Siapa Sih Dewa 19?

Salam #MasBro #MbakBro

Kuterima suratmu.Tlah kubaca dan aku mengerti. Betapa merindunya  dirimu akan hadirnya diriku....”.

#MasBro #MbakBro pernah dengar lirik lagu legenda kayak gitu ga? Tau siapa penyanyinya? Yang belum tau, nih kita kasih bocoran. Penyanyinya adalah Dewa 19.

Obrolan kita hari ini adalah rangkain program kekitaan yaitu #Me-LirikLagu dan #Bo-Chord. Kita terbitin karya setiap hari tentang #PengalamanPribadi orang atas setiap #LaguIndonesia yang pernah didenger.

Kalo mau cerita, silahkan komen dibawah ato hub admin kita ya.

Siapa Sih Dewa 19?

Yang pernah hidup di tahun 90 an, sebagian besar pasti tahu band yang satu ini. Lagu-lagu yang pernah dibawakan grup band Dewa 19 layak dinamakan lagu yang tak lekang oleh zaman. Sampai sekarang, lagu-lagunya masih enak didengar baik oleh pecinta Dewa 19 atau pun mereka yang bahkan belum tahu siapa itu Dewa 19.

Dewa 19 merupakan band asal Surabaya, Jawa Timur, yang dibentuk pada tahun 1986 oleh empat anak SMP Negeri 6  Surabaya. Awalnya nih band ini bernama Dewa yang merupakan akronim dari nama mereka berempat: Dhani Ahmad (keyboard, vokal), Erwin Prasetya (bass), Wawan Juniarso (drum) dan Andra Junaidi (gitar).

Perubahan Nama dan Personel

Dalam perjalanan karier musiknya, terjadi beberapa perubahan nama. Nama Dewa kemudian berubah menjadi Down Beat yang diambil dari nama majalah jazz terbitan Amerika Serikat. Kemudian berubah lagi menjadi Dewa 19 setelah para personelnya rata-rata berusia 19 tahun.

Para personelnya pun juga beberapa kali mengalami pergantian. Para personelnya keluar masuk karena ada beberapa sebab. Di antaranya adalah Wawan, Ari Lasso, Erwin, Wong Aksan, Once Mekel, Tyo Nugros, dan beberapa additional player lain. Personel yang tetap hanyalah Dhani dan Andra.

Album yang dikeluarkan Dewa 19 nyaris semuanya meledak di pasaran. beberapa macam penghargaan diterima sepanjang karier musiknya. Ga heran  jika Dewa 19 diakui sebagai salah satu legenda atau ikon terbesar dalam sejarah musik populer Indonesia.

Yuk kita kepoin, album apa aja yang menjadi buah karya Dewa 19 serta apa aja sih lagu-lagu kecenya.

DEWA 19 (1992)

Pada tahun 1992, Dewa 19 merilis album  perdananya melalui label Team Records. Ga disangka, album ini meledak  di pasaran. Single yang berjudul “Kangen” dan “Kita Tidak sedang Bercinta Lagi” memikat hati pecinta musik tanah air. Apa #MasBro #MbakBro termasuk juga?

Musikalitas arek-arek Suroboyo ini kemudian mendapat apresiasi yang luar biasa. Sederet penghargaan mulai diterimanya. Di antaranya adalah penghargaan di BASF Awards 1993, masing-masing untuk kategori “Pendatang Baru Terbaik” dan “Album Terlaris 1993”

Daftar Lagu:

  1. Kangen (Ku Akan datang)
  2. Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi
  3. Bayang-Bayang
  4. Selamat Pagi
  5. Swear
  6. Bayi 19
  7. Rein
  8. Dewa dan Si Mata Uang
  9. Hanya Mimpi

FORMAT MASA DEPAN (1994)

Album ini dirilis 2 tahun sejak album perdana, yaitu tahun 1994. Lagi-lagi, single mereka bertajuk “Aku Milikmu” dan “Tak Akan Ada Cinta Yang Lain” memikat hati pecinta musik Indonesia.

Pada saat bikin album kedua ini, salah satu personel yang bernama Wawan hengkang dari Dewa 19. Untuk sementara, posisinya digantikan oleh drummer band Grass Rock, Rere Reza.

Daftar Lagu:

  1. Aku Milikmu
  2. Masihkah Ada
  3. Still I’m Sure We’ll Love Again
  4. Sembilan Hari dan Liberty
  5. Format Masa Depan
  6. Mahameru
  7. Imagi Cinta
  8. Selamat Ulang Tahun
  9. Deasy
  10. Tak ‘Kan Ada Cinta Yang Lain

TERBAIK-TERBAIK (1995)

Selang 1 tahun kemudian, Dewa 19 kembali bikin album yang bertajuk Terbaik-terbaik. Album ini memiliki konsep musik pop rock yang dikembangkan dengan menambah unsur-unsur jazz, folk, funk dan ballad. Wah, semakin kaya nih genre musiknya.

Mendengarkan album ketiga Dewa 19 ini dari awal sampai selesai, seperti menikmati perjalanan pengaruh musik dari satu genre ke genre lainnya. Mau rock? Ada single Cukup Siti Nurbaya yang bikin semangat. Mau yang mellow? Ada single  ‘Cinta Kan Membawamu Kembali‘ yang minimalis (namun super menyayat hati).

Daftar Lagu:

1. IPS

2. Cukup Siti Nurbaya

3. Satu hati (Kita semestinya)

4. Terbaik-Terbaik

5. Hanya Satu

6. Cinta ‘Kan Membawamu Kembali

7. Manusia Biasa

8. Restoe Boemi

9. Hitam Putih

10. Jalan Kita Masih Panjang

11. Jangan Pernah Mencoba

PANDAWA LIMA (1997)

Pandawa Lima menjadi album keempat Dewa 19 yang dirilis pada tahun 1997. Agak nyeleneh dari album-album sebelumnya, album ini banyak memasukkan unsur jazz di dalamny seperti lagu ‘Kirana’ dan ‘Aku di Sini Untukmu’. Meski agak aneh didengar telinga tapi tetap dong, berhasil memikat hati pecinta musik Indonesia.

Melalui album ini, Dewa 19 sukses meraih 6 penghargaan di Anugerah Musik Indonesia 1997, yaitu untuk “Lagu Alternatif Terbaik”, “Lagu Terbaik Umum”, “Duo/Grup Alternatif Terbaik”, “Album Rhythm & Blues Terbaik” serta “Sampul Album Terbaik”. Album ini juga sangat laris di pasaran hingga terjual lebih dari 800 ribu keping dan mendapat sertifikat 5x Platinum. Keren kan?

Daftar Lagu:

  1. Kirana
  2. Aku Di Sini Untukmu
  3. Bunga
  4. Suara Alam
  5. Sebelum Kau terlelap
  6. Satu Sisi
  7. Aspirasi Putih
  8. Cindi
  9. Petuah Bijak
  10. Selatan Jakarta
  11. Kamulah Satu-Satunya

THE BEST OF DEWA 19 (1999)

Setelah perilisan album keempat, Dewa 19 memutuskan vakum beberapa waktu. Yach, ini tak lain diakibatkan berbagai persoalan di tubuh Dewa 19. Masalah terbesar adalah dikeluarkannya dua personel akibat kecanduan narkoba, yaitu Erwin dan Ari Lasso. Persoalan ini membikin Dewa 19 hanya menyisakan dua personel resmi aja yakni Ahmad Dhani dan Andra.

Pada tahun 1999 Dewa 19 merilis album yang berisi kumpulan lagu Dewa 19 semasa Ari Lasso masih menjabat sebagai vokalis. Ada tambahan lagu baru yang berhasil nge-hits, yakni “Elang” dan “Persembahan dari Surga”.

Daftar Lagu:

  1. Elang
  2. Kirana
  3. Aku Milikmu
  4. Cukup Siti Nurbaya
  5. Cinta ‘Kan Membawamu Kembali
  6. Kangen
  7. Aku Di Sini Untukmu
  8. Kamulah Satu-Satunya
  9. Satu Hati (Kita Semestinya)
  10. Persembahan dari Surga

BINTANG LIMA (2000)

Ada yang baru nih di album Bintang Lima yang dirilis tahun 2000. Ada nama Once Mekel yang menggantikan posisi Ari Lasso sebagai vokalis. Si ganteng Tyo Nugros didapuk sebagai drummer baru Dewa  19. Nama Dewa 19 pun berubah seiring dengan bergantinya personel menjadi “Dewa” aja, tanpa ada angka 19 di belakangnya.

Formasi baru ini bikin Baladewa, sebutan untuk penggemar setia band Dewa, harus beradaptasi karena emang warna vokal Once Mekel sangat berbeda dengan Ari Lasso. Ga nyangka, justru denga formasi baru ini, band Dewa meraih puncak kesuksesan.

Selain sangat laris di pasaran yakni sukses terjual lebih dari 1,7 juta keping hingga menjadi salah satu album terlaris di Indonesia, album ini  berhasil menyabet tiga penghargaan AMI Awards 2000, yaitu “Penyanyi/Group Terbaik”, “Lagu Terbaik” (“Roman Picisan”) dan “Album Terbaik”.

Daftar Lagu:

  1. Mukadimah
  2. Roman Picisan
  3. Dua sejoli
  4. Risalah Hati
  5. Separuh Nafas
  6. Cemburu
  7. Hidup Adalah Perjuangan
  8. Lagu Cinta
  9. Cinta adalah Misteri
  10. Sayap-Sayap Patah
  11. 1000 Bintang

CINTAILAH CINTA (2002)

Album keenam Dewa dirilis pada tahun 2002. “Arjuna” menjadi “Lagu Terbaik” pada ajang AMI Awards 2002.  Lagu hits lainnya adalah “Pupus”. Pupus membawa syarat lengkap untuk menjadi lagu sepanjang masa. Refrain yang catchy, lirik yang jleb bagi orang yang sedang patah hati, hingga melodi gitar Andra di akhir lagu yang kini banyak menjadi pilihan lagu cover para musisi di Youtube.

Daftar Lagu:

  1. Arjuna
  2. Kosong
  3. Mistikus Cinta
  4. Angin
  5. Pupus
  6. Cintailah Cinta
  7. Kasidah Cinta
  8. Bukan Rahasia
  9. Air Mata

ATAS NAMA CINTA (2004)

Atas Nama Cinta adalah sebuah album live karya grup band Dewa 19, yang dirilis pada tahun 2004. Seluruh lagu di album ini merupakan rekaman konser Dewa 19 pada saat Tour Atas Nama Cinta. Album ini dirilis dalam 2 CD, yaitu Atas Nama Cinta I dengan 11 buah lagu dan Atas Nama Cinta II dengan 10 lagu. Di album ini juga terdapat lagu-lagu Dewa 19 di era Ari Lasso menjadi vokalis seperti “Restoe Boemi”, “Bunga”,”Elang”,dan lainnya, yang kali ini dinyanyikan oleh Once.

Daftar Lagu:

Atas Nama Cinta I

  1. “Separuh Nafas”
  2. “Restoe Boemi”
  3. “Aku Milikmu”
  4. “Cukup Siti Nurbaya”
  5. “Bukan Rahasia”
  6. “Mistikus Cinta”
  7. “Lagu Cinta”
  8. “Elang”
  9. “Kasidah Cinta”
  10. “Pupus”
  11. “Cemburu”

Atas Nama Cinta II

  1. “Kosong”
  2. “Bunga”
  3. “Dua Sejoli”
  4. “Hidup Adalah Perjuangan”
  5. “Juara Sejati”
  6. “Angin”
  7. “Manusia Biasa”
  8. “Arjuna”
  9. “Roman Picisan”
  10. “Kamulah Satu-Satunya”

LASKAR CINTA (2004)

Daftar Lagu:

  1. Pangeran Cinta
  2. Atas Nama Cinta
  3. Satu
  4. Indonesia Saja
  5. Sweetest Place
  6. Hidup Ini Indah
  7. Cinta Gila
  8. Nonsense
  9. Hadapi Dengan senyuman
  10. Matahari Bintang Bulan
  11. Aku Tetaplah Aku
  12. Shine On

REPUBLIK CINTA (2006)

Secara keseluruhan, lagu-lagu di dalam album ini masih didominasi warna rock dan pop ala Dewa 19. Yang cukup kontras, lagu “Laskar Cinta”, Dhani mencoba meramunya dengan irama world music.

Daftar Lagu:

  1. Laskar Cinta – Chapter One
  2. Laskar Cinta – Chapter Two
  3. Emotional Love Song”
  4. Larut
  5. Sedang Ingin Bercinta
  6. Perasaanku Tentang Perasaanku Kepadamu
  7. Lelaki Pecemburu
  8. Lover’s Rhapsody
  9. I Want to Break Free
  10. Flower In The Desert
  11. Live On
  12. Selimut Hati

KERAJAAN CINTA (2007)

Kerajaan Cinta adalah sebuah album kompilasi karya grup band Dewa 19 yang dirilis pada tahun 2007. Album ini memuat 2 lagu baru, yaitu “Dewi” dan “Mati Aku Mati”, sementara selebihnya merupakan lagu-lagu dari album Republik Cinta, serta empat lagu lama yang diremix atau direkam ulang. Ini merupakan album terakhir Dewa 19, sebelum akhirnya resmi dibubarkan pada tahun 2011.

Daftar Lagu:

  1. “Dewi”
  2. “Mati Aku Mati”
  3. “Roman Picisan” (New Version)
  4. “Separuh Nafas” (New Version)
  5. “Kangen” (New Version)
  6. “Angin” (New Version)
  7. “Sedang Ingin Bercinta”
  8. “Laskar Cinta” Chapter One
  9. “Laskar Cinta” Chapter Two
  10. “Emotional Love Song”
  11. “Larut”
  12. “Perasaanku Tentang Perasaanku Kepadamu”
  13. “Lelaki Pencemburu”
  14. “Selimut Hati”

Google mesin mencarinya
kekitaan adalah sumbernya
Disini #MasBro #MbakBro bisa meminta dicariin informasi apapun … hmm yang positif
Silahkan ngobrol sama kita ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber tulisan
wikipedia.org dibaca 23:00 WIB pada hari Rabu tanggal 24 Juni 2020

axe.com dibaca 23:00 WIB pada hari Rabu tanggal 24 Juni 2020

84 tanggapan pada “Siapa Sih Dewa 19?”

  1. Pingback: Bo-Chord Air Mata Dewa 19 A - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  2. Pingback: Bo-Chord Air Mata Dewa 19 F - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  3. Pingback: Bo-Chord Air Mata Dewa 19 D - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  4. Pingback: Bo-Chord Air Mata Dewa 19 C - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  5. Pingback: Bo-Chord Air Mata Dewa 19 B - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  6. Pingback: Bo-Chord Air Mata Dewa 19 G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  7. Pingback: Bo-Chord Aku Cinta Kau dan Dia F - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  8. Pingback: Bo-Chord Aku Cinta Kau dan Dia G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  9. Pingback: Bo-Chord Aku Cinta Kau dan Dia A - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  10. Pingback: Bo-Chord Aku Di Sini Untukmu B - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  11. Pingback: Bo-Chord Aku Di Sini Untukmu C - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  12. Pingback: Bo-Chord Aku Di Sini Untukmu D - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  13. Pingback: Bo-Chord Aku Di Sini Untukmu E - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  14. Pingback: Bo-Chord Aku Di Sini Untukmu F - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  15. Pingback: Bo-Chord Aku Di Sini Untukmu G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  16. Pingback: Me-Lirik Lagu Aku Di Sini Untukmu Dewa 19 - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  17. Pingback: Me-Lirik Lagu Aku Milikmu Dewa 19 - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  18. Pingback: Bo-Chord Aku Milikmu Dewa 19 A - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  19. Pingback: Bo-Chord Aku Milikmu Dewa 19 B - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  20. Pingback: Bo-Chord Aku Milikmu Dewa 19 D - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  21. Pingback: Bo-Chord Aku Milikmu Dewa 19 E - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  22. Pingback: Bo-Chord Aku Milikmu Dewa 19 F - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  23. Pingback: Bo-Chord Aku Milikmu Dewa 19 G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  24. Pingback: Bo-Chord Angin Dewa 19 G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  25. Pingback: Bo-Chord Angin Dewa 19 F - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  26. Pingback: Bo-Chord Angin Dewa 19 A - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  27. Pingback: Bo-Chord Angin Dewa 19 B - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  28. Pingback: Me-Lirik Lagu Aku Bisa Menjadi Kekasih - kekitaan.com

  29. Pingback: Bo-Chord Aku Bisa Menjadi Kekasih Padi E - kekitaan.com

  30. Pingback: Bo-Chord Aku Bisa Menjadi Kekasih Padi C - kekitaan.com

  31. Pingback: Bo-Chord Angkuh Padi D - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  32. Pingback: Bo-Chord Angkuh Padi B - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  33. Pingback: Bo-Chord Bayangkanlah Padi F - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  34. Pingback: Bo-Chord Bayangkanlah Padi G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  35. Pingback: Bo-Chord Bukan Cinta Manusia Biasa Dewa 19 C - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  36. Pingback: Bo-Chord Bukan Cinta Manusia Biasa Dewa 19 F - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  37. Pingback: Bo-Chord Bukan Cinta Manusia Biasa Dewa 19 A - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  38. Pingback: Bo-Chord Bukan Cinta Manusia Biasa Dewa 19 B - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  39. Pingback: Me-Lirik Lagu Bukan Cinta Manusia Biasa Dewa 19 - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  40. Pingback: Bo-Chord Bukan Cinta Manusia Biasa Dewa 19 E - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  41. Pingback: Bo-Chord Bukan Cinta Manusia Biasa Dewa 19 D - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  42. Pingback: Bo-Chord Lagu Belum Terlambat Padi D - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  43. Pingback: Me-Lirik Lagu Bukan Rahasia Dewa 19 - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  44. Pingback: Bo-Chord Bukan Rahasia Dewa 19 A - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  45. Pingback: Bo-Chord Lagu Belum Terlambat Padi E - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  46. Pingback: Bo-Chord Bukan Rahasia Dewa 19 B - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  47. Pingback: Bo-Chord Bukan Rahasia Dewa 19 C - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  48. Pingback: Bo-Chord Bukan Rahasia Dewa 19 D - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  49. Pingback: Bo-Chord Bukan Rahasia Dewa 19 E - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  50. Pingback: Bo-Chord Bukan Rahasia Dewa 19 F - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  51. Pingback: Bo-Chord Bukan Rahasia Dewa 19 G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  52. Pingback: Bo-Chord Bukan Cinta Manusia Biasa Dewa 19 G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  53. Pingback: Bo-Chord Lagu Beri Aku Arti Padi C - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  54. Pingback: Bo-Chord Lagu Beri Aku Arti Padi E - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  55. Pingback: Bo-Chord Lagu Beri Aku Arti Padi F - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  56. Pingback: Bo-Chord Lagu Beri Aku Arti Padi G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  57. Pingback: Bo-Chord Lagu Beri Aku Arti Padi B - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  58. Pingback: Bo-Chord Bunga Dewa 19 E - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  59. Pingback: Bo-Chord Lagu Demi Cinta Padi E - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  60. Pingback: Bo-Chord Lagu Demi Cinta Padi F - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  61. Pingback: Me-Lirik Lagu Bunga Dewa 19 - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  62. Pingback: Bo-Chord Bunga Dewa 19 A - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  63. Pingback: Bo-Chord Bunga Dewa 19 B - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  64. Pingback: Bo-Chord Bunga Dewa 19 C - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  65. Pingback: Bo-Chord Bunga Dewa 19 D - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  66. Pingback: Bo-Chord Bunga Dewa 19 F - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  67. Pingback: Bo-Chord Cinta Gila Dewa 19 G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  68. Pingback: Bo-Chord Bunga Dewa 19 G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  69. Pingback: Bo-Chord Lagu Harmoni Padi C - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  70. Pingback: Bo-Chord Lagu Harmoni Padi D - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  71. Pingback: Bo-Chord Lagu Harmoni Padi G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  72. Pingback: Me-Lirik Lagu Cemburu Dewa 19 - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  73. Pingback: Bo-Chord Cemburu Dewa 19 A - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  74. Pingback: Bo-Chord Cemburu Dewa 19 C - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  75. Pingback: Bo-Chord Cemburu Dewa 19 F - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  76. Pingback: Bo-Chord Cinta Kan Membawamu Kembali Dewa 19 G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  77. Pingback: Bo-Chord Cemburu Dewa 19 G - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  78. Pingback: Bo-Chord Lagu Hitam Padi D - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  79. Pingback: Bo-Chord Lagu Hitam Padi B - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  80. Pingback: Me-Lirik Lagu Cinta Gila Dewa 19 - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  81. Pingback: Bo-Chord Cinta Gila Dewa 19 A - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  82. Pingback: Bo-Chord Cinta Gila Dewa 19 D - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  83. Pingback: Bo-Chord Cinta Gila Dewa 19 E - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  84. Pingback: Bo-Chord Cintaku Tertinggal di Malaysia Dewa 19 A - Jasa SEO Jakarta Indonesia

Tinggalkan Balasan