Tanjidor, alat musik khas Betawi

Salam #MasBro #MbakBro

Apa alat musik khas Betawi kesukaanmu?

Tanjidor, alat musik Khas Betawi, mau tau lebih banyak tentang Tanjidor? Saya akan memberi sedikit penjelasannya…. 

 

Tanjidor merupakan alat musik khas Betawi, alat musik khas Betawi ini dimainkan secara berkelompok, Tanjidor di mainkan dengan cara ditiup. Awal kata Tanjidor ini berasal dari kata Tanji dan dor,Tanji berarti menabuh sedangkan dor merupakan bunyi dor, dor, dor. Dua kata itu digabungkan menjadi tanjidor. Alat musik ini sering digunakan dalam acara khitanan, pernikahan, dan juga pawai

 

Sejarah Tanjidor

Menurut “Ernst Heinz” ahli musik Belanda yang telah mengadakan penelitian musik rakyat di pinggiran Kota Jakarta tahun 1974, alat musik tanjidor berasal dari para budak yang ditugaskan bermain musik untuk para tuannya. 

 

Para budak-budak tersebut memainkan alat musik dan menghibur tuannya saat pesta. Kemudian pada 1860, perbudakan dihapus. Para budak yang merdeka pun berinisiatif untuk membentuk perkumpulan musik dan perkumpulan musik itupun terkenal. Perkumpulan musik tersebut diberi nama Tanjidor.

 

Tanjidor mulai berkembang di daerah pinggiran Jakarta, Cibinong, Citereup, Depok, Cibinong, Cileungsi, Jonggol, Parung, Bogor, Bekasi dan Tangerang. Di daerah tersebut, biasanya orkes Tanjidor membawakan lagu yang berjudul Kramton, Bananas, Delsi, Batalion, Was Tak-tak, Welmes, Cakranegara. Judul-judul lagu itu ‘berbau’ Belanda, meskipun dengan ucapan Betawi.

 

Lagu Tanjidor kemudian berkembang dengan membawakan lagu-lagu khas Betawi seperti Surilang, Sirih Kuning, Jali-Jali, Cente Manis, Kicir-Kicir, Stambul, Persi serta lagu-lagu Sunda. Sejak mulai menggunakan lagu-lagu Betawi, Tanjidor terus berkembang dan terus dimainkan hingga kini.

 

2. Instrumen Musik Tanjidor

Musik Tanjidor ini terdapat beberapa alat musik yang dimainkan. Alat musiknya yakni alat musik tiup dan tabuh. Alat musik tiupnya seperti klarinet, terompet, trombon, dan piston. Sedangkan alat musik yang ditabuh seperti simbal (perkusi), drum (membranofon), dan side drums (tambur).

Suka menulis?

Masih dijadiin hobi doang?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
Menulis dapat uang✍🏿

Menulis sekarang

Apa alat musik khas Betawi yang kau sukai?
Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Wuhuiii.
Akhirnya selesai juga ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber Tulisan

www.detik.com pukul 12.00 WIB pada hari Selasa tanggal 15 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari …  Tanjidor, Betawi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *