Takut Barangkali Anda Juga Penyebabnya

Cari arti kata KBBI?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Takut Barangkali Anda Juga Penyebabnya. Lhoh kok bisa?

Begini sahabat, sebagai ilustrasi saya paparkan sebuah penelitian dengan tikus sebagai objek penelitian.

Dua ekor tikus dimasukkan dalam box yang berbeda. Ada tugas yang harus mereka kerjakan, yaitu mendekati lampu berwarna merah yang ada di box itu. Perbedaan dari keduanya adalah di box satu, setiap kali si tikus berhasil mendekati lampu merah ia selalu diberi reward. Sebaliknya di box yang satunya si tikus selalu disuruh untuk mendekati box merah. Hingga akhirnya kedua tikus itu terbiasa mendekati lampu merah. Setelah itu kedua otak tikus itu dibedah. Aneh, di tikus yang selalu diperintah dan dimarahi ada trauma sedangkan di otak tikus yang satunya tidak ada.

Hasil penelitian tersebut mengindikasikan bahwa meskipun hasil yang didapat dari suatu proses barangkali sama tetapi proses yang berbeda juga akan membawa efek yang berbeda pada diri seseorang, sekalipun hasil akhirnya sama yaitu mereka sama-sama bisa mengerjakan hal yang sama.

Seorang yang dalam kehidupannya selalu diperintah, bahkan diancam untuk melakukan sesuatu, barangkali suatu saat dia akan bisa melakukan sesuatu tersebut. Tetapi dalam diri (otaknya) akan menyisakan trauma yang efeknya justru tidak menguntungkan untuk perkembangan kepribadiaanya.

Baca Juga
Anak, Antara Indent dan Accident
Balaslah Kejahatan dengan Kasih Sayang

Suka menulis?

Masih dijadiin hobi doang?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
Menulis dapat uang✍🏿

Menulis sekarang

Lain halnya jika seseorang bekerja dengan motivasi yang wajar (sesuai dengan perkembangannya) dan ada reward atau penghargaan bagi setiap keberhasilannya maka hal ini memungkinkan dan mendukung perkembangan kepribadiannya.

Karenanya, kalau anak Anda atau murid Anda atau siapapun yang berada di dalam ‘kekuasaan’ Anda takut barangkali Anda juga penyebabnya.

Demikian halnya, jika Anda sebagai orang tua. Tentu menginginkan kepatuhan anak Anda dan sikap baik yang dilakukannya terhadap Anda bukan karena karena selalu Anda perintah tetapi timbul dari satu pemahaman apa yang dilakukannya adalah sesuatu yang menyenangkan dan membahagiakannya.

Lalu, jika Anda sebagai guru, mana yang akan Anda lakukan terhadap murid Anda? Dan hasil mana yang Anda harapkan? Siswa yang dapat mengerjakan atau melakukan sesuatu sesuai dengan perintah Anda tapi dalam pikiran menyisakan trauma yang mengganggu perkembangan kepribadiannya? Atau, siswa yang dapat mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan dan otaknya bisa berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya?

Yups, saya tahu Anda akan memilih opsi yang kedua. Ok, sekarang saatnya Anda mendidik siswa Anda sesuai dengan harapan Anda.

Baca Juga
Inilah Janji Kita kepada Allah Sebelum Lahir di Dunia
Bahaya Frustasi dan Cara Menghindarinya

Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

pasangIN iklan mu disini!

Biaya lebih hemat dan tepat sasaran dengan tampil 24 jam.
Penjualan jadi meningkat.
BONUS review.

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 19.41 WIB pada hari Sabtu tanggal 09 Oktober 2021

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari …
tulisIN, Oktober 2021, Oktober, 2021,
, Takut Barangkali Anda Juga Penyebabnya, Takut, Barangkali, Anda, Penyebab,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *