UMP Jakarta 2023

Berapa UMP Jakarta 2023?

UMP Jakarta tahun 2023 yaitu Rp. 4.900.798, yang artinya mengalami kenaikan 5,60% sebesar Rp. 326.953 dari UMP tahun 2022 DKI Jakarta yang sebelumnya adalah sebesar Rp. 4.573.845.

Kenaikan ini sebenernya jawaban dari usul berbagai pihak. Buruh pengen UMP Jakarta naik 10,55%, pengusaha cuma pengen naik 2,62%, terus Kadin (Kamar Dagang Indonesia) pengen naik 5,11%. Nah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri nawarin naik 5,6%.

Nah, aturan untuk naikin UMP ini udah ditentuin sama Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, lewat Keputusan Gubernur. Dan ini udah jadi keputusan resmi mulai tahun 2023.

Nah, kenapa naikin UMP? Ini semua berdasarkan aturan yang dikeluarkan sama Kementerian Ketenagakerjaan, tepatnya Peraturan Menteri Nomor 18 Tahun 2022. Aturan ini dikeluarkan tanggal 16 November 2022.

Jadi, aturan yang dulu, yang namanya Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021, udah nggak dipake lagi. Ini karena aturan itu dianggap nggak sesuai lagi sama kondisi ekonomi sekarang. Jadi, dulu cara ngitungnya pakai nilai inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Tapi sekarang, aturan barunya tuh lebih simpel. Nilai UMP naiknya itu tergantung dari UMP tahun sebelumnya dikalikan sama penyesuaian nilai UMP dan nilai UMP tahun sekarang. Nah, penyesuaian nilai UMP ini dihitung dari naiknya inflasi ditambah dikali pertumbuhan ekonomi dikalikan dengan seberapa besar tenaga kerja berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, skala 0,10 sampai 0,30.

Kalo pertumbuhan ekonominya jelek alias negatif, ya yang dihitung cuma naiknya inflasi aja. Jadi, dengan aturan yang baru ini, setiap provinsi bisa naikin UMP tapi nggak bikin repot pengusaha.

Sumber
Kitalulus.com. 2023. Akhirnya UMP DKI Jakarta 2023 Naik 5,6%, Jadi Segini. kita baca pukul 07:50 WIB, Rabu, 30 Agustus 2023. https://www.kitalulus.com/seputar-kerja/ump-jakarta
Elok Nuri. 2023. UMK Jakarta 2023 Naik 5,6 Persen dari Tahun Sebelumnya, Cek Daftarnya di Sini. kita baca pukul 08:10 WIB, Rabu, 30 Agustus 2023. https://narasi.tv/read/narasi-daily/umk-jakarta-2023-naik-56-persen-dari-tahun-sebelumnya-cek-daftarnya-di-sini

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *