Perekonomian Indonesia Kala Masa Pandemi

6x   0 03:24 menit

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Pandemi Covid-19 sudah setahun lebih berasa di Indonesia sejak pemerintah mengonfirmasi kasus virus Covid-19 pertama kali muncul di Indonesia pada 2 Maret 2020. Tak hanya merugikan Indonesia dalam bidang kesehatan, Covid-19 ini juga sangat mempengaruhi aktivitas ekonomi di Indonesia

Keputusan pemerintah Indonesia menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak April 2020 sangat  berdampak pada proses produksi, distribusi, dan kegiatan operasional lainnya sehingga terjadi penurunan kinerja ekonomi Indonesia.

Banyak perusahaan yang mengalami penurunan bahkan kebangkrutan serta banyak pegawai yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sehingga angka pengangguran dan kemiskinan meningkat pada 2020.

pasangIN iklan mu disini!

Biaya lebih hemat dan tepat sasaran dengan tampil 24 jam.
Penjualan jadi meningkat.
BONUS review.

Selama ini konsumsi rumah tangga menjadi salah satu tumpuan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pada 2019, konsumsi rumah tangga memberikan kontribusi hingga 57 persen pada pertumbuhan ekonomi. Namun sepenjang 2020 pandemi membuat jutaan pekerja kehilangan pendapatannya sehingga daya beli masyrakat terus menurun selama pandemi.

Salah satu upaya agar ekonomi Indonesia tidak terus menurun ialah masyarakat harus menaati protokol kesehatan yang ada agar pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir. Serta upaya pemerintah dalam menangani pandemi ialah penyuntikan vaksin. Saat ini pemerintah sedang mengupayakan agar seluruh masyarakat yang di memenuhi syarat melakukan vaksinasi segera selesai.

Suka menulis?

Masih dijadiin hobi doang?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
Menulis dapat uang

Secara umum, perekonomian 2021 tampaknya akan lebih baik, jika syarat ketersediaan vaksin terpenuhi dan upaya perataan kurva penularan COVID-19 terus dilakukan.

Namun, ketersediaan vaksin tidak serta merta menyelesaikan persoalan karena pada saat yang sama perekonomian Indonesia tetap dibayangi oleh sejumlah persoalan klasik yang hingga kini belum terselesaikan seperti persoalan ketahanan pangan, perdagangan internasional, pemberdayaan UMKM, dan lain-lain.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
Dwi Mulyanti

Kata kunci lain yang sering dicari …
tulisIN,
Rabu, 21 April 2021, Rabu 21 April 2021, Karya Siswa SMK Wikrama Bogor & Garut,
Perekonomian Indonesia Kala Masa Pandemi, Perekonomian Indonesia, Masa Pandemi, Perekonomian, Indonesia, Pandemi,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *