UMR Indonesia

Berapa UMR Indonesia?

Halo, Sobat Pekerja! Ada kabar baik nih! UMR Indonesia terbaru untuk tahun 2023 udah berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023. Nah, ini dia daftar perubahan UMR di Indonesia. Ayo kita intip bersama!

Provinsi dengan UMR Tertinggi dan Terendah

  • UMR DKI Jakarta: Rp 4.901.798 (naik 5,6 persen)
  • UMR Jawa Tengah: Rp 1.958.169 (naik 8,01 persen)

Yup, DKI Jakarta tetap menjadi provinsi dengan UMR tertinggi, sementara Jawa Tengah memiliki UMR terendah.

UMR: Apa dan Kenapa? UMR itu adalah gaji minimum yang wajib dibayarkan oleh perusahaan kepada pekerja di setiap provinsi. Ini bukan hanya tentang nominal gaji, tapi juga untuk melindungi hak-hak pekerja dan meningkatkan perekonomian.

Kenaikan UMR : UMR 2023 naik maksimal 10 persen dari UMR tahun sebelumnya. Ada kabar gembira dan kabar kurang gembira, nih. Sumatera Barat mengalami kenaikan tertinggi, yaitu 9,15 persen, sementara Maluku Utara mengalami kenaikan terendah, hanya 4 persen.

Bagi Provinsi Hasil Pemekaran : Bagi provinsi hasil pemekaran, UMR pertama kali akan mengikuti provinsi induk. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 18 Tahun 2022. Artinya, UMR di Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya akan mengikuti provinsi induk sebelum pemekaran.

Rumus Perhitungan UMR

UMR 2023 dihitung berdasarkan rumus yang mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks khusus. Ada rumus ajaibnya, lho! Tapi yang penting, penyesuaian UMR gak boleh melebihi 10 persen. Jadi, jika perhitungannya lebih tinggi, gubernur akan tetapkan maksimal 10 persen.

UMR 2023: Bagaimana Dampaknya? Ini kabar gembira untuk para pekerja! Dengan UMR yang lebih tinggi, harapannya pekerja bisa mendapatkan gaji yang lebih layak. Selain itu, UMR yang naik juga bisa membantu perekonomian pekerja dan meningkatkan kualitas hidup.

Nah, itulah kabar terbaru tentang UMR 2023 di seluruh Indonesia. Semoga UMR yang baru membawa kebahagiaan bagi para pekerja. Tetap semangat dalam bekerja, Sobat Pekerja! 💪💼

Sumber
Kompas.com. 2023. Rincian UMP 2023 yang Mulai Berlaku Hari Ini. kita baca pukul 07:45 WIB, Jumat, 20 Oktober 2023. https://www.kompas.com/tren/read/2023/01/01/083100965/rincian-ump-2023-yang-mulai-berlaku-hari-ini?page=all

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *