Berapa Harga Apartemen di Jakarta

Berapa Harga Apartemen di Jakarta?

Ngomong-ngomong soal apartemen, di Jakarta, hidup tanpa tempat tinggal yang oke rasanya nggak lengkap. Kota ini padat penduduk banget, jadi mencari rumah bisa jadi tugas berat. Oleh karena itu, banyak yang lebih memilih apartemen. Ini nggak cuma buat mahasiswa atau pekerja aja, ekspatriat (orang asing yang tinggal sementara di sini) juga banyak yang suka apartemen sebagai tempat tinggal.

Tapi, tahu nggak, apartemen sekarang nggak cuma alternatif buat tempat tinggal, tapi juga jadi kebutuhan. Ada banyak pilihan apartemen dengan harga beragam, jadi kalangan mana pun bisa kepincut. Harganya tentu dipengaruhi oleh lokasi dan fasilitas yang ditawarin. Kalau di pusat kota atau dekat fasilitas umum, ya harganya pasti lebih mahal daripada di pinggir kota.

So, mau buat tempat tinggal atau investasi, kamu mesti tahu kisaran harganya. Kalau buat tinggal sendiri, ngertiin harga apartemen bisa bantu kamu pilih yang pas dengan budget. Kalau buat investasi, ya pilih yang harganya cukup menjanjikan supaya untungnya lumayan. Biar nggak bingung, yuk simak kisaran harganya!

  1. Kurang dari Rp300 juta:

Buat kamu yang punya budget di bawah Rp300 juta, masih ada kok apartemen yang bisa dijangkau. Biasanya ditargetin buat kaum milenial. Nah, tipe studio yang cocok buat satu orang adalah pilihan umumnya. Kebetulan, studio ini nggak ribet buat dibersihin, soalnya ukurannya nggak terlalu besar. Juga, nggak butuh banyak furnitur, cocok buat kamu yang sering sibuk.

Nah, ini juga bisa jadi peluang buat investasi, terutama buat anak-anak kampus. Di beberapa daerah di Jakarta, ada banyak apartemen yang harganya di bawah Rp300 juta. Biasanya ada di sekitar universitas atau perkantoran. Kamu juga harus bisa pasang harga sewa yang cocok buat mahasiswa.

2. Kisaran Rp500 juta:

Ini nih yang paling umum. Dengan Rp500 juta, bisa dapet apartemen tipe studio, 2 kamar tidur, atau bahkan 3 kamar tidur. Kadang ada apartemen tipe studio yang harganya segitu juga. Fasilitasnya mungkin lebih lengkap dan lokasinya lebih strategis.

Di daerah pusat kota, banyak apartemen di kisaran harga ini. Fasilitasnya keren, akses ke jalan raya, transportasi, pusat perbelanjaan, sekolah, semua deket. Cocok banget buat yang baru berkeluarga karena banyak unit dengan 2-3 kamar tidur.

3. Kisaran Rp800 juta:

Ini udah termasuk mewah dan nyaman. Biasanya di Jakarta Selatan yang propertinya berkembang pesat. Fasilitasnya komplit, termasuk garasi, kolam renang, internet, dan lain-lain. Masalah listrik dan air juga udah nggak perlu khawatir.

Buat kamu yang mau investasi, ini menarik banget. Bisa disewakan per bulan atau tahun. Kalo fasilitasnya top dan aksesnya oke, banyak yang mau sewa. Nggak perlu khawatir rugi.

4. Di atas Rp800 juta:

Kalau harga di atas ini, apartemennya udah kelas premium. Bisa punya 3 kamar tidur atau lebih. Fasilitas dan layanan top banget. Pusat perbelanjaan, restoran, semuanya ada di sekitar. Harganya emang lebih mahal, tapi worth it kalau kamu pengen kenyamanan dan privasi.

Jadi, inget ya, harga yang disebut tadi cuma harga belinya aja. Masih ada biaya lain, misalnya perawatan fasilitas apartemen, iuran pengelolaan, air, listrik, parkir, renovasi, dan dekorasi. Ini wajib bayar, jadi pikirin juga biayanya kalau mau tinggal di apartemen. Jadi, sebelum memutuskan beli, pastikan budget-nya udah dipikirin matang-matang.

Milih Sesuai Kebutuhan

Buat anak muda, apartemen jadi pilihan yang menarik. Tapi, sebelum beli atau sewa, kamu harus ngecek dulu, apa tujuan kamu. Kalo buat tinggal sendiri, sesuaikan dengan budget. Kalo buat investasi, pastikan lokasinya strategis biar gampang cari penyewa.

Nah, buat kamu yang suka pelajar-pelajar, apartemen studio di dekat kampus bisa jadi pilihan. Kebanyakan mahasiswa mencari tipe studio ini, jadi peluang sewanya lumayan. Plus, kamu nggak perlu ribet nyariin perabotan banyak, karena ukurannya yang nggak terlalu besar.

Fasilitas Penting

Jangan lupa, saat pilih apartemen, pastikan fasilitasnya memadai. Nggak cuma di dalam unit aja, tapi juga akses ke jalan raya, transportasi umum, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Misalnya kamu punya budget 500 jutaan, pastiin dapet yang worth it. Jangan sampe harga murah tapi fasilitasnya jauh dari harapan.

Jadi Investasi?

Buat yang mikirin investasi, apartemen bisa jadi opsi menarik. Harganya cenderung naik, jadi kamu bisa dapet untung di masa depan. Tapi tetap perhatiin lokasi dan fasilitas ya. Kalo di sekitar kampus atau tempat keramaian, peluang sewa lebih besar.

Nah, buat kamu yang lagi cari apartemen di Jakarta, sekarang udah gampang banget. Mulai dari harga 300 jutaan sampe yang lebih mewah, semua tersedia. Jadi, tentuin dulu tujuan kamu, baru cari apartemen yang sesuai. Pastikan fasilitasnya lengkap, dan jangan lupa pertimbangkan biaya tambahan. Dan kalo investasi, pilih lokasi yang menjanjikan.

Happy hunting apartemen!

Sumber
Hilda B Alexander (Editor). 2023. Berapa Harga Apartemen di Jakarta Saat Ini?. kita baca pukul 06:27 WIB, minggu, 13 Agustus 2023. https://www.kompas.com/properti/read/2021/12/22/153000721/berapa-harga-apartemen-di-jakarta-saat-ini-berikut-rinciannya?page=all

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *