Punya Usaha? Nama Usahamu Udah Didaftarin Belum Nih?

Punya Usaha? Nama Usahamu Udah Didaftarin Belum Nih?

   Cari kata KBBHukum

lain? 1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Punya Usaha? Udah Didaftarin? Gimana sih cara mendaftarkan nama usaha di Ditjen KI? Ini dia panduan mendaftarkan nama usaha di DITJEN KI.

Salam #MasBro #MbaBro

Hai Semua!

APa kabar nih kalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat yaa, kali ini pasti kalian udah tau dong kita bakal bahas tentang apa? Bener banget kali ini kita bakal bahas tentang Kalian Punya Usaha? Nama Usahamu Udah Didaftarin Belum Nih? Berikut Panduannya. Ada yang ingin mendaftarkan nama usaha kalian tidak? atau mungkin sudah di daftar kan? bagi yang belum kalian penasaran ga sih sama panduannya gimana cara untuk mendaftarkan nama usaha itu seperti apa? kalau gitu yuk langsung aja simak baik-baik panduan berikut.

Kalian masih kurang paham dengan apa yang dimaksud “pendaftaran nama usaha di Ditjen KI”. Menurut hemat kami, pendaftaran nama usaha setidaknya bisa berarti dua hal yaitu:

  1. Pendaftaran nama badan usaha dalam proses pendirian.
  2. Pendaftaran nama badan usaha sebagai merek.

Oleh karena itu, kami akan menjelaskan nya secara rinci dan satu persatu.

Pendaftran nama badan usaha dalam proses pendirian itu tergantung dengan usaha kalian sendiri, kalau bentuk nya badan usaha dan bukan badan hukum misalnya CV. Pendaftarannya merujuk ke Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 17 Tahun 2018, yang mana ketentuan pengajuan dan pemakaian nama. Kalau badan usaha kalian adalah bentuk badan hukum misalkan PT pemesanan nama kalian bisa lewat Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum.

Baca Juga
Pasal Menjerat Penipu Jual Beli Online
Gandeng IDI, Persatuan Insinyur Indonesia Bakal Wujudkan RI Mandiri Di Bidang Kesehatan

Sedangkan jika bentuk badan usahanya adalah badan hukum, maka masing-masing terdapat tahapan pengajuan nama.

Jika kalian secara pribadi ingin memesan nama PT, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pemesanan Nomor Voucher
    a. Pertama-tama kalian harus membelu kode voucher terlebih dahulu
    b. Isi formulir yang tersedia
    c. Kalian akan menerima bukti pemesanan nomor voucher via website
  2. Pembayaran Nomor Voucher
    a. Unduh dan pasang aplikasi YAP! , lalu login
    b. Klik ikon lonceng di pojok kanan atas untuk melihat notifikasi pemesanan nomor voucher
    c. Masuk pada halaman ‘Tinjau Pembayaran’ dan klik tombol ‘Bayar’.
    d. Lalu pilih sumber dana, klik ‘lanjut’, dan kemudian masukkan PIN Debit.
    e. Jika pembayaran telah berhasil, akan muncul pemberitahuan ‘Pembayaran Sukses’.
  3. Pengisian Form Pesan Nama Perseroan
    a. Setelah membayar nomor voucher, isikan data pada formulir Pesan Nama Perseroan.
    b. Isi formulir yang tersedia
    c. Lalu akan muncul beberapa pilihan domain website perseroan
    d. Pilih domain website yang tersedia
    e. Ceklis semua pernyataan Syarat dan Ketentuan dan klik ‘Setuju’.
    f. Setelah itu, akan muncul formulir Pengisian Data Pemohon dan isi kembali data di bagian bawah
    g. Klik ‘Pesan Sekarang’ jika pesanan nama telah sesuai atau klik ‘Kembali’ jika pesanan nama tidak sesuai.
    h. Jika sudah sesuai dan klik ‘Lanjut’, akan tampil halaman persetujuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
    i. Klik ‘Download bukti pesan’ dan selanjutnya lampiran bukti pesan nama diberikan ke Notaris untuk melanjutkan ke proses pendirian.

Suka menulis?

Masih dijadiin hobi doang?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
Menulis dapat uang

Lalu jika kalian ingin nama badan usaha terdaftar sebagai merek, kalian harus mendaftarkannya ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, sebab nama badan usaha dan merek itu kedua hal yang berbeda. Berikut panduannya:

  1. Permohonan Pendaftaran Merek secara Elektronik
  2. Permohonan Pendaftaran Merek secara Non-elektronik

Kesimpulan

Jadi jika kalian ingin mendaftarkan nama usaha dan merek itu kalian harus mengikuti panduannya. Dan nama usaha dan merek itu kedua hal yang berbeda dan memiliki panduannya masing masing.

Punya cerita tentang lagu ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

pasangIN iklan mu disini!

Biaya lebih hemat dan tepat sasaran dengan tampil 24 jam.
Penjualan jadi meningkat.
BONUS review.

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 14.41 WIB pada hari Sabtu tanggal 11 September 2021

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari …
tulisIN, September 2021, September, 2021,
Usaha,Nama Usaha, Daftar Nama Usaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *