Berapa Standar Gaji Social Media Specialist - gajiIN - kekitaan - karya selesaiin masalah

Berapa Standar Gaji Social Media Specialist?

Standar Gaji Social Media Specialist adalah UMR. Kalo Jakarta Rp 5.067.381 per bulan untuk tahun 2024. Kenapa harus UMR?

Salam #MasBro #MbakBro

Social Media Specialist sama seperti pekerjaan pada umumnya perlu mendapatkan apresiasi yang sama.

Karna pada prakteknya masih ada mengganggap “hanya admin media sosial”. Sehingga ga dapat minimum upah.

Kalo kau lagi mikir buat jadi Social Media Specialist (atau mungkin kau udah ada di dunia ini), salah satu pertanyaan yang pasti muncul adalah: “Berapa sih gaji standar Social Media Specialist?”

Nah, biar ga penasaran lagi, yuk kita bahas dari berbagai sudut pandang!

Struktur Gaji

Ini gajinya sesuai tahun pengalaman:

  • 1-2 tahun: Rp4.000.000-Rp6.000.000 per bulan.
    Baru mulai, ato switch career.
  • 3-5 tahun: Rp6.000.000-Rp10.000.000 per bulan.
    Mulai pegang tim, bisa handle project sendiri.
  • > 5 tahun: < Rp12.000.000 per bulan.
    Pegang tim/manager.

Dalam beberapa project ada juga bonus tergantung performa akun media sosial yang kau kelola.

Job Desc

Social Media Specialist bertanggung jawab ngatur akun media sosial perusahaan atau brand, mencakup:

  • Buat konten kreatif yang bisa menarik audiens (teks, gambar, video).
  • Riset tren terbaru di media sosial.
  • Menjadwalkan dan ngepos konten sesuai plan
  • Interaksi sama followers dan respon komentar atau DM.
  • Analisis performa konten lewat tools kayak Google Analytics atau Hootsuite.
  • Kolaborasi sama tim lain kayak designers, copywriters, atau tim marketing buat nyiptain kampanye yang selaras.

Skill yang Dibutuhkan

Biar bisa sukses di bidang ini, ada beberapa skill penting yang mesti kau punya:

  • Kreativitas:
    Kau harus bisa mikir out-of-the-box buat bikin konten yang unik dan menarik.
  • Analytical Thinking:
    Harus ngerti gimana cara analisis data biar tahu konten apa yang jalan dan yang ga.
  • Communication:
    Skill komunikasi penting banget, soalnya kau bakal sering berinteraksi sama audiens dan tim.
  • Writing:
    Bikin caption yang relevan dan engaging itu wajib.
  • Tech-Savvy:
    Harus paham sama berbagai platform media sosial dan tools analisis kayak Facebook Insights, Instagram Analytics, dan semacamnya.

Cara Menjadi

Pengen jadi Social Media Specialist? Gampang-gampang susah, tapi ga mustahil kok! Kau bisa mulai dari:

  • Pendidikan:
    Walaupun ga wajib, tapi punya background di komunikasi, marketing, atau public relations bisa bantu banget.
  • Portofolio:
    Bikin portofolio konten yang pernah kau bikin. Bisa mulai dari akun pribadi atau bantuin temen yang punya bisnis kecil.
  • Sertifikasi:
    Banyak kursus online yang kasih sertifikasi buat Social Media Specialist, kayak di LinkedIn Learning, Coursera, atau Google Digital Garage.
  • Pengalaman Magang:
    Ikut magang atau freelance buat dapetin pengalaman real di industri.

#hidupdariKARYA

Tau ga?
Kau bisa menghasilkan dari membaca.
Kau bisa menghasilkan dari share tulisan ini.
Daftar↗️

Gimana?
Udah kebayang kan gimana serunya jadi Social Media Specialist?

Kalau kau penasaran tentang dunia kerja kreatif lainnya, cek artikel-artikel kami yang lain.

Jangan lupa, share artikel ini ke temen-temenmu yang mungkin juga butuh info soal gaji dan karier biar mereka juga ga ketinggalan update!

Dan, siapa tahu? Dari baca dan share artikel ini, bisa jadi langkah awal buat kau ngasilin cuan dari media sosialmu! 😎

FAQ

Apakah social media specialist sama dengan content creator?
Social Media SpecialistContent Creator
Membuat content planning, membuat content, & analisa data.Membuat content
Lebih luasLebih fokus

Ada pertanyaan lain?
Silahkan komen dibawah ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber:

BPS. 2024. Upah Minimum Provinsi DKI Jakarta. jakarta.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTIzNiMy/upah-minimum-provinsi-dki-jakarta.html. kita baca pukul 17:11 WIB hari Senin, 16 September 2024.
HAFIF RAHMAN. 2024. Social Media Specialist: Tugas, Skill, Jenjang Karier, dan Gaji. karier.mu/blog/umum/karier-social-media-specialist/. kita baca pukul 11:11 WIB hari Senin, 16 September 2024.
Syahya Rembulan. 2023. Gaji Social Media Specialist dan Faktor yang Mempengaruhinya. arkademi.com/blog/gaji-social-media-specialist. kita baca pukul 13:27 WIB hari Senin, 16 September 2024.
Yusmaniar R Tanjung. 2024. Daftar Gaji Social Media Specialist berdasarkan Tingkatan Mulai dari Fresh Graduate. nolimit.id/blog/gaji-social-media-specialist-di-era-digital/. kita baca pukul 14:27 WIB hari Senin, 16 September 2024.