Apa Sih Pengertian Pengantar Hukum Indonesia?

  • by

Salam #MasBro #MbakBro

Pengantar Ilmu Hukum (PIH) dan Pengantar Hukum Indonesia (PHI) merupakan sama-sama mata kuliah dasar. Jika PIH menjadi pengantar untuk mempelajari Ilmu Hukum secara umum, maka PHI juga menjadi pengantar untuk memahami tentang Hukum Indonesia.

Apa Sih Pengertian Pengantar Hukum Indonesia?

1. Etimologi

Pengantar Hukum Indonesia juga terbagi menjadi pengantar dan hukum Indonesia. Kata pengantar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan perluasan dari kata antar. Artinya adalah alat untuk mengantarkan ato pandangan umum secara ringkas sebagai pendahuluan.

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian Pengantar Hukum Indonesia adalah mengantarkan ato memperkenalkan secara garis besar Hukum Indonesia kepada siapa aja yang berminat mempelajarinya. Seperti PIH, PHI juga hanya membeberkan secara umum tata hukum yang berlaku di Indonesia.

3. Menurut Ahli

a. R. Abdul Djamali

Pengantar Hukum Indonesia, R. Abdul Djamali menyebutkan kalo Tata Hukum berasal dari bahasa Belanda Recht Orde. Artinya adalah susunan hukum. Dengan kata lain tata hukum Indonesia adalah menyusun dengan baik dan tertib aturan-aturan hukum dalam pergaulan hidup agar dengan mudah diketahui dan digunakan untuk menyelesaikan setiap peristiwa hukum yang terjadi. Maka itu dalam tata hukum  terdapat aturan hukum yang berlaku pada saat dan tempat tertentu. Inilah yang disebut dengan hukum positif (ius constitutum).

b. Soediman Kartohadiprodjo

Pengantar Hukum Indonesia menurut ahli seperti Soediman Kartohadiprodjo ga jauh beda. Yang dimaksud tata hukum Indonesia adalah hukum yang berlaku di Indonesia. Arti kata “berlaku” di sini adalah memberi akibat hukum kepada peristiwa dalam pergaulan hidup yang terjadi pada saat ini. Bukan peristiwa pada masa lampau ato bahkan masa yang akan datang.

c. Kusumadi Pudjosewojo

Pernyataan ga jauh berbeda diungkap Kusumadi Pudjosewojo. Dia mengatakan bahwa  tiap bangsa punya tata hukum sendiri. Begitu pula dengan bangsa Indonesia yang mempunyai tata hukumnya sendiri. Siapa pun yang mempelajari tata hukum Indonesia ingin mengetahui hukum yang berlaku saat ini di negara Indonesia.

d. Achmad Sanusi

Sementara Achmad Sanusi mengatakan bahwa Pengantar Hukum Indonesia merupakan sebuah pelajaran pengantar ilmu hukum sebagai sebuah hukum positif yang berlaku di Indonesia. Materi yang dipelajari PHI adalah konsep dan teori hukum yang berlaku di Indonesia sesuai dengan idealisme bangsa Indonesia.

Lalu apa tujuan kita mempelajari Pengantar Hukum Indonesia? Tujuan Pengantar Hukum Indonesia tak lain untuk mempelajari susunan sistematika tata hukum di Indonesia. Tujuan Pengantar Hukum Indonesia lainnya adalah untuk membantu tata tertib di masyarakat.

Dengan mengetahui tata hukum yang saat ini berlaku maka dapat menumbuhkan tingkat kesadaran hukum masyarakat. Masyarakat tau mana yang melanggar hukum, mana yang mematuhi hukum. Tujuan Pengantar Hukum Indonesia berikutnya adalah mengetahui fungsi hukum yaitu yang mengajarkan dasar-dasar pengetahuan di antara hukum.

PHI Justru Lebih Fokus pada Hukum Positif di Indonesia

Dapat disimpulkan bahwa tujuan dari Pengantar Hukum Indonesia adalah ingin mengetahui lebih dalam soal:
1.Macam-macam bentuk dan isi hukum yang berlaku di Indonesia.
2.Kedudukan hak dan kewajiban tiap orang dalam masyarakat dan negara menurut hukum Indonesia.
3.Prosedur hukum yang harus dijalani jika mengahadapi masalah hukum dengan setiap orang dan para pelaksana hukum Indonesia.
4.Jenis lembaga ato institusi pembentuk ato pembuat dan pelaksana ato penegak hukum menurut hukum Indonesia.
5.Perbuatan apa aja yang dilarang, diharuskan, dan diperbolehkan menurut hukum Indonesia.

Baca Juga : Apa Sih Itu Pengertian Peristiwa Hukum?

karya joao silas

Lulusan hukum?
Lagi cari artikel hukum?
Coba cari di website ini?
Udah pernah menulis tentang hukum?
Kalo belum, Asah ilmu mu dengan daftar untuk menulis ulasannya.
Mau tanya? klik bit.ly/NULISartikelHUKUM

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Mencari uang receh sampe ke dalam saku
Menyeberangi kali Ciliwung pake sampan
Pahami dan dalami Ilmu Hukum yang berlaku
Agar hidup lebih jelas arah dan tujuan

Sumber Tulisan
Adrianus Eryan. 2013. Catatan Pengantar Ilmu Hukum http://bem.law.ui.ac.id/fhuiguide/uploads/diktat/pengantar-ilmu-hukum-(ver-1.1).pdf  diakses pukul 14:35 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Agung Gumelar. 2013. Pengantar Ilmu Hukum acceleneun.blogspot.co.id/2013/02/pengantar-ilmu-hukum.html diakses pukul 13:29 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Tim kekitaan. 2015. Perbedaan PIH dan PHI kekitaan.com/2015/09/29/perbedaan-pih-dan-phi-serta-pengantar-pengantar-ilmu-hukum-pih-1-hukumkita5/ diakses pukul 13:05 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Umar Said. 2012. Pengantar Hukum Indonesia usaidsugiharto.blogspot.co.id/2012/05/pengantar-hukum-indonesia-bab-1.html  diakses pukul 16:01 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Yhuel. 2016. Pengantar Ilmu Hukum kuliahhukum.com/pengantar-ilmu-hukum/ diakses pukul 13:05 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017

Sumber Gambar
hukumonline.com diakses pukul 22:01 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
jasahukumsurabaya.blogspot.co.id diakses pukul 22:55 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
lbhmawarsaron.or.id diakses pukul 22:25 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
slideshare.net diakses pukul 22:40 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017

Kata kunci lain yang sering dicari…

Tinggalkan Balasan