Sabtu, 31 Juli 2021

Kata Kunci Yang Sering Dicari
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM,

1 tanggapan pada “Memviralkan Fakta Di Medsos Bisa Kena Pasal Pencemaran Nama Baik?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *